Sumber: abilogic.com

Selain praktis dan cepat, traveling dengan menggunakan pesawat terbang memang lebih menyenangkan. Apalagi bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan yang sangat jauh baik domestik mau pun mancanegara, pesawat menjadi sarana transportasi publik yang sangat diandalkan. Dengan mengendarai pesawat, jarak yang harusnya ditempuh selama beberapa hari saja bisa dilampau hanya dengan beberapa jam saja perjalanan. Ya, pesawat memang moda transportasi terbaik jika Anda ingin traveling cepat, efektif dan tak membuang waktu yang banyak ke tempat yang jauh untuk dituju.

Tapi hanya jika perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang ini lancar dan juga tidak delay. Ya delay pesawat terbang adalah momok menakutkan yang sangat mungkin dihadapi traveler kemanapun mereka bepergian. Bayangkan saja rencana perjalanan yang telah diatur dengan sangat rinci dan juga terstruktur, bisa berantakan hanya gara-gara delay pesawat yang sangat lama ini. Selain itu Anda pun harus menunggu sangat lama hingga berjam-jam hanya karena pesawat delay dengan berbagai alasan yang disampaikan pihak maskapai pada calon penumpang mereka.

Tak hanya di Indonesia, kemungkinan traveler menghadapi delay pesawat terbang ini juga mungkin Anda alami ketika sedang di luar negeri. Karena itulah jika Anda traveling menggunakan pesawat terbang, maka bersiaplah untuk menghadapi delay yang mungkin terjadi. Selain delay, yang mungkin juga bisa Anda hadapi saat traveling dengan pesawat terbang adalah penundaan penerbangan.

Penyebabnya pun bermacam-macam, namun seringnya delay pesawat terbang terjadi karena faktor cuaca yang tidak bersahabat meski bukan tak mungkin kendala mesin juga menyebabkan penerbangan menjadi tertunda. Jika masalah mesin pesawat atau cuaca ini tak kunjung membaik, maka bukan tak mungkin penerbangan Anda akan ditunda atau bahkan yang terburuk jadi dibatalkan. Jadi mau tak mau Anda musti menunggu berjam-jam lamanya di airpot, atau menuju hotel yang diberikan oleh maskapai penerbangan sebagai kompensasi untuk penumpang. Tak heran masalah delay ini benar-benar menguji kesabaran traveler, apalagi jika mereka sedang terburu-buru untuk menuju suatu tempat tertentu.

Stress dan mungkin emosi bisa dialami traveler akibat delay pesawat yang berlangsung lama ini. Namun bukan berarti Anda tak bisa menghadapi delay pesawat ini. Ada berbagai tips dan cara yang mungkin bisa dicoba untuk menghadapi delay pesawat yang sangat menyebalkan ini, apa sajakah itu?

Pilihlah penerbangan paling awal atau pagi

Sumber: pinterest.com

Dibandingkan penerbangan di siang, sore atau malam hari; penerbangan di pagi hari lebih jarang mengalami delay dan juga lebih tepat waktu. Karena itu jika Anda tak ingin terjebak delay yang bisa membuat stress ini, ada baiknya memilih untuk melakukan penerbangan di pagi hari saja. Meskipun begitu, tak jarang juga pesawat yang harusnya terbang di pagi hari jadi tertunda karena beberapa hal. Namun Anda tetap mendapat keuntungan jika lebih awal datang ke bandara atau menjadwalkan untuk terbang pada pagi hari.

Yang pertama Anda masih punya banyak waktu untuk memikirkan menggunakan transportasi perjalanan jenis lain atau beralih menggunakan maskapai penerbangan lain yang mungkin tidak mengalami delay ini. Kedua jika pihak maskapai memberikan kompensasi delay atau pembatalan penerbangan, Anda masih bisa mengantri di barisan paling depan dan tak harus memnunggu terlalu lama bersama penumpang lain yang mungkin sudah tersulut emosinya.

