Sumber: cnn.com

Dikenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah serta ragam budaya yang unik, Bali selalu jadi destinasi favorit untuk liburan. Tak hanya wisatawan dari Indonesia yang hobi traveling ke Bali, bahkan wisatawan mancanegara juga memasukkan Bali sebagai destinasi favorit dari traveling mereka. Karena itu tak heran jika wisatawan mancanegara mungkin lebih kenal Bali dibandingkan dengan Indonesia itu sendiri.

Bali memang dianugerahi banyak hal menarik yang membuatnya layak mendapat julukan Pulau Dewata. Tak hanya karena masyarakatnya yang sangat ramah, keragaman budaya yang khas dan juga unik, kuliner-kuliner lezatnya atau atraksi wisatanya, Bali juga paling dikenal dengan keindahan alamnya yang sangat memukau. Pantai menjadi salah satu atraksi wisata alam utama di Bali, yang membuat pulau ini tak pernah gagal dalam menarik wisatawan untuk datang dan berkunjung.

Bali memang merupakan bagian dari area Coral Triangle, di mana sekitar 500 jenis batu karang dan koral mewarnai laut-laut di sekitar pulau nan cantik ini. Bahkan ragam batu karang dan koral di pulau Bali itu, 7 kali lebih banyak dibandingkan yang ada di kepulauan Karibia. Tak hanya itu, Bali juga dianugerahi banyak sekali pantai-pantai cantik yang jadi destinasi wajib traveler atau wisatawan yang datang ke pulau ini. Pantai-pantai di Bali juga memiliki karakteristik yang unik seperti pantai di sebelah selatan didominasi oleh pasir putih, sedangkan pantai-pantai di kawasan utara dan barat memiliki pasir yang berwarna hitam.

Bali sendiri memiliki sejumlah pantai yang sangat indah dan pesonanya sudah terdengar hingga ke luar negeri. Sebutlah pantai Kuta dan Sanur, yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Namun selain dua pantai yang sangat terkenal itu, Bali masih punya banyak pantai lain yang masih tersembunyi dan mungkin belum diketahui olah banyak orang.

Pulau Bali memang punya banyak potensi pantai yang sangat indah, masih tersembunyi dan mungkin belum banyak dikenal oleh orang. Pantai-pantai yang tersembunyi ini sangat disarankan untuk dikunjungi, jika Anda mencari tempat yang tak terlalu dipadati oleh wisatawan yang datang berkunjung dan ingin mendapat privasi lebih dalam menikmati keindahan pantai-pantai yang kerap disebut sebagai hidden beaches tersebut. Ada beberapa pantai cantik dan masih tersembunyi di Bali yang layak untuk dikunjungi, seperti:

Pantai Nyang-Nyang

Sumber: lolapantravels.com

Lokasi: Jalan Raya Uluwatu, Bali

Siapa sangka di sekitar jalan raya Uluwatu, Bali; ada sebuah pantai cantik yang belum begitu banyak diketahui wisatawan yang datang berkunjung. Nyang-Nyang adalah nama pantai cantik yang masih berada di kawasan Pecatu ini. Pantai Nyang-Nyang memang sangat indah dengan perpaduan laut yang biru, dengan dikelilingi bukit yang hijau dan asri, pasir pantai lembut berwarna putih kecoklatan dan juga ombak yang sangat cocok untuk surfing.

Ya, meskipun mungkin kurang tenar diantara wisatawan yang berkunjung, Nyang –Nyang ternyata cukup populer diantara para surfer yang telah mengunjungi Bali. Bahkan ada spot khusus untuk surfing sendiri di pantai ini. Bagi Anda yang tak mengemari surfing, bisa bertualang menjelajah garis pantai sepanjang 1,5 km. Jangan pula lewatkan kesempatan untuk berfoto di bangkai kapal pantai Nyang-Nyang, yang sangat terkenal di antara para wisatawan itu.

