Sumber: Sojourn

Belanja merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh para wisatawan khususnya wanita ketika berlibur di luar negeri. Di sana ada banyak barang yang tidak bisa ditemui di negara asal. Tidak heran saat tiba di tanah air, koper bisa beranak-pinak bahkan sampai melebihi batas maksimal bagasi.

Selain berbelanja di kounter resmi atau toko, wisatawan juga suka berbelanja di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh. Alasannya adalah mereka bisa menemukan barang dengan harga terjangkau dan tentunya bisa ditawar.

Bicara tawar menawar, hal ini sudah biasa terjadi saat hendak membeli barang. Kebanyakan pedagang akan menaikkan harga jika pembelinya adalah wisatawan. Agar tidak menyesal karena membeli barang dengan harga mahal, kamu harus pintar menawar harga. Ini tipsnya.

Gunakan mata uang lokal

Sejumlah pusat perbelanjaan di Asia ada yang menerima mata uang dolar AS, misalnya di Ben Thanh Market (Vietnam) dan Siam Reap Night Market (Kamboja). Bahkan di Thailand, beberapa pedagang mau menerima mata uang rupiah. Pastikan untuk tidak membayar menggunakan mata uang selain mata uang lokal karena jika tidak waspada, bisa-bisa kamu merugi akibat perbedaan kurs yang tinggi. Cari tahu mata uang lokal negara yang akan dikunjungi dan tukarkan uang dalam jumlah cukup selagi di tanah air.

Jangan menghitung di depan pedagang

Sebelum terjadi tawar menawar dengan pedagang, mereka akan mematok harga tinggi. Biasanya wisatawan akan menghitung dulu harga tersebut dalam kurs rupiah karena belum terbiasa dengan mata uang lokal. Beberapa wisatawan tidak segan untuk mengeluarkan kalkulator atau HP untuk menghitungnya.

Jangan lakukan perhitungan tersebut langsung di depan pedagangnya karena kamu akan terlihat kebingungan dan mudah dimanfaatkan oleh pedagang tersebut. Cobalah menghitungnya pelan-pelan dalam pikiran sambil melihat barang lain. Jika kesulitan menghitung karena angka kurs yang rumit, coba genapkan saja angka tersebut. Misalnya 1 rupiah = 403 baht, kamu bisa menggenapkannya menjadi 400 baht saat menghitung untuk mendapatkan perkiraan harga.

Jangan malas untuk membandingkan harga ke toko sebelah

Saat berada di luar negeri, kamu belum tahu berapa kisaran harga barang yang diincar. Jadi, jangan malas untuk membandingkan harga di beberapa toko. Jika sudah tahu kisaran harga, kamu bisa menawar harganya di angka yang bagus dan terhindar dari pedagang nakal yang memberikan harga sangat tinggi. Jika tidak sempat membandingkan harga ke toko lain karena keterbatasan waktu, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu dengan bertanya kepada teman yang sudah pernah ke sana atau membaca blog perjalanan orang di internet.

Tawar setengah harga

Setelah pedagang menyebutkan harga barang, jangan segan untuk menawar setengah harga. Inilah esensi tawar menawar. Kamu harus membuka harga rendah dulu, karena pedagang akan menaikkan harga yang kamu tawar tadi. Harga akan naik sedikit demi sedikit. Jika tawar menawar ini berjalan lancar, kamu bisa saja mendapat diskon sebesar 20 hingga 40 persen. Lumayan, kan?

Beli dalam jumlah banyak

Jika kamu hanya membeli 1 barang, biasanya pedagang enggan menurunkan harga karena keuntungan yang didapat tidak terlalu besar. Tips ini berlaku saat kamu hendak membeli oleh-oleh berukuran kecil seperti gantungan kunci, gunting kuku, dompet koin, atau magnet kulkas. Belilah dalam jumlah banyak jika kamu memang akan membagikannya ke banyak orang. Setidaknya setengah lusin atau selusin.

Bagaimana jika tidak mau beli banyak? Kamu bisa ajak orang lain sharing saat membeli. Misalnya kamu hanya butuh 2 buah, carilah orang lain yang ingin membeli barang tersebut juga untuk sharing pembayaran. Kamu beli selusin dapat diskon, ambil 2 buah dan berikan sisanya ke orang tersebut.

Lakukan tawar menawar dengan sopan

Pembeli adalah raja, tapi bukan berarti bisa bertindak seenaknya kepada pedagang. Ingat, para pedagang menjual barang tersebut untuk bertahan hidup. Lakukan tawar menawar dengan sopan dan banyak senyum. Hindari menawar dengan nada tinggi atau bersikap tidak sopan kepada pedagang. Jika kamu bersikap sopan, pedagang pun akan sopan juga dan tidak segan untuk menurunkan harga.

Melangkah pergi

Saat sudah berusaha menawar namun harga masih belum merasa cocok, tidak ada salahnya untuk pergi meninggalkan toko tersebut. Dengan catatan kamu sopan saat meninggalkannya, katakanlah kalau kamu tidak memiliki cukup uang untuk harga tersebut atau katakan kalau kamu ingin melihat-lihat dulu.

Ingat, jangan tunjukkan kalau kamu menginginkan sekali barang tersebut. Kalau demikian, pedagang tidak akan menurunkan harganya karena yakin kamu akan kembali lagi dan membeli pada harga tersebut. Tips yang satu ini cukup ampuh jika kamu menawar barang di toko yang tidak terlalu ramai pembeli. Jika kamu melakukan tips ini di toko yang ramai, mereka tidak akan peduli karena toh ada banyak pembeli lain yang mengantri.

245

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here