Sumber: Better Travel Insurance

Tekanan udara saat berada di dalam pesawat terbang akan menjadi lebih tinggi dan mempengaruhi sistem pencernaanmu. Terlebih jika penerbangan kali ini adalah penerbangan pertamamu, kamu belum tahu seperti apa reaksi sistem pencernaanmu.

Saat berada di darat mungkin kamu merasa nyaman, tapi beberapa makanan dan minuman tertentu bisa membuat perutmu kembung dan sakit saat berada di ketinggian ribuan kaki. Agar perjalanan menggunakan pesawat terasa nyaman, kamu harus memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut.

Yuk, hindari mengkonsumsi beberapa daftar makanan dan minuman berikut ini selama berada di dalam pesawat atau sesaat sebelum naik pesawat!

Sayuran

Sumber: Selera Rasa

 

Sayuran pada dasarnya baik untuk tubuh dan pencernaan manusia. Tapi beberapa sayuran seperti brokoli, kubis, kembang kol, dan kacang-kacangan sebaiknya tidak usah dikonsumsi untuk beberapa saat sebelum naik pesawat. Sayuran-sayuran tersebut memiliki tingkat karbohidrat yang tinggi dan tidak dapat dipecah dalam usus kecil. Hal ini akan mengakibatkan perut terasa kembung, kram, dan sakit selama perjalanan menggunakan pesawat.

Camilan asin

Perjalanan panjang menggunakan pesawat akan membuat kamu mudah merasa bosan. Terkadang kamu ingin menyemil camilan yang asin dan gurih. Memang menggiurkan, tapi kamu harus menahan diri untuk memakannya. Camilan asin mengandung garam dalam kadar yang tinggi. Selain dehidrasi, tubuh kamu juga bisa mengalami retensi air. Retensi air adalah kondisi tubuh kelebihan cairan pada sistem peredaran darah. Jika kamu sudah merasa bosan dan ingin menyemil, alihkan perhatian dengan tidur, bermain game favorit, menonton film, membaca buku, atau meminum banyak air putih.

Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi adalah favorit banyak orang. Ketika ditawari kopi oleh awak kabin, sebaiknya minta ganti air putih atau jus buah. Minuman berkafein akan membuat tubuh mudah dehidrasi, membuat jam tidur berantakan, dan memacu ginjal untuk mengeluarkan banyak urin.

Jika kamu terus terjaga selama perjalanan, setelah mendarat kamu justru akan merasa lelah dan mengantuk. Bisa-bisa kamu malah tidak menikmati hari pertama liburan. Kamu juga akan merasa kurang nyaman jika harus bolak-balik ke WC pesawat untuk buang air kecil karena akan mengganggu penumpang lainnya di sepanjang lorong yang sedang beristirahat.

Minuman bersoda

Saat berada di darat, minuman bersoda bisa membuat perut kamu terasa kembung karena penuh dengan gas. Saat berada di ketinggian ribuan kaki, efeknya bisa berkali-kali lipat. Selain itu, minuman bersoda biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi. Mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat membuat kamu merasa bersemangat dan sulit tidur, padahal waktu penerbangan bisa dimanfaatkan untuk istirahat agar setelah mendarat bisa menikmati aktivitas berikutnya.

Minuman beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol selama penerbangan tidak dilarang. Bahkan awak kabin pun menyediakan minuman beralkohol seperti anggur atau bir untuk para penumpang. Jika ingin meminumnya, pastikan tidak minum lebih dari segelas. Minum alkohol berlebihan selama penerbangan bisa membuat kamu mudah mengalami dehidrasi 2 kali lipat lebih parah daripada saat kamu meminumnya di darat. Pencernaanmu pun jadi terganggu.

Makanan cepat saji

Sumber: Eat This, Not That!

Kamu dapat menemukan gerai makanan cepat saji saat di bandara. Makanan cepat saji ini tentu cocok untuk kamu yang kelaparan tapi diburu oleh waktu keberangkatan. Memang makanan cepat saji ini mengenyangkan, tapi tahukah kamu kalau makanan ini mengandung karbohidrat tinggi, gula, garam, dan lemak dalam kadar tinggi namun rendah serat, gizi, dan kadar air? Hal ini bisa membuat perut terasa kembung dan sistem pencernaan jadi terhambat. Masalah ini akan menjadi bertambah saat kamu harus duduk di kelas ekonomi dalam waktu lama dan tidak bisa bergerak banyak.

Beberapa makanan yang aman dikonsumsi sebelum terbang dan selama berada di pesawat adalah buah-buahan seperti semangka atau buah kering seperti kismis. Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur rebus, kacang almond, daging ayam, daging sapi, susu, dan gandum. Untuk minuman, sebaiknya bermain aman dengan air putih saja. Dijamin kamu akan terhindar dari dehidrasi selama penerbangan. Lagipula, air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuhmu.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari sesaat dan selama pergi menggunakan pesawat. Pastikan kamu hanya memakan santapan yang sehat agar tubuh terasa fit. Jika tubuh fit selama perjalanan, kamu akan lebih bersemangat saat melakukan aktivitas di kota tujuan. Perjalanan kali ini pun akan terasa nyaman. Yuk, catat daftar makanan dan minuman tadi, jangan lupa berbagi info ini dengan anggota keluarga yang lain ya! Jangan sampai perjalanan jadi menyebalkan karena mengalami sakit perut.

280

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here