Sumber: Daka Tour

Saat jalan-jalan ke Surabaya, tempat wisata apa saja sih yang kamu kunjungi? Kebun Binatang Surabaya, Monumen Pahlawan, atau Museum Sepuluh November? Itu sih sudah terlalu mainstream. Bagaimana kalau mengunjungi tempat wisata alam tersembunyi yang ada di sekitar Surabaya?

Serunya berkunjung ke tempat wisata tersembunyi adalah kamu tidak perlu berdesak-desakan saat ingin bersantai atau pun mengambil foto. Selain itu, suasana tempat wisata alam ini masih begitu asri tanpa ada jejak keisengan wisatawan yang tidak bertanggung jawab. Ditambah lagi, kamu bisa jadi trendsetter dan mempromosikan keindahan tempat wisata alam tersebut. Seru ya!

Tunggu apalagi, segera rencanakan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata alam tersembunyi di sekitar Surabaya berikut ini!

Bukit Tinggi Daramista, Sumenep

Sumber: Travelling Yuk

Kamu yang ingin menikmati keindahan area Sumenep dari ketinggian wajib datang berkunjung ke Bukit Tinggi Daramista. Gardu pandang di sini dibuat menyerupai rumah hobbit, sarang burung raksasa, dan tumpukan ranting. Cukup unik dan nyaman. Kamu pun bisa berselfie ria di sini. Selain menikmati pemandangan dari atas gardu pandang, cobalah untuk menikmati pemandangan sambil bermain flying fox.

Bukit Jamur, Bungah

Bukit biasanya berbentuk menyerupai gunung kecil, namun kawasan bukit yang satu ini justru dipenuhi oleh bukit-bukit yang menyerupai jamur. Bentuk jamur yang unik ini muncul akibat bekas kegiatan penggalian kapur, serta angin dan hujan yang mengikis beberapa bagiannya.

Tempat ini sangat Instagramable. Bayangkan saja, kapan lagi bisa berfoto bersama “jamur raksasa” yang tidak beracun? Saking uniknya, tidak sedikit pasangan yang melakukan pemotretan pre-wedding di sini.

Bukit Larangan Panceng, Gresik

Gresik adalah sebuah kota yang memiliki dua pemandangan berbeda di masing-masing sisinya. Pada bagian utara, alamnya didominasi oleh pantai. Sedangkan bagian barat didominasi oleh pegunungan.

Untuk menikmati kedua pemandangan tersebut, kamu hanya perlu berdiri dari satu tempat yakni Bukit Larangan Panceng. Tempatnya tidak terlalu tinggi, namun sangat pas untuk menyaksikan kedua sisi Gresik.

Jika ingin menikmati momen matahari terbit dan terbenam, jangan ragu untuk membangun tenda di sini, ya!

Bukit Kapur Sekapuk, Gresik

Lokasi bekas penambangan yang kemudian beralih fungsi menjadi tempat wisata di Indonesia tampaknya tidak bisa dihitung menggunakan jari. Salah satunya adalah Bukit Kapur Sekapuk di Gresik.

Lokasi penambangan batu kapur ini didominasi oleh tebing batu berwarna putih kecokelatan yang begitu eksotis dan tampil kontras dengan birunya langit. Lebih kerennya lagi, penambangan batu kapur ini tidak hanya dilakukan di atas daratan tapi juga di bawah tanah. Hasilnya, ada sebuah gua yang tidak kalah cantik dari tebing batu kapur. Ketika berada di sini, kamu harus-berhati-hati dan tidak memanjat sembarang titik karena ada beberapa titik yang rawan longsor.

Bukit Jaddih, Bangkalan

Sumber: Miftaj

Biasanya lokasi bekas penambangan yang memiliki kolam tidak diperuntukan para pengunjung berenang karena airnya bisa saja mengandung zat berbahaya. Namun di bekas penambangan Bukit Jaddih, para pengunjung bebas berendam dan berenang di dalam kolamnya.

Warna air yang ada di kolam ini biru jernih, tampil cantik dan serasi dengan tebing batu kapur di sekelilingnya yang berwarna putih. Jika kamu mau naik sedikit ke puncak Bukit Jaddih, pemandangan Bangkalan yang indah akan menyambutmu.

Pantai Kahuripan, Sumenep

Jika pantai lain pada umumnya memiliki hamparan pasir di tepi pantai, Pantai Kahuripan di Sumenep justru tidak memiliki pasir. Sebagai gantinya ada hamparan batu karang yang tajam dan terjal. Hal inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik dari Pantai Kahuripan.

Airnya berwarna biru jernih hingga kamu bisa melihat bagian bawah laut. Di sekelilingnya ada banyak pepohonan yang membuat suasana semakin sejuk. Selain hamparan batu karang yang membuat pantai ini unik, ada juga sebuah lorong di bawah hamparan batu karang dan permukaan air laut yang akan membawamu ke Gua Tanjung Serunggi.

Bisa kebayang tidak, betapa kerennya ketika kamu menyelam ke bawah laut kemudian masuk ke dalam lorong dan berakhir di sebuah gua?

Baca Juga: Berlibur ke Sumedang Tidak Lengkap Tanpa Mengunjungi 8 Tempat Ini

Noko Selayar

Sekilas dilihat, Noko Selayar ini bagaikan pulau-pulau kecil yang ada di Karibia. Pulaunya tidak berukuran besar, malah bisa dikatakan hanya berupa hamparan pasir yang memiliki tanaman di atasnya. Ukurannya tidak lebih besar dari lapangan sepak bola.

Suasananya begitu mempesona. Tanpa kehadiran satu bangunan pun, kamu bisa melihat pantai ini menyatu dengan langit yang ada di atasnya. Airnya sangat jernih dan ombaknya tenang. Kamu bisa bersantai di tepi pantai atau pun berenang dan snorkeling bersama ikan-ikan.

Baru tujuh tempat wisata tersembunyi di sekitar Surabaya yang kita beberkan. Masih kurang puas dengan daftar di atas? Jangan lewatkan artikel berikutnya ya!

1064

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here