Sumber: Tentangku

Bicara tentang wisata di Sumatera Barat, kamu akan langsung teringat dengan Danau Toba. Padahal ada banyak tempat wisata lain dan kebudayaan setempat yang menarik untuk dieksplorasi. Misalnya saja mengunjungi kompleks rumah gadang atau pun gunung-gunung yang ada di Sumatera Barat.

Dengan naik pesawat dari Jakarta, kamu bisa tiba di Minangkabau dalam waktu 2 jam saja. Perjalanannya cukup singkat namun akan memberikan pengalaman yang menarik untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak daftar tempat wisata dan kegiatan apa saja yang bisa kamu eksplorasi di Sumatera Barat berikut ini!

Kebun Teh Alahan Panjang

Siapa bilang kebun teh hanya bisa ditemukan di kawasan Puncak Bogor saja? Di Sumatera Barat kamu juga bisa menemukannya, tepatnya di Kebun Teh Alahan Panjang. Lokasinya ada di Gunung Talang Solok dengan ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.

Udaranya sangat sejuk dan pemandangannya begitu asri. Sangat menenangkan matamu yang selalu menatap layar komputer untuk bekerja. Di kebun teh ini juga terdapat sebuah danau yang menambah keasriannya yaitu Danau Kembar. Tempat yang keren untuk dijadikan spot foto ini tidak memungut biaya masuk bagi para pengunjung. Hanya saja kamu harus meminta ijin terlebih dahulu dan menjaga kebersihan area ya.

Danau Laut Tinggal

Danau Laut Tinggal yang memiliki diameter 2 km ini seringkali disebut juga sebagai Danau Perawan. Lokasinya berada di puncak Gunung Malintang. Di sekelilingnya hanya ada pegunungan dan pepohonan. Sangat asri dan tenang karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan kunjungan banyak wisatawan.

Danau ini cukup jernih dan bersih, sayangnya kamu tidak bisa berendam atau berenang karena airnya mengandung sulfur dalam kadar tinggi. Jadi, cukup kamu nikmati saja ya pemandangannya.

Air Terjun Gadih Ranti

Sumber: Twitter

Secara keseluruhan Air Terjun Gadih Ranti ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.  Air terjun ini terdiri atas beberapa tingkatan dan lokasi yang berbeda-beda sehingga terlihat unik. Di sekelilingnya ada tanaman merambat yang membuat air terjun seakan-akan muncul dari balik tanaman tersebut.

Air terjunnya tidak begitu deras namun memiliki debit air yang banyak sehingga bisa digunakan untuk bersenang-senang dan membasahi diri.

Hutan Lumut Singgalang

Hutan Lumut Singgalang tidak sesuram hutan pada umumnya, justru kamu akan merasakan nuansa eksotis nan indah di sini. Sesuai dengan namanya, Hutan Lumut, semua pohon di sini ditutupi oleh lumut. Bagi para pecinta fotografi, tempat ini tidak akan terlihat kotor melainkan begitu indah. Apalagi warna hijau dari lumut yang menciptakan kesan bagaikan tengah berada di set lokasi syuting. Keren!

Puncak Microwave

Microwave yang dimaksud di sini bukanlah mesin pemanas makanan yang biasa diletakkan di dapur. Entah darimana asal nama tersebut, namun Puncak Microwave ini adalah tempat wisata alam yang begitu mempesona. Di sini ada banyak batu-batu dan tebing yang bisa dijadikan spot foto atau sekedar menjadi gardu pandang untuk menikmati pemandangan alam yang ada di bawahnya.

Datanglah pada pagi hari agar bisa mengeksplorasi tempat ini dengan leluasa tanpa terkena panas matahari. Selain itu, selalu hati-hati ketika ingin mendaki tebing karena kondisinya cukup curam.

Danau Biru Talawi

Danau Biru Talawi bukanlah sebuah danau yang terbentuk alami, melainkan akibat aktivitas penambangan batu bara yang masih dilakukan hingga kini. Airnya berwarna biru jernih dan dikelilingi oleh bukit serta pepohonan hijau.

Lokasinya berada di area terpencil sehingga kamu perlu rajin bertanya kepada warga setempat. Fasilitas pun terbilang masih minim, jadi pastikan kamu membawa bekal sendiri untuk di perjalanan ya.

Pacu Jawi

Sumber: Helter Skelter

Bicara tentang balap sapi, kamu pasti akan teringat dengan Karapan Sapi yang ada di Madura. Tapi tahukah kamu kalau Minangkabau juga punya adu balap serupa bernama Pacu Jawi? Adu balap ini pada dasarnya merupakan sebuah perayaan yang diperuntukkan bagi sapi muda setelah masa panen. Adu balap ini dilakukan di atas lumpur sehingga para penonton harus siap berlumpur ria selagi menyaksikannya.

Gunung Kerinci

Bagi para pecinta alam khususnya pendaki gunung, jelas kehadiran Gunung Kerinci tidak bisa diabaikan begitu saja. Gunung api dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut ini menantangmu untuk mendaki selama 9 hingga 11 jam menuju puncaknya.

Cukup tinggi dan sulit medannya, namun sesampainya di puncak ada perasaan yang begitu menakjubkan. Kamu akan disuguhi pemandangan awan, bukit, dan lembah. Bagaikan sedang berada di negeri dongeng!

Itulah 15 tempat wisata alam dan kebudayaan yang menantimu di Sumatera Barat. Liburan berikutnya ketika berlibur ke sana, jangan hanya mengunjungi Danau Toba saja ya. Yuk, sebarkan info ini supaya kekayaan wisata Sumatera Barat semakin dikenal luas!

Baca Juga: 7 Danau Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi di Tahun 2019

326

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here