Sumber: Sebandung

Saat berkunjung ke suatu daerah untuk berlibur, pasti ada banyak hal yang ingin dilakukan. Misalnya saja mengunjungi tempat wisata atau landmark daerah tersebut sambil memperhatikan kegiatan penduduk lokal yang mungkin menarik dan berbeda dengan kegiatan kamu sehari-hari. Tidak ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas setempat yang unik, original, dan jarang bisa kamu temui di daerah lain.

Malah tidak jarang, beberapa orang lebih mengutamakan kegiatan mencicip kuliner khas setempat alias wisata kuliner saat berkunjung ke tempat lain dibandingkan pergi mengunjungi tempat wisata. Apakah kamu salah satu dari pecinta wisata kuliner? Jika ya, yuk berkunjung ke Bandung karena kota kembang ini memiliki banyak daftar jajanan yang unik.

Untuk menjalani wisata kuliner ke Bandung ini cukup mudah caranya, apalagi untuk kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Kota Bandung yang hanya berjarak 140 km dari Jakarta ini bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi dalam waktu 4 jam, jasa travel, bis umum, dan kereta api. Wisata kuliner ke Bandung juga terbilang irit cuti karena bisa dilakukan pada akhir pekan tanpa harus menginap lama.

Setelah menentukan transportasi, saatnya untuk menyusun daftar jajanan yang perlu kamu cicip. Dari sekian banyak makanan khas Bandung, kami telah merangkum 10 jajanan terbaik agar kamu tidak perlu bingung saat menentukannya. Yuk, langsung simak daftarnya berikut ini!

Batagor

Sumber: Info Bandung

Batagor sudah menjadi jajanan umum di sejumlah daerah di tanah air. Tapi tetap saja, batagor Bandung memiliki ciri khasnya sendiri. Adonan tepung dan daun seledri yang dibungkus kulit pangsit lalu digoreng membuat jajanan ini disukai masyarakat. Tidak ketinggalan tahu gorengnya ya. Batagor ini dijual dalam bentuk yang cukup besar kemudian disajikan dalam potongan kecil bersama saus kacang yang pedas dan sedikit kecap manis.

Mie Kocok Bandung

Berbeda dengan mie kuah di daerah lain, mie kocok Bandung ini memiliki tekstur dan rasa yang sangat gurih. Mie kocok Bandung terdiri dari mie kuning, toge, daging kaki sapi, dan kikil yang disajikan bersama seledri dan bawang goreng. Kebayang kan gurihnya?

Basreng

Bakso goreng atau biasa dikenal dengan singkatan basreng ini seru dijadikan camilan saat bekerja atau nonton TV. Basreng dibuat dari irisan bakso yang kemudian digoreng dan ditambah bubuk bumbu pedas. Rasa pedas ini dibuat dalam berbagai level, dari yang sedikit pedas hingga ekstra pedas.

Seblak

Jajanan yang populer belakangan ini dibuat dari adonan aci yang dimasak bersama telur dan  lauk seperti sosis, bakso, atau daging ayam. Bumbunya kaya akan rempah-rempah seperti lada, cabai, dan kencur. Disajikan dengan taburan seledri dan bawang goreng, lalu dimakan selagi hangat sambil menikmati udara dingin Bandung. Nikmat!

Ulukutek Leunca

Makanan yang satu ini merupakan sajian dari sayur leunca yang ditumis bersama oncom, kaldu ayam, dan rempah-rempah lainnya. Sajian ini bisa ditemui dengan mudah di sejumlah rumah makan atau gerobak makan khas Sunda.

Cimol

Cimol (aci digemol) adalah jajanan gerobak yang dibuat dari tepung kanji dan dibentuk menjadi bulatan kecil lalu digoreng. Setelah itu disajikan bersama aneka bubuk bumbu dengan pilihan rasa asin, pedas, keju, BBQ, dan masih banyak lagi.

Cilok

Hampir sama seperti cimol, cilok (aci dicolok) yang kini sudah mulai banyak bertebaran di daerah lain ini dibuat dari tepung kanji tapi tidak digoreng melainkan direbus dan disajikan bersama saus kacang dan kecap manis. Mirip siomay ya?

Colenak

Sumber: Travel Kompas

Bagi pecinta tape singkong, colenak ini wajib untuk dinikmati. Colenak disajikan dengan cara membakar tape singkong lalu melumurinya dengan gula jawa cair dan parutan kelapa. Salah satu kunci kenikmatan colenak ini adalah bagian tape singkong yang gosong.

Tahu Lembang

Saat menikmati tahu Lembang, kamu tidak akan menemukan rasa asam yang biasanya ditemukan pada tahu asal daerah lain. Mau digoreng dan dimakan dengan sambal atau dimasak kuah, sama-sama enak! Beberapa penjual tahu Lembang biasanya memiliki area pengolahan tahu sendiri yang terbuka dan bisa kamu saksikan proses pembuatannya. Lumayan kan bisa sekalian tahu cara membuat tahu tersebut?

Surabi

Jajanan tradisional Bandung ini dibuat dari tepung dan santan yang dibakar di atas arang sehingga mengeluarkan aroma yang sedap. Setelah matang, surabi ini disajikan dengan gula kelapa cair yang sudah diolah bersama daun pandan dan buah nangka. Begitu nikmatnya, kamu tidak akan puas jika hanya makan 1 porsi.

Baca Juga: Cara Mengatur Pola Makan Selama Liburan

Setelah menyusun daftar jajanan di Bandung yang sudah disebutkan tadi, jangan lupa untuk mencari tahu lokasi penjualnya ya. Kamu bisa bertanya ke teman atau mencari review penjual jajanan tersebut di website khusus review tempat makan. Perut kenyang, hati senang!

647

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here