Sumber: Reuters

Masing-masing negara memiliki mata uang yang berlaku resmi untuk perdagangan. Kursnya pun berbeda-beda antar negara. Pada saat berlibur ke luar negeri, mata uang ini juga harus kamu perhatikan. Tukarlah sejumlah nominal uang rupiah ke dalam mata uang yang berlaku di negara tujuan, misalnya saja untuk ke Vietnam kamu membutuhkan mata uang dong (VND). Perhatikan nilai tukarnya agar cukup untuk digunakan selama liburan nanti.

Bicara tentang mata uang dong, ada beberapa fakta yang cukup menarik. Untuk menambah sedikit pengetahuan tentang mata uang milik Vietnam ini, yuk simak poin-poin singkat berikut ini!

Sejarah mata uang Vietnam dimulai dari ribuan tahun lalu

Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini sudah memiliki mata uang sendiri pada abad ke 8 di mana negara lain masih menggunakan emas dan perak untuk pembayaran. Uang yang digunakan ini berbentuk koin dengan lubang di bagian tengahnya, persis seperti uang koin China dan Jepang.

Bentuk koin ini dipengaruhi oleh lokasi geografis Vietnam dengan China. Interaksi sosial, ekonomi, dan budaya membuat Vietnam mengadaptasi bentuk koin tersebut.

Vietnam pernah menggunakan mata uang Perancis

Sumber: Scott Semans

Sama dengan kondisi Indonesia di jaman dulu, Vietnam sempat dijajah oleh bangsa Eropa, tepatnya bangsa Perancis. Seluruh negara bagian Vietnam ini dikuasai Perancis dan diberi nama French Indocine. Akibat penjajahan ini, seluruh uang koin kuno tersingkirkan dan diganti oleh mata uang milik Perancis pada tahun 1885. Bentuknya adalah uang kertas dan koin. Uang ini berlaku di seluruh bagian negara Vietnam.

Awal munculnya mata uang dong

Usaha masyarakat Vietnam untuk memerdekakan diri dari bangsa Perancis akhirnya bisa diwujudkan. Pada saat itu bangsa Perancis kehilangan kekuasaan di Vietnam. Tepat pada tanggal 3 November 1946, Vietnam mengeluarkan mata uang resminya yaitu dong. Mata uang resmi nasional ini dicetak oleh Bank Nasional Vietnam untuk menggantikan seluruh mata uang milik Perancis yang digunakan sebelumnya.

Perpecahan politik membuat mata uang dong terbagi atas 2 jenis

Setelah merdeka dari penjajah, ternyata bangsa Vietnam masih harus melewati perang saudara yaitu antar Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Perang ini terjadi karena adanya perbedaan ideologi. Akibat perang ini Vietnam terbagi menjadi 2 bagian, begitu pula dengan mata uang mereka yang akhirnya terbagi menjadi dong Vietnam Utara dan dong Vietnam Selatan.

Sempat terbagi, kini dong menjadi satu lagi

Untungnya setelah melewati berbagai gejolak, Vietnam Utara dan Vietnam Selatan kembali bersatu dan hidup damai hingga saat ini. Persatuan bagian Vietnam Utara dan Vietnam Selatan ini juga berdampak pada mata uang dong yang sempat terpisah. Saat ini mata uang dong hanya ada 1 jenis saja di Vietnam. Menurut catatan sejarah, nilai 1 dong di masa kini setara dengan 10 dong di masa lalu.

Tidak hanya pernah terbagi 2, dong juga sempat memiliki mata uang pecahan

Dong adalah mata uang resmi dan utama yang ada di Vietnam. Namun, pada jaman dahulu, ternyata dong ini terbagi lagi atas 2 mata uang yaitu hao dan xu. Kedua mata uang ini sama-sama banyak digunakan di Vietnam. Lama kelamaan, kedua pecahan mata uang ini tidak digunakan dalam perekonomian Vietnam karena mengalami laju inflasi yang semakin meningkat.

Baca Juga: Inilah Sebab Kenapa Anda Harus Divaksin Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Nilai mata uang dong berada di bawah rupiah

Banyak orang Indonesia yang mengeluhkan bahwa nilai tukar rupiah sangat kecil jika dibandingkan dengan nilai tukar mata uang lain seperti dolar dan euro. Kenyataannya, masih ada mata uang negara lain yang nilai tukarnya berada di bawah rupiah, salah satunya adalah dong milik Vietnam. Rata-rata, untuk 10 ribu rupiah kamu akan mendapatkan 17 ribu dong. Meski demikian, biaya hidup di Vietnam pun terbilang cukup murah dibandingkan dengan biaya hidup di Indonesia.

Desain uang pecahan besar dan kecil memiliki perbedaan

Desain dan material cetakan uang kertas dong dalam pecahan besar dan kecil memiliki perbedaan. Uang pecahan besar memiliki desain yang lebih bagus, sehingga sejumlah masyarakat Vietnam sangat menyukainya.

Pecahan uang kecil dicetak oleh perusahaan dalam negeri, sedangkan pecahan uang besar diserahkan kepada perusahaan milik luar negeri. Meski desain uang pecahan besar ini lebih bagus, kamu harus ingat kalau kedua pecahan ini memiliki nilai yang sama sehingga kamu harus menghargai keduanya ketika sedang berada di sana dan melakukan transaksi.

Gambar di uang dong sama semua

Sumber: Ho Chi Minh City

Pada uang kertas rupiah, kita akan menemukan sejumlah tokoh yang menjadi gambarnya. Sedangkan pada uang kertas dong, kamu hanya akan menemukan gambar Ho Chi Minh di semua pecahan. Jadi perhatikanlah tulisan nominal pada uang kertas sebelumnya melakukan pembayaran.

538

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here