Sumber: Pulau Sumatera

Lampung adalah sebuah provinsi yang berbatasan langsung dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Lokasinya mudah dicapai dari Pulau Jawa. Saat berbicara tentang Lampung, kamu akan langsung teringat dengan keripik pisang. Ya, keripik pisang aneka rasa ini adalah camilan andalan milik Lampung.

Selain keripik pisang, tahukah kamu kalau Lampung menyimpan begitu banyak tempat wisata alam yang begitu indah, asri, dan mampu melenyapkan stres? Jika belum tahu, maka inilah saatnya kamu untuk menyimak daftar tempat wisata alam di Lampung yang dapat memikat hatimu.

Teluk Kiluan

Teluk Kiluan memang berada agak jauh dari pusat kota Bandar Lampung, namun sesampainya di sana semua waktu dan energi yang terbuang akan setimpal dengan suasananya. Lautnya begitu jernih dan bersih. Kegiatan utama yang harus kamu lakukan selagi ada di sini adalah bermain bersama lumba-lumba.

Ada dua jenis lumba-lumba yang bisa kamu temui yaitu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang. Pergilah ke tengah laut menggunakan perahu nelayan untuk menemui lumba-lumba ini. Jika beruntung, kamu bisa mengelus punggung lumba-lumba tersebut!

Jika cuaca dan waktu tidak memungkinkan untuk mempertemukanmu dengan lumba-lumba, jangan kecewa karena ada berbagai kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti bermain di laguna air asin, memancing, atau bahkan menyelam ke bawah laut untuk menikmati keindahan terumbu karang.

Taman Nasional Way Kambas

Sumber: KSM Tour

Salah satu tempat wisata alam yang paling terkenal di Lampung adalah Taman Nasional Way Kambas yang merupakan taman nasional paling tua di Indonesia. Tempat ini merupakan habitat utama dari gajah Sumatera. Gajah-gajah di sini dilindungi dan telah menjalani pelatihan. Para pengunjung bisa menikmati alam sambil belajar menyayangi gajah. Mulai dari memandikan gajah hingga menunggang gajah bisa dilakukan di sini.

Selain gajah, jika memiliki izin khusus, kamu bisa memasuki wilayah Rhino Sanctuary alias tempat konservasi badak Sumatera yang langka. Ada juga lokasi untuk menikmati keindahan flora eksotis Sumatera seperti cemara laut, pidada, dan masih banyak lagi.

Pantai Dewi Mandapa

Tempat wisata alam yang memiliki suasana romantis? Pantai Dewi Mandapa jawabannya. Sejauh mata memandang, kamu akan mendapatkan pemandangan laut lepas yang menyegarkan dengan latar belakang deretan pegunungan. Di sekelilingnya ada kawasan hutan mangrove.

Selain romantis, tempat ini cocok untuk kamu yang suka berfoto karena ada banyak spot foto keren. Misalnya saja dek kapal yang ada di tepi pantai. Kemudian ada juga Dermaga Cinta yang jika dilihat dari atas bentuknya menyerupai hati.

Curup Gangsa

Air terjun ternyata cukup mudah ditemui di Lampung, misalnya saja Curup Gangsa. Berada di tengah hamparan hutan dan sawah, kamu perlu melakukan perjalanan yang cukup jauh dari pusat kota Bandar Lampung.

Pemandangannya begitu indah, udaranya pun cukup sejuk. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan lebar sekitar 20 meter. Tidak hanya satu, di sini ada beberapa anak air terjun juga. Derasnya air terjun menciptakan suasana yang begitu sejuk dan damai.

Air Terjun Ciupang

Kecantikan Air Terjun Ciupang berasal dari dinding batu yang menjadi landasan dari air terjun ini. Landasan-landasan batu ini membuat air terjun seakan-akan terdiri dari beberapa tingkat. Air tejrun yang mengalir ke bawah terlihat begitu indah. Di sekelilingnya terdapat berbagai pohon dan tanaman hijau yang membuatnya terlihat semakin asri dan sejuk.

Air Terjun Putri Malu

Sumber: Yoipe Franz

Air Terjun Putri Malu berada di tengah kawasan hutan tropis. Air terjun ini tidak lebar, namun memiliki tinggi sekitar 80 meter yang cukup membuat para pengunjung terkagum-kagum. Keunikan air terjun ini adalah airnya terjun ke bawah tidak sepenuh melalui tebing, melainkan hanya melalui tebing pada ada di bagian atas sedangkan bagian bawahnya langsung terjun bebas tanpa menempel di tebing. Jika dilihat, bentuk tebing ini bagaikan punggung manusia yang sedang mandi sehingga diberi nama Putri Malu.

Bukit BLT

Bukit BLT yang ada di kawasan Pringsewu ini wajib dikunjungi untuk menikmati alam Lampung yang mempesona. Dari pusat kota Bandar Lampung, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menempuh perjalanan. Setelah itu kamu perlu melakukan trekking singkat.

Sesampainya di Bukit BLT, kamu bisa bersantai menikmati pemandangan alam serta mengabadikan foto keren di beberapa spot yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Bukit Pangonan

Jaman sekarang, rasanya tidak asing lagi jika tempat wisata alam memiliki banyak spot foto keren karena semua orang suka berfoto-foto. Bukit Pangonan adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama pasangan tercinta. Di sini kamu bisa puas menikmati keindahan alam dan berfoto di papan titian berbentuk hati. Jika ingin kegiatan yang lebih menantang, cobalah bermain flying fox.

Baca Juga: Traveling Ke Pulau Pahawang Lampung, Kunjungi 5 Spot Snorkeling yang Keren Ini

Tidak hanya sampai di sini, masih ada banyak tempat wisata alam di Lampung yang menantimu di bagian 2 nanti!

697

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here