Sumber: Lihat.co.id

Lampung adalah sebuah provinsi yang berbatasan langsung dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Lokasinya mudah dicapai dari Pulau Jawa. Saat berbicara tentang Lampung, kamu akan langsung teringat dengan keripik pisang. Ya, keripik pisang aneka rasa ini adalah camilan andalan milik Lampung.

Selain keripik pisang, tahukah kamu kalau Lampung menyimpan begitu banyak tempat wisata alam yang begitu indah, asri, dan mampu melenyapkan stres? Jika belum tahu, maka inilah saatnya kamu untuk menyimak daftar tempat wisata alam di Lampung yang dapat memikat hatimu.

Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Sumber: Keliling Lampung

Sama seperti tempat di dataran tinggi lainnya, di Taman Batu Tanjung Bintang pun kamu bisa menyaksikan keindahan alam khususnya hutan dan kebun karet dari ketinggian. Bedanya, kamu bisa menikmati semua ini bukan dari atas gardu pandang melainkan dari atas tumpukan batu granit yang tersusun secara alami.

Jika ingin berkunjung ke sini pastikan datang pada pagi atau siang hari bersama teman-teman karena lokasinya cukup berbahaya dan masih sangat sepi.

Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu memiliki ciri khas tersendiri, yaitu hamparan bebatuan karang dengan ujung yang lancip menyerupai gigi hiu di bagian tengah laut. Menyeramkan, namun sangat indah untuk dipandang. Karena kondisi alamnya yang dipenuhi batuan tajam, pantai yang satu ini tidak cocok untuk berenang ataupun menyelam.

Pastikan untuk datang ke sini pada saat matahari terbit atau terbenam supaya bisa menyaksikan pemandangan yang begitu eksotis. Sinar matahari akan terbelah melalui hamparan bebatuan tajam tadi.

Laguna Dodo

Laguna Dodo adalah objek wisata yang tidak boleh kamu sia-siakan saat berkunjung ke Lampung. Lokasinya berada di kawasan Teluk Kiluan. Laguna Dodo ini memiliki kolam air asin dan bisa kamu gunakan untuk berenang atau pun berendam. Di sekelilingnya ada batuan karang yang membatasi kolam alami dengan laut lepas. Saat ombak menabrak pembatas alami ini, suasananya begitu mengagumkan. Di sekitar laguna ini ada banyak pepohonan besar yang juga merupakan habitat dari siamang dan kera ekor panjang.

Danau Ranau

Danau Ranau adalah salah satu danau terindah yang ada di Sumatera selain Danau Toba. Ada banyak hal yang bisa kamu nikmati selagi berada di sini. Misalnya saja menikmati pemandangan alam berupa Gunung Semirung dan Pulau Marisa yang ada di kawasan ini. Selain itu ada juga taman wisata air Danau Ranau di mana si kecil bisa bermain dan bersenang-senang.

Kamu juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau sambil bersantai dan berkunjung ke Pulau Marisa. Di sana ada kolam pemandian air panas yang bisa membuat tubuhmu merasa lebih rileks.

Baca Juga: Traveling ke Malang, Jangan Lupa Kunjungi 9 Wisata Alam Memukau Ini

Mata Air Way Sumpuk

Sumber: Sumber.com

Ingin mencicipi seperti apa rasanya melakukan berbagai kegiatan di bawah air? Jika Klaten memiliki Umbul Pongok, maka Lampung memiliki Mata Air Way Sumpuk. Kegiatan bawah air yang bisa kamu lakukan di sini bukanlah menyelam untuk menikmati terumbu karang, melainkan berkemah, menggunakan laptop, hingga bersepeda.

Cukup unik ya, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang biasanya hanya bisa dilakukan di daratan saja! Yang harus kamu siapkan saat berkunjung ke sini adalah kamera anti air, pose keren, dan tentunya paru-paru yang kuat agar bisa menahan nafas selagi berpose. Airnya sangat jernih sehingga kamu tidak perlu khawatir hasil fotonya akan gelap.

Danau Lematang

Danau Lematang sering juga disebut sebagai Danau Besi. Lokasinya hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung. Danau ini cukup unik karena berada di tengah lokasi pertambangan biji besi.

Gundukan tanah di sekitarnya berwarna cokelat dan airnya berwarna hijau. Semuanya tampak kontras dan eksotis, terlebih di saat matahari mulai terbenam dan sinarnya menjadi kemerahan. Sayangnya para pengunjung hanya bisa menikmati danau ini dari kejauhan saja dan menjadikannya sebagai latar belakang foto karena kawasan ini terlarang untuk masyarakat umum.

Kawah Keramikan Suoh

Sumber: Inikitanews

Fenomena alam vulkanik yang dimiliki Kawah Keramikan Suoh ini tidak bisa ditemukan di tempat lain. Kawah keramik ini pada dasarnya adalah hamparan lempengan batu yang mengerak. Bentuknya menyerupai kerak ketel uap panas dengan uap. Di beberapa titik, kamu bisa melihat air panas yang menyembur keluar. Untuk bisa tiba di lokasi ini, kamu perlu melewati beberapa rintangan seperti jalur trek yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan biasa dan cukup terjal.

Bukit Batu Bara Linggapura

Pemandangan yang dimiliki oleh Bukit Batu Bara Linggapura dijamin akan membuatmu takjub. Sejauh mata memandang hanya ada bukit berwarna hijau, begitu asri dan indah bagaikan berada di tengah hutan savana.

Kondisinya yang masih sangat alami membuat tempat wisata yang satu ini minim fasilitas untuk para pengunjung. Sebaiknya bawalah bekal sendiri saat berkunjung ke sini. Selain itu, sempatkan diri untuk mampir ke Batu Dampit yang berada di sebelah Bukit Batu Bara Linggapura untuk berfoto karena bentuk dan lokasinya sangat ciamik.

Yuk, segera pesan tiket pesawat untuk berlibur ke Lampung!

295

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here