Jakarta, Tamasya – Pergi menggunakan pesawat paling pagi atau paling malam bisa jadi sangat membingungkan, apalagi jika kamu berada di luar negeri. Ada perasaan takut ketinggalan pesawat, takut tidak ada transportasi umum yang beroperasi menuju bandara atau dari bandara menuju penginapan pada jam tersebut, hingga perhitungan sayang membayar tarif penginapan untuk semalam saja. Pada akhirnya, kamu pun memutuskan untuk tidur di bandara saja.

Sebenarnya, tidur di bandara sah-sah saja. Asalkan bandara tersebut memang dibuka 24 jam. Bahkan saat ini beberapa bandara di dunia menyediakan spot khusus untuk calon penumpang pesawat tidur sebelum melakukan penerbangan.

Penasaran bandara mana saja yang bisa menjadi spot tidur kamu selama semalam? Coba cek daftarnya berikut!

  1. Bandara Changi

Bandara terbaik di dunia dan teramah bagi para wisatawan ini memiliki banyak sekali spot untuk tidur, baik di area transit atau area umum. Spot tidur ini tersebar di 4 terminal Bandara Changi. Bagi wisatawan yang sedang menunggu penerbangan berikutnya setelah transit, ada Snooze Lounge dengan kursi melengkung yang sangat nyaman untuk beristirahat. Sedangkan yang berada di area umum, para wisatawan bisa tidur di atas kursi panjang. Jangan ragu untuk tidur di sini karena kamu akan menemukan banyak wisatawan mancanegara yang juga tidur di sini. Kalau mau lebih nyaman lagi, kamu bisa menumpang tidur di restoran 24 jam dengan syarat sudah membeli makanan dan minuman di sana.

Suhu udara di dalam Bandara Changi cukup dingin pada malam hari. Oleh karena itu gunakanlah jaket dan kaos kaki agar nyaman saat tidur. Jangan khawatir ketika ada petugas yang berkeliling karena mereka hanya memantau keadaan saja, bukan untuk mengusir wisatawan yang sedang tidur.

  1. Bandara KLIA2

Bandara KLIA2 merupakan bandara yang digunakan untuk transit oleh sejumlah maskapai LCC. Tidak heran kalau ada banyak wisatawan yang menumpang tidur di sini. Area tidur di bandara ini hanya berupa ruang luas yang kosong dan beralaskan karpet. Jika memutuskan untuk tidur di sini, bawalah bantal kecil dan jaket untuk menghalau udara dingin ya.

  1. Bandara Suvarnabhumi

Bandara Suvarnabhumi juga sering dijadikan sebagai lokasi tidur bagi wisatawan yang tiba larut malam. Ada banyak area yang bisa digunakan untuk tidur, tapi spot favorit wisatawan adalah mushola. Seperti yang kamu ketahui, Thailand bukan negara mayoritas muslim sehingga mushola ini sepi. Selesai melakukan sholat, kamu bisa langsung rebahan di sini.

  1. Bandara Soekarno-Hatta

Kamu bisa menginap di hotel yang berada dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta, tapi jika ingin menghemat pengeluaran kamu bisa coba tidur di sini. Lokasi yang biasa digunakan untuk tidur adalah Red Corner di Terminal 1A, Waving Gallery di antara Terminal 1A dan 1B, serta di kursi panjang di dekat pintu keberangkatan. Sama seperti bandara lainnya, kamu bisa menemukan banyak wisatawan lain yang menumpang tidur di sini.

  1. Bandara Kualanamu

Lokasi Bandara Kualanamu ini jauh dari pusat kota sehingga banyak wisatawan yang menginap di sini. Area yang bisa digunakan untuk tidur adalah mushola dan kursi panjang di lantai 1. Jika mau tidur dengan nyaman, kamu bisa menumpang di restoran 24 jam dengan syarat membeli makanan atau masuk ke rest area dengan syarat sudah memiliki tiket pesawat.

Sudah tahu bandara mana saja yang mengijinkan wisatawan tidur di sana pada malam hari? Saatnya menerapkan tips berikut agar barang bawaan tetap aman selama ditinggal tidur di bandara.

  1. Menjaga tas dan koper

Bandara memang memiliki petugas keamanan, meski demikian bukan berarti bandara bebas dari penjahat dan kamu bisa seenaknya meletakkan bawaan di mana pun. Saat tidur, gunakan tas sebagai alas kepala. Selain itu, koper bisa kamu kaitkan ke kursi atau titipkan di tempat penitipan koper.

  1. Meletakan dokumen perjalanan di tempat yang mudah dijangkau

Dokumen perjalanan merupakan pegangan utama selama berada di luar negeri. Letakkan dokumen ini dalam sebuah tas kecil yang bisa kamu kekap selama tidur. Tujuannya agar aman selagi kamu tidur. Selain itu, ketika ada petugas keliling yang mengecek keamanan dan ketertiban wisatawan dan meminta dokumen tersebut kamu bisa dengan mudah menunjukkannya tanpa harus membongkar seisi tas.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Agar nyaman saat tidur, gunakan juga pakaian yang nyaman. Gunakan juga jaket dan kaos kaki untuk menghalau udara dingin. Jika memungkinkan, bawalah bantal leher yang bisa digunakan sebagai sandaran kepala saat tidur nanti.

  1. Selalu bersikap waspada

Tas dan koper sudah terkunci, saat untuk tidur namun tetap waspada. Pilihlah area tidur yang cukup terisi dengan wisatawan lainnya, tidak hanya kamu seorang diri, dan suasananya tenang. Hindari tidur di area yang menjadi jalur lalu-lalang orang lain. Jika terpaksa tidur di area yang ramai orang, sebaiknya tidur bergantian dengan teman seperjalanan.

889

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here