Ketahui hak Anda sebagai penumpang

Dikarenakan badai atau cuaca buruk, pesawat Anda harus mengalami delay selama waktu yang tidak bisa ditentukan atau bahkan penerbangan akan dibatalkan dan dialihkan keesokan harinya. Setiap maskapai tentu punya kebijakan sendiri-sendiri tentang delay atau pembatalan penerbangan ini. Sebagai calon penumpang dan konsumen, Anda tentu berhak untuk mendapatkan beberapa hal yang memang menjadi hak Anda dari maskapai tersebut. Anda bisa mendapat kompensasi sejumlah penuh atau separuh harga tiket yang dibeli.

Atau mungkin ada maskapai yang melakukan transfer penumpang mereka pada maskapai lain, jika delay dan pembatalan ini diakibatkan kesalahan dari internal mereka. Atau Anda juga berhak mendapatkan akses penginapan serta makan minum akibat penundaan yang terjadi ini. Karena itulah sebagai calon penumpang, ketahuilah hak-hak apa yang akan Anda dapat saat pesawat mengalami delay ini. Biasanya hak penumpang bisa dilihat di bagian belakang tiket pesawat yang telah Anda beli itu.

Handphone harus selalu siap siaga

Ketika pesawat mengalami delay, segera gunakan smartphone Anda untuk mengetahui maskapai lain yang mungkin bisa memberangkatkan Anda hari itu. Atau jika memang seluruh pesawat tidak bisa terbang karena cuaca buruk, gunakan smartphone Anda untuk mencari alternatif angkutan lain seperti kereta atau bus misalnya. Anda bisa segera booking tiket dengan aplikasi yang terdapat dalam smartphone Anda itu.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan smartphone ini untuk menghubungi pihak hotel di destinasi tujuan Anda, untuk menyampaikan bahwa penerbangan Anda ditunda jadi Anda akan datang telat untuk check in. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan smartphone untuk menghubungi keluarga, kolega atau teman untuk mengabarkan keterlambatan Anda sehingga mereka tak harus menunggu lama dan khawatir. Tak hanya itu, dengan smartphone Anda juga bisa menghubungi orang terdekat jika sewaktu-waktu Anda tiba di tujuan larut malam lantaran pesawat yang delay sebelumnya.

Manfaatkan asuransi

Yang namanya delay atau pembatalan pemberangkatan memang samngat merugikan. Tak hanya rugi waktu, Anda juga bisa merugi uang lantaran mengalami delay atau pembatalan keberangkatan dengan pesawat terbang ini. Karena itulah pentingnya suransi perjalanan baru Anda rasakan ketika mengalami delay ini. Mungkin Anda hanya berpikir asuransi perjalanan itu meng-cover biaya pengobatan, atau ketika Anda mengalami kecelakaan saja ketika sedang traveling. Padahal asuransi juga punya keuntungan bagi Anda, yang mengalami delay atau pembatalan penerbangan dengan menggunakan pesawat terbang ini.

Karena itu sebelum traveling apalagi jika menggunakan pesawat terbang hingga keluar negeri, sebaiknya belilah travel insurance atau asuransi perjalanan terlebih dahulu. Pastikan asuransi mencantumkan ganti rugi atau kompensasi yang akan Anda terima, jika pesawat mengalami delay atau pembatalan ini dalam polisnya. Meskipun Anda akan mengeluarkan sejumlah uang dengan nominal yang tak sedikit untuk asuransi perjalanan ini, namun manfaatnya sebanding untuk melindungi hak-hak Anda sebagai traveler selama traveling ini.

Keliling airport

Ketika pihak maskapai mengumumkan pesawat Anda akan delay selama beberapa jam, tak ada hal lain yang bisa untuk dilakukan kecuali menunggu. Bosan tentu saja hal tersebut akan Anda rasakan. Namun mengapa tak memanfaatkan waktu menunggu pesawat delay tersebut untuk mengeksplor dan mengelilingi bandara atau airport? Apalagi jika Anda sednag traveling ke luar negeri, ada banyak bandara dengan desain mewah, cantik dan bahkan mirip dengan pusat perbelanjaan dengan fasilitas lengkap yang mungkin bisa menghilangkan rasa jenuh Anda untuk sementara waktu.

