Sumber: Wira Nurmansyah

Ada banyak cara untuk memperkenalkan tempat wisata yang masih asing di telinga masyarakat. Misalnya saja dengan cara beriklan lewat majalah atau televisi, blogging, media sosial, bahkan film. Di Indonesia sendiri, belakangan ada banyak tempat wisata yang menjadi tren berkat film. Tempat wisata tersebut tidak hanya muncul di film nasional, tapi juga film bertaraf internasional. Tidak heran beberapa tempat wisata tersebut juga diminati oleh banyak wisatawan asing.

Penasaran tempat wisata apa saja yang menjadi tren dan populer di kalangan wisatawan berkat film? Yuk, lihat daftarnya berikut ini!

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung – Laskar Pelangi

Sumber: Lihat

Film Laskar Pelangi diangkat dari novel yang ditulis oleh Andrea Hirata dan kemudian disutradai oleh Riri Riza. Laskar Pelangi ini berhasil merebut hati para penonton karena ceritanya yang sangat bermakna di saat film lain ramai dengan genre romantis. Film yang mengisahkan kehidupan 10 anak miskin di Belitung ini berhasil meningkatkan popularitas Pantai Tanjung Tinggi yang unik karena memiliki ribuan batu granit raksasa.

Tidak hanya sampai di sini, sejumlah tempat wisata lainnya di Belitung juga terkena dampak popularitas. Misalnya Danau Kaolin dan Museum Kata Andrea Hirata. Lokasi syuting sekolah Laskar Pelangi (SD Muhammadiyah Gantong) juga ramai dikunjungi para wisatawan.

Ubud dan Uluwatu – Eat, Pray, and Love

Film Eat, Pray, and Love ini dibintangi oleh Julia Roberts pada tahun 2010 silam. Tidak tanggung-tanggung, film ini disyuting di 3 negara yaitu Italia, India, dan Indonesia. Film box office yang satu ini menceritakan kehidupan seorang penulis wanita yang bercerai kemudian berusaha untuk menemukan kenikmatan hidup berupa kuliner di Italia, ibadah di India, dan cinta di Bali. Sejumlah pesona wisata daerah di Ubud dan Uluwatu ditunjukkan dengan sangat cantik melalui kisah dan pengambilan gambarnya, sehingga banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Gunung Semeru – 5 cm

Film kebanggaan masyarakat Indonesia setelah Laskar Pelangi adalah 5 cm. Film yang dirilis pada 12 Desember 2012 silam ini merupakan hasil adaptasi dari novel yang berjudul sama. Gunung Semeru ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan dibintangi oleh artis terkenal dalam negeri seperti Herjunot Ali, Fedi Nuril, Raline Shah, Denny Sumargo, dan Igor Saykoji.

Film ini mengisahkan tentang persahabatan di antara 5 orang yang perlahan menjadi jauh, kemudian mereka bertemu kembali untuk mendaki Gunung Semeru. Gunung Semeru ini menjadi latar belakang perjuangan untuk mempertahankan persahabatan dan mencintai alam. Gunung Semeru mungkin tidak asing lagi di telinga para pendaki, tapi untuk wisatawan biasa nama gunung ini menjadi sesuatu yang baru untuk dikunjungi. Tidak heran setelah film 5 cm dirilis, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini menjadi populer.

Wamena dan Danau Habena – Denias, Senandung di Atas Awan

Tempat wisata berikutnya yang terkenal karena menjadi lokasi syuting film adalah Wamena dan Danau Habena di Papua. Denias, Senandung di Atas Awan adalah film yang berperan untuk memperkenalkan wisata alam tersebut. Film yang disutradarai oleh John de Rantau ini diproduksi pada tahun 2006 dan dibintangi oleh Albert Thom Joshua Fakdawer, Ryan Stevano William Manoby, Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen, dan Marcella Zalianty.

Senandung di Atas Awan ini diangkat dari kisah nyata seorang anak bernama Janias yang tinggal di pedalaman Papua untuk memperjuangkan hak atas pendidikan yang layak dan pencapaian cita-citanya. Film karya anak bangsa ini pada akhirnya berhasil lolos seleksi untuk acara penghargaan bergengsi Piala Oscar pada tahun 2008 silam. Keindahan Danau Habema di lereng Puncak Trikora ini menjadi populer berkat tayangnya film Denias, Senandung di Atas Awan di berbagai negara.

Puncak Penanjakan, Bromo – Pasir Berbisik

Sebelum film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Christine Hakim ini dirilis pada tahun 2001 silam, wisata Gunung Bromo sudah cukup populer di kalangan wisatawan dalam negeri. Namun, menjadi semakin populer setelah film Pasir Berbisik syuting di sebuah area gersang mirip gurun di Gunung Bromo. Pesona alam Gunung Bromo memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sebagian wilayah Gunung Bromo merupakan padang sabana yang menjadi spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Saat berkunjung ke Gunung Bromo, sempatkan diri untuk berkeliling menggunakan kuda di tengah udara dingin dan menikmati keindahan hamparan bunga edelweiss.

Taman Nasional Tanjung Puting – In The Wild: Orangutans with Julia Roberts

Sumber: Andiarta Wisata

Film dokumenter yang dibintangi oleh Julia Roberts ini tidak hanya mengangkat keindahan alam Taman Nasional Tanjung Putting khususnya Sungai Sekonyer, tapi juga berpartisipasi untuk mengajak masyarakat untuk melindungi orangutan. Meski tidak terlalu populer bagi wisatawan dalam negeri, film ini berhasil mempromosikan tempat wisata di kalangan wisatawan manca negara.

841

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here