Sumber: Sulawesi Tour Guide

Makassar, ibu kota Sulawesi Tenggara, tidak hanya menjadi kota terbesar kelima di Indonesia tapi juga sebuah kota yang menyimpan banyak kekayaan wisata. Untuk beberapa orang, nama Pantai Losari dan Benteng Rotterdam rasanya sudah tidak asing lagi.

Selain kedua tempat wisata tersebut, sebenarnya Makassar juga memiliki beberapa tempat wisata alam seperti pegunungan, air terjun, bukit, dan hutan asri. Penasaran? Langsung saja simak daftar tempat wisata di Makassar yang wajib kamu kunjungi nanti berikut ini!

Buttu Gigi

Sumber: Aneka Wisata Nusantara

Buttu Gigi merupakan sebuah pada rumput yang cocok untuk para pecinta alam. Kontur tanahnya menyerupai bukit. Pada titik tertingginya, kamu bisa menyaksikan keindahan alam yang ada di bawah sana. Sejauh mata memandang, pokoknya kamu hanya akan melihat hamparan rumput yang begitu hijau dan asri. Warna rumput ini terlihat kontras dengan birunya langit cerah di pagi hari. Udaranya begitu sejuk. Sangat cocok untuk kamu yang sudah bosan dengan kemacetan di tengah kota.

Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang tepatnya berada di lepas pantai Sulawesi Selatan. Berada di sini membuatmu seakan-akan memiliki pulau pribadi karena jarang ada wisatawan yang ke sini. Pasirnya yang berwarna putih bersih tampak kontras dengan air yang berwarna biru jernih. Saking jernihnya, kamu tidak perlu menyelam ke dasar laut untuk menyaksikan keindahan terumbu karang. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut tapi takut menyelam.

Di Pulau Kapoposang, para wisatawan juga bisa melepas tukik atau anak penyu. Dengan melakukan kegiatan ini berarti kamu telah berpartisipasi untuk menjaga kelestarian lingkungan dan satwa laut.

Celebes Canyon

Celebes Canyon atau biasa disebut sebagai Pegunungan Batu Celebes merupakan sebuah tempat yang akan mengajakmu mengagumi keindahan alam di daratan. Susunan batu-batu berukuran sedang hingga besar ini menyerupai bukit-bukit kecil. Di sela-sela bebatuan ada air yang mengalir.

Jika kamu berjalan lagi ke dalam kawasan ini, maka Sungai Ule akan menyambutmu. Sungai Ule ini mengalir di antara tebing batu bagaikan oase yang ada di padang gurun. Sangat menyejukkan tubuh dan pikiran. Untuk kamu yang suka dengan olahraga ekstrim, cobalah melompat dari atas tebing menuju aliran sungai.

Rammang-rammang

Pegunungan kapur ternyata cukup menarik untuk dikunjungi karena pemandangannya yang begitu eksotis! Rammang-rammang merupakan pegunungan kapur terpanjang kedua di dunia, sayang jika kamu yang berada di Indonesia namun belum pernah mengunjunginya. Barisan pegunungan kapur ini berpadu dengan keasrian hutan yang ada di sekitarnya, sangat harmonis.

Untuk tiba di pegunungan kapur ini, kamu perlu menyusuri Sungai Pute terlebih dahulu.

Puas menelusuri pegunungan kapur, mampirlah ke Kafe Puncak Rammang-rammang. Di sini kamu bisa beristirahat dan makan sambil menikmati keindahan alam lagi.

Taman Prasejarah Leang-leang

Sumber: Berthadian

Makassar tidak hanya memiliki tempat wisata berupa alam saja, tapi ada juga sebuah taman prasejarah yaitu Taman Prasejarah Leang-leang. Di sini kamu bisa menyusuri ratusan gua dengan artefak prasejarah. Tidak hanya itu, ratusan gua ini dikelilingi oleh pegunungan kapur dan pepohonan yang asri. Saat berada di sini, kamu akan merasa bagaikan hidup di masa prasejarah.

Gua-gua ini ukurannya kecil dan bagian dalamnya ada beberapa lukisan prasejarah. Sangat unik dan artistik, bahkan untuk skala jaman modern ini.

Malino Highland

Tempat wisata alam yang terbentuk akibat campur tangan manusia ini berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut dan memiliki latar belakang perkebunan teh. Udaranya begitu segar, sangat khas dataran tinggi.

Setiap sudut Malino Highland ini adalah spot yang tepat untuk berfoto. Misalnya saja di tengah perkebunan teh atau di taman bunga yang cantik. Puas menikmati pemandangan yang indah dan menyegarkan pikiran, kamu bisa mencicipi nikmatnya teh hitam asli Jepang di Green Pekoe Café yang memiliki interior tidak kalah cantik dengan pemandangan alamnya.

Hutan Pinus Bissoloro

Tidak hanya Bandung dan Yogyakarta yang memiliki hutan pinus, ternyata Makassar juga memiliki hutan pinus yang tidak kalah keren yaitu Hutan Pinus Bissoloro. Pohon-pohon pinus ini berjejer dengan rapi dan menjulang tinggi.

Selain menikmati keindahan hutan pinus, kamu juga bisa berkemah di sini atau sekedar menggantungkan hammock untuk bersantai sebentar.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Hutan Pinus Mangunan Ini Wajib Dikunjungi!

Bukit Maddo

Bukit Maddo akan membuatmu terkagum-kagum dengan pemandangan alamnya. Bagaikan lukisan, kamu akan disuguhi pemandangan padang rumput, pepohonan, hamparan sawah, hingga aliran sungai yang meliuk cantik.

Pergilah hingga ke bagian puncak Bukit Maddo ini untuk titik pandang yang paling sempurna. Jika tidak puas hanya sehari berada di sini, dirikanlah tenda dan bermalam untuk menantikan keindahan langit di saat matahari terbit.

Sudah siap untuk mengeksplorasi Makassar dari sisi yang berbeda?

322

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here