Pantai Balangan

Lokasi: Jalan Pantai Balangan, Pecatu, Jimbaran

Bagi Anda yang datang ke pulau Bali, sangat disarankan untuk mengunjungi Pantai Balangan. Disebut sebagai salah satu hidden beach terbaik di Bali, Balangan memang memiliki pemandangan cantik yang sayang untuk Anda lewatkan. Pasir pantai yang berwarna putih keemasan, disapu dengan ombak laut yang tenang dan lembut sehingga cocok untuk Anda yang hobi bermain di sekitar pantai.

Sama seperti pantai Nyang-Nyang, Pantai Balangan juga cocok untuk surfing karena memiliki ombak yang panjang dan juga stabil. Dibingkai oleh bukit karang dengan jajaran pohon kelapa dan pepohonan lainnya, Pantai Balangan masih terlihat sangat asri dan juga sejuk. Fasilitas di Pantai Balangan juga lumayan lengkap, bahkan ada kursi-kursi untuk berjemur yang tersedia di pingir Pantai bagi Anda untuk bersantai.

Pantai Padang Padang

Lokasi: Jalan Labuan Sait, Pecatu

Meskipun namanya pantai Padang Padang, namun pantai ini terletak di pulau Bali dan jadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan dan juga traveler. Meskipun sempat disebut sebagai hidden beach di Bali, namun kini pantai Padang Padang sudah populer dan banyak orang yang telah berkunjung ke sana.

Pantai Padang Padang memang memiliki pemandangan alam yang sangat cantik dengan ombak yang tenang tapi juga cocok untuk surfing, pasir pantai yang lembut dan bersih, serta bukit karang yang menambah indahnya pesona pantai ini. Bahkan film Holywood Eat, Pray, Love yang dibintangi aktris Julia Roberts juga mengambil lokasi syuting di Pantai Padang Padang ini. Sama seperti pantai Balangan, pantai Padang Padang juga memiliki fasilitas yang terbilang lengkap dan juga bisa dimanfaatkan wisatawan yang datang berkunjung.

Pantai Bingin

Lokasi: Jl. Pantai Bingin, Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

Bagi Anda yang ingin menikmati pantai yang relatif tenang, namun dengan fasilitas yang sangat memadai, maka Pantai Bingin ini adalah lokasi yang wajib untuk Anda datangi. Berada di kawasan pecatu, Bali; pantai Bingin ini memang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan pantai cantik yang layak untuk dijelajahi.

Air laut yang biru sebening kristal dengan lembut menyapa pasir pantai yang berwarna putih, serta bertemu dengan batu karang yang tampak alami membuat pantai Bingin ini sangat layak untuk dijelajahi. Pantai Bingin juga memiliki fasilitas yang cukup memadai, meskipun lokasinya belum seramai pantai Padang Padang. Karena itulah Anda bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi utama untuk dituju, jika traveling ke pulau Bali ini.

Pantai Tegal Wangi

Lokasi: Jalan Pura Tegal Wangi, Jimbaran

Nama Tegal Wangi diberikan pada pantai ini, lantaran ada pura kecil nan cantik dengan nama sama yang ada di bukit sekitar pantai ini. Pantai Tegal Wangi memang dikelilingi oleh bukit karang dengan semak dan juga tumbuhan hijau, yang membuatnya tanpak cantik dan eksotik. Selain menikmati pemadangan yang indah dari puncak bukit, Anda bisa turun ke sekitar bawah bukit di mana ada pasir pantai yang tidak begitu luas tempat Anda bisa menikmati indahnya pemandangan di pantai Tegal Wangi ini.

Meskipun pantainya tidak begitu luas, namun Tegal Wangi sangat layak untuk didatangi. Namun Anda tidak disarankan bagi Anda untuk berenang di pantai Tegal Wangi ini. Pasalnya ombak yang kencang dan arus yang kuat sangat berbahaya bagi mereka yang memaksakan diri untuk berenang. Meskipun begitu, Anda masih bisa menikmati suasana dengan bermain di pantai Tegal Wangi ini. Selain itu bukit karang yang seolah membinkai pantai Tegal Wangi, membuat tempat ini kerap jadi objek foto prewedding yang sangat indah dan juga tak biasa.

