Sumber: Kita Muda

Apa saja sih yang kamu ketahui tentang Tegal dan Brebes? Warung makan yang tersohor, warteg alias warung Tegal, atau telur asin khas Brebes? Jika hanya itu, tampaknya kamu perlu berkunjung ke Tegal dan Brebes dalam waktu dekat untuk berlibur dan mengunjungi sejumlah tempat wisata keren berikut ini!

Batu Agung dan Goa Lawa

Sumber: Diyan Doyan

Kamu yang menyukai petualangan, kunjungilah Batu Agung yang ada di kawasan Balapulang. Pemandangan alamnya cukup eksotis. Spot wisata utama yang ada di sini adalah tumpukan batu-batu besar yang tersusun alami. Bagian puncaknya cukup menjulang dan bisa didaki bagaikan gunung.

Selagi memanjat tumpukan gunung ini, jangan lupa untuk berfoto di beberapa bagian tebing batu. Sesampainya di puncak, nikmatilah pemandangan yang menyejukkan hati dan pikiran. Di dekat Batu Agung ini ada juga Goa Lawa atau Gua Kelelawar yang tidak kalah eksotis dan Instagramable. Saat berada di kedua tempat ini berhati-hatilah saat melangkah terutama saat hujan turun.

Curug Bentar

Menyaksikan air terjun yang turun ke kolam di dalam gua pasti akan membuatmu terkagum-kagum. Air terjun Curug Bentar yang ada di Brebes ini memiliki ketinggian hingga 35 meter. Ditambah dengan paparan sinar matahari, air terjun yang masuk ke dalam gua ini semakin terlihat sempurna. Para pengunjung diperkenankan untuk berendam atau pun berenang di kolam air terjun yang satu ini.

Curug Putri

Curug Putri adalah salah satu tempat wisata alam yang tersembunyi. Karena tidak tersentuh oleh banyak wisatawan, keindahan alamnya masih terjaga dan bersih. Saat berada di sana juga kamu bisa lebih bersantai saat menikmati alam. Yang menjadi masalah adalah perjalanan menuju Curug Putri yang membutuhkan trekking sejauh 500 meter melalui jalanan yang cukup terjal.

Tinggi air terjunnya tidak kurang dari 35 meter dan cukup deras. Latar belakang air terjun ini adalah tebing batu yang eksotis. Saat cuaca begitu cerah, akan muncul pelangi di bagian tengah air terjun. Pelangi ini dipercaya sebagai jembatan para bidadari yang mandi di kolam air terjun Curug Putri.

Baca Juga: 9  Air  Terjun  Yang  Wajib  Kamu  Kunjungi  Saat  Traveling  Ke  Yogyakarta 

Kalibaya Park

Kalibaya Park merupakan sebuah area bermain untuk keluarga dengan konsep outbound. Beberapa permainan yang harus kamu coba adalah flying fox, jembatan tali, ayunan ekstrim, ATV, hingga gardu pandang.

Bagi para penggila fotografi dan pecandu Instagram, area gardu pandang ini bagaikan surga. Dari gardu pandang ini, kamu bisa menyaksikan keindahan alam sambil berfoto-foto. Ada gardu pandang dengan latar belakang Waduk Malahayu dan perbukitan. Ada juga gardu pandang yang menyerupai rumah pohon.

Jembatan Gantung Danawarih

Untuk kamu yang suka berlibur sambil hunting foto, pergilah ke Jembatan Gantung Danawarih yang ada di Tegal. Setiap sudut yang ada di Jembatan Gantung Danawarih ini sangat Instagramable, bahkan bagian bawah jembatan juga.

Jembatan yang melintas di atas Kali Gung ini memiliki panjang hingga 270 meter. Bagian bawah jembatan dipenuhi dengan bebatuan eksotis.

Agrowisata Kaligua

Sumber: Sportourism

Tegal dan Brebes memiliki kawasan agrowisata Kaligua yang suasananya bisa dibilang mirip dengan Puncak. Kaligua ini berada di ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut. Tidak heran udaranya begitu sejuk dan sejauh mata memandang kamu akan menemukan hamparan perkebunan teh yang menyejukkan mata.

Wadas Kelir

Sumber: Djendela Tegal

Jaman sekarang, tempat wisata yang diincar oleh anak muda adalah tempat wisata yang Instagramable alias keren dan cantik untuk difoto kemudian dipajang di Instagram. Wadas Kelir pada awalnya adalah area galian pasir. Akibat proses penggalian pasir, terbentuklah tebing dengan goresan-goresan abstrak di seluruh permukaannya. Hasilnya sangat cantik untuk dijadikan latar belakang foto.

Ranto Canyon

Ingin mencoba kegiatan yang menantang adrenalin selama liburan kali ini? Cobalah bermain arung jeram di Ranto Canyon. Jalurnya tidak sampai 1 km, namun cukup menguras tenaga para pemainnya. Jika tidak suka dengan arung jeram, kamu bisa mencoba kegiatan lain yang tidak kalah seru seperti cliff diving atau pun body rafting.

Dadablangan Malahayu

Tempat wisata Dadablangan Malahayu bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata terbaru yang ada di Brebes. Andalan utama dari tempat wisata yang satu ini adalah pemandangan alamnya. Dari atas bukit Dadablangan ini, para pengunjung bisa melihat indahnya Waduk Malahayu dari ketinggian.

Gardu pandang di sini tidak hanya ada satu melainkan banyak sehingga para pengunjung tidak perlu berebutan. Gardu pandangnya cukup nyaman karena dibangun menggunakan bambu dan atapnya diberi jerami. Mau sambil piknik atau sekedar menikmati suasana dan hembusan angina sejuk, sama saja serunya!

Itulah 9 tempat wisata yang ada di Tegal dan Brebes bagian pertama. Masih belum puas? Tenang saja, masih ada banyak tempat wisata lainnya yang menunggumu di bagian kedua!

770

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here