Sumber: Bakso Guide

Tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang memiliki panorama indah dan udara sejuk, ternyata Bandung juga terkenal dengan berbagai jajanan yang begitu nikmat di lidah. Harganya pun murah meriah!

Kalau kamu tidak pernah menemukan makanan nikmat di Bandung yang harganya di bawah lima puluh ribu rupiah, artinya kamu kurang dalam menggali wisata kuliner di sana. Psst, kami akan beberkan rahasia berikut ini supaya kamu bisa menemukan dan mencicipinya!

Bubur Ayam Pak Otong

Sumber: My Eat and Travel Story

Warung Bubur Ayam Pak Otong adalah warung bubur pertama yang ada di Bandung. Tidak heran, warung ini sudah ada sejak tahun 1947 tidak lama setelah kemerdekaan Indonesia nih. Warung bubur yang satu ini tidak buka pada pagi hari untuk melayani sarapan, justru pada malam hari pukul 18:00 hingga 01:00. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman.

Satu porsi Bubur Ayam Pak Otong polos ini dihargai 7.000 rupiah. Jika ingin menikmati lauk tambahan seperti sate ati ampela, cakwe, sate kulit, telur puyuh, sate usus, dan sebagainya, kamu perlu mengeluarkan uang tambahan sekitar 3.000 hingga 10.000 rupiah. Tetap terjangkau,  kan?

Nasi Bistik Astana Anyar

Pada umumnya satu porsi bistik terdiri dari daging, kentang, wortel, dan buncis yang disiram dengan saus spesial. Namun jika menikmati bistik di rumah makan Nasi Bistik Astana Anyar, kamu akan menemukan sesuatu yang berbeda dan unik.

Pasalnya hidangan bistik di sini dihidangkan bersama nasi goreng. Lebih lengkapnya, satu porsi nasi bistik di sini terdiri dari nasi goreng, bistik ayam, kentang goreng, serta wortel dan buncis rebus yang kemudian disiram dengan saus spesial. Sangat nikmat dan membuatmu ketagihan.

Lokasi rumah makan Nasi Bistik Astana Anyar ini ada di Jalan Astana Anyar. Satu porsinya hanya dihargai 19.000 rupiah saja.

Cuanki Serayu

Cuanki alias cari uang jalan kaki adalah asal muasal dari warung bakso Cuanki Serayu. Sebelum berdiri di sebuah lahan, dulu pemilik warung ini menjajakan bakso dengan cara berkeliling dengan gerobak. Lokasi Cuanki Serayu ada di Jalan Bengawan dan Jalan RE Martadinata.

Satu porsi bakso spesial yang dihargai 17.000 rupiah ini terdiri atas bakso, siomai, dan tahu. Yang unik dari bakso ini adalah kuahnya bukan dari kaldu sapi melainkan kaldu ikan. Kira-kira seperti apa rasa hidangan ini ya? Langsung saja cicipi sendiri!

Seafood Kiloan Bang Bopak

Menikmati hidangan seafood bisa jadi membutuhkan banyak uang, apalagi untuk bahan makanan yang berkualitas baik. Tapi saat di Bandung, kamu bisa menikmati hidangan seafood yang enak, segar, dan murah. Hanya di Seafood Kiloan Bang Bopak yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso yang buka pada pukul 18:00 hingga 03:00.

Harga yang ditawarkan adalah 25.000 rupiah untuk setiap100 gram seafood. Beberapa seafood yang tersedia adalah cumi-cumi, ikan, udang, kerang, hingga lobster. Setelah memilih dan menimbang bahan seafood, kamu bisa memilih apakah seafood tersebut akan dimasak dengan saus padang, asam manis, dan sebagainya.

Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom

Berada di Bandung rasanya kurang sah jika tidak menikmati makanan khas Sunda. Mulai dari nasi liwet, nasi timbel, genjer, orek tempe, hingga pepes peda semua bisa kamu nikmati di Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom.

Mengusung konsep prasmanan dengan beragam menu, biasanya para tamu di rumah makan ini hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 30.000 rupiah saja. Cukup terjangkau dan mengenyangkan perut. Lokasinya berada di Jalan Trunojoyo.

Mie Merapi

Sumber: Rizky Ho

Kalau di Yogyakarta ada Gunung Merapi, di Bandung ada Mie Merapi. Warung makan yang berada di Jalan Pahlawan ini memiliki spesialisasi menu mie. Tiga jenis kuah mie yang bisa kamu pilih adalah kuah kampung, kuah kari, dan kuah merapi.

Favorit para tamu adalah mie kuah merapi. Warna kuahnya merah dan rasanya cukup pedas. Bagi kamu yang tidak suka pedas, cicipilah kuah kampung yang gurih atau kuah kari yang agak manis. Mie nikmat ini dijual 20.000 rupiah per porsi.

Batagor Ihsan

Selain mencicipi makanan khas Sunda, saat berada di Bandung kamu juga perlu mencicipi batagor. Salah satu penjual batagor yang tidak boleh dilewatkan adalah Batagor Ihsan yang ada di Jalan Bojongloa, Jalan Cikawao, atau Jalan Ibu Inggit. Penampilan dan rasanya cukup nikmat seperti batagor pada umumnya. Satu porsi Batagor Ihsan ini dihargai 8.500 rupiah saja.

Jigoku Ramen

Bagi para pecinta mie, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati Jigoku Ramen di Jalan Cikutra. Mienya dibuat sendiri dengan tangan tanpa bantuan mesin. Selain itu mie ini juga aman dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan pengawet atau pewarna.

Ada banyak pilihan ramen di sini mulai dari Jigoku Ramen Original, Jigoku Ramen Chicken Teriyaki, Jigoku Ramen Ebi Katsu, hingga Jigoku Ramen Spicy Wings. Harganya dimulai dari 19.000 rupiah per porsinya.

Baca Juga: Trik Sehat Mencicipi Street Food atau Jajanan Pinggir Jalan Ketika Traveling

Di antara kedelapan makanan di atas, apakah sudah ada yang pernah kamu cicipi?

957

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here