Sumber: Simply Recipes

Apalah artinya liburan tanpa mencicipi kuliner khas setempat? Negara-negara di Asia terkenal dengan kulinernya yang lezat dan menyehatkan, termasuk Vietnam. Kuliner Vietnam memang belum begitu populer di kalangan wisatwan asal Indonesia, oleh karena itu kali ini kami akan membahas mengenai sejumlah kuliner khas yang perlu kamu cicip selagi berkunjung ke Vietnam. Simak ya!

Pho

Meski belum pernah mencicipinya, kami yakin setidaknya kamu sudah pernah mendengar nama Pho. Kuliner khas utama milik Vietnam ini merupakan hidangan mie kuah bening. Kamu bisa menemukan Pho di seluruh sudut Vietnam.

Mienya terbuat dari beras, kemudian supnya berisi toge dan daun jeruk. Sebagai lauknya, ada pilihan daging ayam, daging sapi, dan daging babi. Rasanya gurih dan agak sedikit pedas. Cocok disantap selagi hangat untuk sarapan atau di saat hujan turun.

Banh Cuon

Sumber: Hanoi Transfer

Kuliner khas Vietnam berikutnya adalah Banh Cuon yang berupa makanan ringan. Banh Cuon ini adalah kue beras yang dimasak dengan cara dikukus. Adonan kue beras ini tipis dan lembut. Bagian dalamnya ada isian yang terdiri dari bawang goreng, timun, daun selada, dan irisan daging.

Biasanya sepiring Banh Cuon ini disajikan dengan menu pelengkap seperti tempura udang atau kacang hijau goreng. Jangan lupa dicocol ke dalam saus ikan agar terasa semakin nikmat!

Goi Cuon

Pernah menikmati lumpia goreng di Indonesia? Nah, Goi Cuon ini adalah lumpia khas milik Vietnam. Jika pada umumnya lumpia disajikan dengan digoreng, Goi Cuon justru dikukus. Kulit lumpianya pun berbeda dengan kulit lumpia biasa, namanya adalah rice paper.

Bagian dalam Goi Cuon ini diisi dengan aneka sayur, bihun, dan potongan udang. Rice paper ini sifatnya bening sehingga kamu bisa melihat warna-warna isiannya. Sangat cantik. Goi Cuon ini juga dihidangkan bersama saus kacang spesial yang gurih. Hmm, sangat cocok untuk kamu yang menghindari makanan berminyak atau sedang diet.

Banh Xeo

Jika Korea Selatan memiliki Pajeon, maka Vietnam memiliki Banh Xeo untuk hidangan pancake lokal. Pancake lokal ini memiliki rasa gurih dan teksturnya cukup renyah hasil proses penggorengan. Adonan pancakenya sendiri dibuat dari olahan tepung beras, santan, kunyit, daging, udang, dan toge.

Com Tam

Untuk orang Indonesia, rasanya belum kenyang jika belum menyantap hidangan nasi. Oleh karena itu, kamu wajib mencicipi Com Tam. Menu yang sering disebut sebagai The Broken Rice ini terdiri dari nasi yang berasal dari beras patah, daging, sayur, dan kerupuk. Sangat nikmat dan mengenyangkan.

Banh Mi

Sumber: Serious Eats

Beralih ke Banh Mi, salah satu kuliner khas Vietnam peranakan. Jika sandwich pada umumnya menggunakan roti tawar, sandwich khas Vietnam ini justru menggunakan roti baguette asal Perancis. Hal ini dikarenakan pengaruh dari penjajaan bangsa Perancis di jaman dulu. Isian sandwich ini pun cukup unik. Jika sandwich lain memiliki isian ham, selada, tomat, telur rebus, dan mayonnaise, maka sandwich Vietnam atau Banh Mi ini memiliki isian bakso, acar wortel, irisan daging, lobak, dan potongan cabai pedas.

Ca Kho To

Ca Kho To adalah sebuah kuliner khas Vietnam yang disajikan di dalam clay pot. Bahan utama untuk Ca Kho To ini adalah ikan. Ikan ini kemudian direbus bersama campuran bumbu khusus hingga kuahnya mengental. Rasanya manis sekaligus gurih. Perlu kamu ketahui, kuliner yang satu ini sudah ada sejak jaman dulu dan dilestarikan hingga lintas generasi.

Baca Juga: 7 Taman Terindah di Dunia: Kamu Suka yang Mana?

Chao

Menu bubur bisa kamu temui dengan mudah di Indonesia, apalagi untuk sarapan. Vietnam pun memiliki menu bubur yang disebut sebagai Chao. Yang membedakan bubur Indonesia dengan bubur Vietnam adalah isinya. Bubur Vietnam ini disajikan bersama dengan irisan daging ayam, daging ikan, jeroan, toge, irisan daun jeruk, dan remahan roti yang digoreng. Agar lebih nikmat, bubur Vietnam ini harus dinikmati bersama dengan jahe dan saus ikan.

Banh Cam

Sekilas, Banh Cam ini terlihat seperti onde-onde. Bagian luarnya renyah dan dilumuri biji wijen. Bagian dalamnya diisi dengan olahan kacang hijau yang manis. Rasa gurih dan manis bercampur jadi satu, nikmat! Cocok untuk teman minum kopi atau teh di sore hari.

Ca Phe

Kelezatan kopi Vietnam tidak bisa diabaikan begitu saja. Bukan sekedar kopi hitam biasa, kopi Vietnam atau Ca Phe ini merupakan campuran dari kopi berbusa, susu kental manis, dan telur mentah. Terdengar unik bukan? Bagi para penikmati kopi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Ca Phe langsung di tempat asalnya ya.

Demikian 10 daftar kuliner khas Vietnam yang perlu kamu cicipi selagi liburan nanti. Terdengar nikmat dan sehat ya kuliner-kuliner tersebut? Selamat berpesta kuliner!

708

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here