Berkelilinglah di sekitar bandara, nikmati pelayanan dan fasilitas yang mungkin bisa Anda nikmati secara gratis sebagai calon penumpang. Daripada bengong menunggu lama-lama, lebih baik luangkan waktu Anda untuk mengeksplorasi airport sebalum pesawat Anda siap diberangkatkan.

Cari teman baru

Anda bukan satu-satunya orang yang menderita lantaran pesawat delay ini. Ada ratusan atau bahkan mungkin ribuan penumpang lain yang mengalami nasib sama seperti Anda. Karena itulah mengapa tak memanfaatkan moment saat pesawat delay ini untuk mencari teman baru senasib sepenanggungan dengan Anda ini. Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk memperluas pergaulan, dengan mengobrol bersama penumpang lain yang pesawatnya juga mengalami delay ini. Banyak keuntungan yang akan Anda dapat seperti menemukan teman ngobrol, kenalan baru bahkan juga relasi bisnis atau mungkin saja seorang spesial diantara para penumpang yang mengalami delay ini.

Selain dengan calon penumpang, mungkin Anda juga bisa memulai obrolan dengan para staff di bandara. Orang-orang inilah yang selalu jadi pelampiasan kemarahan calon penumpang ketika pesawat mengalami delay. Namun mereka tetaplah hanya staff yang melakukan pekerjaan sesuai perintah dari perusahaan. Mengobrol bersama para staff dan bersikap ramah dengan mereka juga punya keuntungan, di mana mereka tak segan untuk menolong jika Anda membutuhkan bantuan.

Tidur

Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang, maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan waktu delay ini untuk tidur. Ya, tidur jadi cara yang sangat efektif untuk membunuh waktu ketika pesawat mengalami delay. Selain Anda terhindar dari rasa bosan, dengan tidur energi Anda akan terisi kembali dan lebih fit atau prima ketika melakukan traveling. Ruang tunggu bandara bisa jadi tempat yang nyaman untuk tidur, sembari menunggu pesawat delay ini.

Namun pastikan semua barang berharga Anda aman dan tak mengganggu penumpang lain yang sedang menunggu. Alternatif lain Anda bisa memasuki lounge khusus yang ada di bandara-bandara internasional dan menikmati kenyamanan untuk sesaat melepas lelah tanpa harus terganggu oleh berisiknya bandara. Saat bangun nanti pesawat sudah siap terbang dan tubuh Anda sudah segar dan siap melanjutkan perjalanan kembali.

Makan dan minum

Sumber: bonvoyagevegan.wordpress.com

Ingat tak semua maskapai mengizinkan Anda untuk membawa snack atau makanan. Mungkin Anda akan mendapat jatah nakan selama penerbangan, namun yakinlah rasanya tak akan selezat ketika Anda menikmati makanan dan minuman saat sedang berada di darat. Karena itu, mengapa tak memanfaatkan waktu delay pesawat ini untuk mengisi perut dengan makan dan minum?

Di sekitar bandara tentu banyak resto dan kafe yang bisa dituju untuk bersantap. Jika Anda tak ingin makan dan minum disekitar bandara yang harganya memang relatif mahal, Anda juga bisa menyantap bekal yang telah dipersiapkan sebelumnya. Makan sebelum terbang dengan pesawat memiliki banyak manfaat selain mencegah mabuk perjalanan, juga akan membuat Anda nyaman dan siap melakukan traveling dengan pesawat ini.

Jangan lupakan hiburan

Tak ada salahnya kok untuk menghibur diri selama pesawat delay ini. Apalagi jika Anda membawa gadget selama dalam perjalanan. Karena itulah pastikan smartphone atau ponsel Anda berisi cukup baterai yang kuat digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton video selama pesawat delay ini. Andapun bisa memanfaatkan momen delay ini untuk berinternet ria dengan menggunakan WiFi yang ada di bandara sepuasnya sebelum pesawat Anda siap terbang nantinya. Anda bisa menonton video sepuasnya, download lagu atau membaca artikel-artikel seru tanpa harus mengorbankan paket data yang mungkin telah Anda persiapkan untuk traveling ini.

256

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here