Sumber: Trip Advisor

Masing-masing kota di Indonesia memiliki oleh-oleh khasnya sendiri. Misalnya saja oleh-oleh keripik apel dari Malang atau kacang disko dari Bali. Hal ini juga tidak terkecuali bagi Bandung. Mulai dari batagor hingga kue-kue, semua memiliki tempat penjualan yang populer.

Keuntungan dari membeli oleh-oleh di pusat yang sudah populer adalah jaminan kualitas dan rasanya. Lalu, di mana sajakah pusat oleh-oleh Bandung tersebut? Yuk, simak dan catat namanya!

Kartika Sari

Sumber: TripAdvisor

Sejak awal buka hingga saat ini, pusat oleh-oleh Kartika Sari selalu ramai dikunjungi wisatawan. Menu andalannya adalah pisang bollen. Pisang bollen ini adalah jajanan pisang yang dibungkus dengan adonan pastry. Ada beberapa rasa yang bisa kamu pilih seperti original, cokelat, keju, kacang hijau, dan durian. Selain pisang bollen ada juga aneka brownies, banana roll, stik keju, es krim, aneka keripik, dan masih banyak lagi. Salah satu gerai Kartika Sari yang ramai pengunjung adalah gerai di dekat Stasiun Bandung.

Brownies Amanda

Dilihat dari namanya kamu sudah bisa menebak kalau menu andalannya adalah brownies. Brownies yang ada di Brownies Amanda ini adalah brownies kukus. Ada beberapa varian rasa yang bisa kamu coba seperti original, pandan, cheese cream, stroberi, blueberry, hingga kacang almond. Harga per kotaknya berkisar antara 29.000 hingga 55.000 rupiah tergantung varian rasanya. Brownies yang dibuat tanpa obat pengawet ini bisa tahan hingga 3 hari.

Rumah Sosis

Bosan dengan jajanan manis? Saatnya beralih ke jajanan gurih seperti sosis. Pusat oleh-oleh sosis ini bisa kamu temukan di Rumah Sosis. Ada berbagai macam pilihan sosis seperti Black Pepper, Beef Bockwurst, Big Bockwurst, Beef Garlic, dan Mini Bockwurst. Tidak hanya bisa dibawa pulang, jika sudah terlalu lapar kamu bisa membeli sosis matang dan langsung makan di tempat.

Jika masih ada waktu luang, sempatkan diri untuk bersantai dan menikmati beberapa permainan yang ada di Rumah Sosis. Ada kolam renang, area pemancingan, rumah pohon, trampoline, hingga fun climbing.

Batagor Riri

Jajanan yang populer di Bandung selain sosis dan brownies adalah batagor alias bakso tahu goreng. Saking populernya, kamu bisa menemukan banyak gerai penjual batagor di Kota Kembang ini. Namun di antara banyaknya gerai tersebut, ada satu yang begitu terkenal dan ramai pengunjung sejak awal buka hingga sekarang. Gerai tersebut adalah Batagor Riri yang berada di Jalan Burangrang.

Batagor di sini tersedia dalam bentuk kuah dan kering, kamu bisa pilih sesuai selera. Selain itu ada juga menu siomai. Bagi kamu yang ingin membeli batagor sebagai oleh-oleh, mintalah kepada pegawai untuk menggorengnya setengah matang dan memisahkan bumbu kacangnya. Dengan demikian, batagor akan awet hingga 3-4 hari.

Gepuk Ny. Ong

Gepuk adalah makanan dengan bahan utama daging sapi yang dipukul hingga pipih kemudian dimasak menggunakan sejumlah rempah-rempah. Hasilnya, daging sapi tadi terasa gurih dan empuk. Agar awet selama beberapa hari, pesanlah gepuk setengah matang. Ketika ingin makan, barulah kamu menggorengnya sendiri di rumah. Dimakan bersama nasi hangat, rasanya sangat nikmat. Varian gepuk yang populer adalah gepuk Chicken Original, Chicken Spicy, Beef Original, Beef Extra Spicy, Beef Salty, dan Beef Less Sugar. Gerai Gepuk Ny. Ong ini bisa kamu temukan di Jalan Pasir Kaliki, Jalan Setiabudi, Jalan Djundjunan, dan Jalan Buah Batu.

Pasar Panorama Lembang

Pasar Panorama Lembang mungkin terdengar asing di telinga kamu, namun pasar tradisional yang satu ini memiliki berbagai gerai penjual souvenir. Pasar yang dulunya bernama Pasar Lembang ini dibuka kembali pada tanggal 15 Januari 2018 karena musibah kebakaran. Jika mencari souvenir khas Bandung di sini, kamu akan mendapatkan harga yang terjangkau. Lumayan untuk berhemat, bukan?

Kawasan Cibaduyut

Sumber: Jelajah Nusantara

Oleh-oleh tidak melulu harus makanan, bukan? Pergilah ke kawasan Cibaduyut untuk membeli oleh-oleh berupa produk berbahan kulit. Mulai dari jaket, sepatu, sandal, dan tas, semua ada di sini.

Kualitasnya bisa disejajarkan dengan kualitas produk berbahan kulit yang dijual di mal. Meski demikian, harganya cukup masuk akal, malahan sangat terjangkau. Jika kamu tidak menemukan model yang disukai, tenang saja karena kamu bisa memesan produk custom sesuai dengan keinginanmu.

Kawasan Cihampelas

Setelah puas berkeliling dan belanja di Cibaduyut, berkunjunglah ke kawasan Cihampelas. Di sini kamu akan menemukan pedagang souvenir khas Bandung seperti kaos bergambar ikon kota Bandung hingga pajangan dan gantungan kunci. Semakin banyak barang yang kamu beli, akan semakin murah harganya. Selain cocok untuk belanja oleh-oleh, kawasan Cihampelas ini juga memiliki banyak pedagang makanan sehingga kamu bisa melakukan wisata kuliner juga.

Baca Juga: Tips Bebas dari Titipan Oleh-oleh Selagi Liburan

Sudah tidak bingung lagi kan ke mana harus mencari pusat oleh-oleh Bandung?

631

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here