Pantai Gunung Payung

lokasi: Jalan Gunung Payung 1, Nusa Dua, Kuta Selatan, Kutuh, Kabupaten Badung, Bali

Tempatnya yang masih snagat asri, tenang dan juga memiliki pemandangan alam yang spektakuler, pantai Gunung Payung memang wajib untuk didatangi jika Anda raveling ke pulau Dewata ini. Sama seperti Tegal Wangi, nama Gunung Payung juga juga berasal dari sebuah pura yang berdiri di bukit sekitar pantai ini. Pantai Gunung Payung memang letaknya terbilang terpencil, namun sebanding dengan ketenangan dan keindahan yang ada di sekitar tempat ini.

Pantai dengan ombak yang tenang dengan pasir pantai yang lembut, sangat cocok untuk dijelajahi. Pantai Gunung Payung dikelilingi oleh bukit karang yang cantik dengan dihiasai rumput-rumput hijau yang membuatnya semakin eksotis dan juga memanjakan mata Anda.

Green Bowl Beach

lokasi: Jalan Pura Batu Pageh, Ungasan

Di bagian selatan Pulau Bali terdapat sebuah pantai cantik, yang sayang untuk tidak dijelajahi traveler yang datang ke tempat ini. Green Bowl Beach adalah nama yang diberikan oleh pengunjung untuk pantai cantik di kawasan Ungasan ini. Nama Green Bowl diambil dari bukit hijau yang berbentuk seperti bukit terbalik di dekat pantai ini. Pantai Green Bowl terbilang terpencil dan juga masih sepi, sehingga ketenangan di tempat ini sangat terjaga sekali. Untuk menuju pantai Green Bowl ini, Anda bisa menuruni ratusan anak tangga yang terukir di bukit pantai cantik ini.

Anda bisa menjelajah pantai sepanjang 60 meter. Green Bowl Beach juga disebut sebagai tempat yang cocok bagi Anda untuk melakukan snorkeling karena air lautnya yang masih sangat jernih sekali. Meski kurang populer seperti pantai lain, Green Bowl Beach juga tempat yang cocok untuk melakukan surfing.

Pantai Suluban

Sumber: bali-indonesia.com

Lokasi: Jalan Mamo, Labuan Sait, Uluwatu

Jika Anda traveling ke Bali dan mencari hidden beach yang masih asri, sepi, memiliki pemandangan alam yang sangat indah, namun tidak begitu terasing dari dunia luar, pantai Suluban ini adalah tempat yang wajib untuk dituju. Masih berada di sekitar kawasan Uluwatu, pantai Suluban memang memiliki pesona menakjubkan yang tak boleh untuk Anda lewatkan.

Pantai Suluban ini tidak cocok untuk wisatawan yang ingin berjemur di tepi pantai, karena ada batu karang cukup besar yang menaungi pantai ini dan membuat tempat ini sangat teduh sehingga cocok untuk bermain di bawahnya. Air laut yang berwarna hijau kebiruan dan tenang, sangat disukai wisatawan untuk mandi dan juga berenang. Di bagian atas batu karang pantai ini ada villa yang bisa disewa untuk bermalam, dengan pemandangan laut luas yang membuat tempat ini selalu difavoritkan untuk dikunjungi.

Pantai Pandawa

lokasi: Jalan Pantai Pandawa, Kutuh

Inilah pantai yang belakangan ini sangat terkenal diantara traveler atau wisatawan yang datang ke pulau Bali. Pantai Pandawa memang memberikan Anda tak hanya pesona pemandangan alam yang indah, namun keunikan lain berupa patung-patung yang terdapat di ceruk sekitar dinding bukit di pantai ini. Memiliki akses dekat jalan raya yang mulus, Pantai Pandawa kini memang jadi destinasi baru yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Pantai Pandawa sendiri memiliki ombak tenang dan pantai berpasir lembut, yang sangat cocok bagi Anda yang ingin berenang atau sekedar bersantai menikmati pemandangan.

287

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here