Sumber: Nightfall

Bicara tentang liburan di alam bebas atau outdoor pastinya seru ya karena bisa melepas stres akibat pekerjaan sehari-hari dan  polusi udara di kota. Namun, beberapa orang menghindari liburan outdoor karena masalah penginapannya. Ya, liburan outdoor memang identik dengan camping. Di mana kamu bisa menikmati langit malam ditemani api unggun dan iringan gitar, tapi repotnya kamu harus merakit tenda, memasak menggunakan peralatan seadanya, tidur dengan sleeping bag, dan mandi di tempat seadanya.

Lalu, kalau mau menikmati alam bebas tanpa repot bagaimana ya? Yuk, coba liburan dengan gaya glamping!

Apa sih glamping itu? Glamping adalah singkatan dari glamourous camping. Istilah glamping sendiri mulai dikenal sejak tahun 2005 di kalangan masyarakat United Kingdom. Lalu mulai menyebar di seluruh dunia sejak tahun 2007. Di Indonesia sendiri, kamu sudah bisa menemukan banyak lokasi glamping yang tersebar di Pulau Jawa.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau glamping ini tidak seribet camping pada umumnya.

Simak beberapa perbedaan camping dan glamping berikut ini:

Tenda

Sumber: Dunleith Tourist Park

Peralatan utama untuk camping adalah tenda untuk tidur dan berteduh dari hujan. Jika untuk camping biasa kamu harus membawa dan merakit tenda sendiri, untuk glamping sendiri tenda sudah disediakan oleh pengelola lokasi glamping. Asal kamu tahu, tendanya bukan tenda biasa tapi tenda besar dengan ranjang nyaman dan lengkap dengan beberapa perabotan rumah tangga seperti meja dan kursi. Sedangkan tenda biasa hanya bisa digunakan untuk 3-4 orang, untuk tidur pemiliknya harus menggunakan sleeping bag.

Fasilitas

Kebayang kan kalau saat camping kamu ingin mandi atau buang air kecil harus pergi jauh ke dalam hutan atau sungai? Kalau kamu melakukan glamping, gak perlu risih, merasa jijik atau harus berjalan jauh karena semua fasilitas sudah disediakan. Yap, kamar mandi dan air bersih dapat ditemukan dengan mudah di lokasi glamping! Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa menemukan restoran, listrik dan Wi-Fi. Update foto ke media sosial jadi lebih mudah, kan?

Makanan

Menyiapkan makanan bisa jadi hal yang paling melelahkan setelah merakit tenda. Jika pada saat camping kamu harus membawa kompor atau malah menyalakan api menggunakan kayu bakar dan menyiapkan makanan sendiri, saat glamping kamu bisa lebih bersantai karena pihak pengelola glamping menyediakan restoran dan kamu tinggal melakukan reservasi menu. Mungkin beberapa orang merasa camping tidak lengkap tanpa proses menyiapkan makanan sendiri, tapi saat makan akan tetap terasa seru jika dinikmati bersama teman atau anggota keluarga kan?

Lokasi

Beberapa lokasi camping seringkali sulit dijangkau atau jalanannya tidak diaspal. Ada beberapa tempat camping yang membutuhkan waktu berjam-jam dan hanya bisa diakses dengan jalan kaki. Nah, rasa lelah dan pinggang sakit karena medan perjalanan yang sulit tidak akan kamu rasakan saat glamping. Sekarang ini lokasi glamping mudah dijangkau dengan kendaraan biasa. Meski demikian pemandangan lokasi glamping bisa dibilang sama cantiknya dengan lokasi camping biasa, tetap serba hijau dan asri. Sehabis parkir kendaraan, kamu bisa berjalan kaki sebentar ke pintu masuk area glamping.

Setelah menyimak penjelasan mengenai perbedaan camping biasa dan glamping, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Kalau ya, inilah beberapa tips yang perlu kamu ketahui saat liburan nanti:

Browsing dan booking lokasi

Di jaman serba online ini, kamu dapat menemukan info dengan mudah. Gunakan internet untuk mencari lokasi glamping yang mudah dijangkau dan memiliki fasilitas sesuai dengan kebutuhan liburanmu. Kamu juga bisa mencari tahu berapa budget yang dibutuhkan dan menyiapkannya dari jauh-jauh hari. Kamu juga bisa menilai pelayanan lokasi tersebut dari review atau pengalaman pengunjung lainnya. Oh iya, jangan lupa booking tendanya ya kalau tidak mau keduluan orang lain!

Kostum

Sumber: Gear Patrol

Bergaya boleh saja, tapi pastikan kamu menyesuaikan pakaian dengan cuaca di lokasi glamping. Umumnya lokasi glamping berada di pegunungan. Jadi bawalah pakaian hangatmu yang nyaman untuk beraktivitas. Hindari menggunakan baju berlapis-lapis atau jaket yang terlalu tebal karena bisa membatasi ruang gerakmu. Untuk berjaga-jaga pada malam hari, gunakanlah syal atau topi kupluk agar tidak sakit karena udara dingin.

Persiapan kegiatan

Susunlah jadwal kegiatan yang akan kamu lakukan di lokasi glamping, mulai dari jam makan, jalan santai mengelilingi area kemah, bermain dan bersantai. Selain itu bawalah benda-benda yang kamu sukai misalnya buku atau alat musik untuk menghabiskan waktu.

Kondisi tubuh yang fit

Semua persiapan yang sudah direncanakan dengan matang bisa buyar jika kondisi tubuhmu tidak fit selama liburan. Yuk, jaga pola makan dan minum vitamin agar bisa menikmati liburan ala glamping ini.

Bagaimana, sudah siap untuk liburan dan update media sosialmu dengan foto keren di lokasi glamping dan membuat teman-teman penasaran? Selamat menerapkan tips di atas dan selamat berlibur!

312

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here