Sumber: viamagazine.com

Salah satu aktivitas yang tak bisa dihindarkan saat traveling adalah packing. Mau traveling ke mana pun proses packing memang menjadi suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Apalagi jika Anda traveling ke tempat yang sangat jauh dengan mengajak anak atau anggota keluarga lain, maka packing akan jadi proses yang sangat panjang dan juga melelahkan. Rasanya ada saja barang yang tertinggal dan belum masuk ke dalam koper dan tas kita.

Semua-semuanya terasa sangat penting dan wajib untuk dibawa, meski terkadang tas dan koper kita sudah penuh dengan barang-barang lainnya. Tak heran kita kemudian mengalami yang namanya overpacking, sehingga justru merepotkan traveller itu sendiri. Overpacking adalah kondisi di mana kita mengemas banyak brang yang akan dibawa saat traveling.

Padahal jika dilihat lagi, barang tersebut tidak penting atau tidak digunakan selama traveling. Sebagai akibatnya, Anda akan kerepotan karena membawa tas dan koper yang berat. Belum lagi masalah biaya bagasi jika Anda traveling dengan pesawat yang akan membengkak tak terkira seiring dengan banyaknya barang bawaan Anda ini.

Overpacking biasanya terjadi karena kita tak tahu tujuan dan karakteristik dari destinasi traveling. Hal ini juga dipengaruhi oleh kecemasan traveller yang menganggap semua barang yang biasa ia pakai sehari-hari, akan digunakan ketika traveling nanti. Padahal suasana ketika traveling, tentu berbeda dengan apa yang dilakukan di rumah. Mungkin kita biasa mengeringkan rambut dengan haidryer setelah mandi, namun saat traveling kita tak harus melakukan hal tersebut.

Akan tetapi karena sudah jadi kebiasaan, maka hairdryer tetap di masukkan dalam barang-barang yang dipacking. Hal ini tentunya akan membuat Anda kerepotan sebab tas atau Anda akan berisi barang-barang yang tak berguna. Niatnya hanya traveling selama seminggu saja, namun Anda packing seperti orang yang akan berpergian selama satu bulan lamanya.

“Terus bagaimana dong? Semua barang kayanya penting deh dibawa traveling”. Mungkin begitu pembelaan orang yang terbiasa melakukan overpacking ini. Namun faktanya, aktivitas yang justru akan menghambat aktivitas traveling kita itu bisa diatasi dengan beberapa langkah mudah dan simple. Berikut ini adalah beberapa cara gampang untuk menghindari overpacking selama traveling.

Buat checklist

Sebelum packing, ada baiknya Anda membuat checklist daftar barang yang harus dibawa dan juga ditinggalkan. Untuk bisa membuat daftar yang baik, Anda perlu mengetahui keadaan dan suasana destinasi traveling Anda. Jika ingin naik gunung, maka higheels atau sepatu pentofel sebaiknya tak perlu untuk dibawa. Buatlah daftar barang yang paling mungkin akan Anda gunakan saat traveling. Sesuaikan dengan destinasi dan berapa lama Anda akan melakukan perjalanan di sana. Prioritaskan barang penting seperti sepatu, alas kaki, perlatan mandi, makanan dan obat-obatan terlebih dahulu. Baru kemudian, Anda bisa menambahkan list barang lain yang mungkin bisa bermanfaat saat dibawa traveling.

Jangan stress

Packing acapkali membuat orang merasa stress, was-was, dan khawatir. Adalah hal yang wajar jika Anda merasa stress seblum berangkat traveling. Namun sayangnya hal ini justru akan berpotensi untuk membuat Anda melakukan overpacking. Entah Anda akan melakukan traveling selama seminggu atau sebulan atau bahkan lebih, pilih dan pilahlah barang yang akan dibawa secara hati-hati.

Rencanakan barang apa yang harus dibawa atau ditinggal. Pikirkan baik-baik apakah barang tersebut bisa didapatkan di destinasi traveling atau tidak. Jika iya, mengapa harus repot memenuhi tas dan koper Anda dengan barang-barang yang bsia dibeli dengan mudah di destinasi traveling Anda? Karena itulah lebih baik Anda santai dan tak usah terlalu stress memikirkan soal packing, agar bisa memilih dengan baik apa saja yang harus dibawa dan ditiggalkan di rumah saja.

Jangan berlebihan membawa baju dan alas kaki

Sumber: tipsfromthedisneydiva.com

Baju dan alas kaki merupakan elemen penting yang tak mungkin ditinggal selama Anda traveling. Apalagi bagi kaum perempuan, baju-baju dan alas kaki yang mereka packing mungkin lebih banyak dibandingkan kaum prianya. Padahal salah satu cara untuk menghindari overpacking adalah dengan tidak membawa baju atau alas kaki secara berlebihan. Pertimbangkan untuk membawa sneakers dan sandal jika Anda akan berpetualang menjelajah kota Seoul dan sekitarnya.

Satu atau dua pasang sepatu dirasa sudah cukup untuk dimasukkan ke koper sebelum Anda berangkat traveling. Tinggalkan mantel, jaket dan baju tebal di rumah jika Anda akan traveling ke tempat dengan cuaca yang panas atau negara tropis di berbagai belahan dunia. Untuk perempuan hindari membawa sepatu atau sandal dengan sol tebal karena selain akan makan tempat, keduanya juga akan menambah berat barang bawaan Anda. Selain itu gaun-gaun yang terlalu besar dan berlebihan sebaiknya tidak perlu untuk dibawa, kecuali jika memang Anda membutuhkannya untuk menghadiri suatu pertemuan atau event penting tertentu.

Pilih koper atau tas yang tepat

Banyak traveller yang beranggapan bahwa satu koper yang sangat besar saja, sudah cukup untuk dibawa traveling. Namun tahukah Anda bahwa memasukkan semua barang-barang ke dalam satu koper yang sangat besar, akan membuat Anda membayar biaya bagasi yang mahal jika Anda menggunakan pesawat? Bukanya malah ringkas, namun malah merepotkan traveller itu sendiri. Ada baiknya untuk membawa dua koper berukuran sedang untuk membawa barang-barang Anda selama traveling ini.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membawa ransel dan juga tas jinjing yang justru lebih baik daripada menjejalkan barang bawaan Anda dalam satu koper berukuran besar yang sangat merepotkan. Perhatikan ukuran koper saat packing itu penting untuk dilakukan. Sebab jika Anda berlebihan memasukkan barang-barang ke dalamnya, dikhawatirkan koper tidak akan tertutup secara sempurna. Jika sudah begini, maka makin mudah untuk oknum tak bertanggung jawab yang akan mengusili barang-barang bawaan Anda itu.

Daripada dilipat, pertimbangkan untuk menggulung baju Anda

Jika Anda tak akan melakukan perjalanan bisnis atau urusan pekerjaan, pertimbangkan untuk menggulung saja pakaian yang akan dibawa traveling ini. Posisi pakaian yang digulung, justru akan memberi space yang lebih banyak di koper atau tas Anda. Bahkan jika teknik menggulung yang Anda gunakan benar, maka baju tidak akan kusut dan juga terjaga kerapiannya. Meskipun begitu baik melipat atau menggulung pakaian yang akan dimasukkan ke dalam tas atau koper saat traveling, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan saja dengan tujuan traveling dan kenyamanan Anda sendiri tentunya.

Bawa make up secukupnya

Yang namanya perempuan memang akan sulit untuk lepas dari make up dan akseroris kecantikan lainnya. Namun untuk mengatasi overpacking, ada baiknya Anda untuk membawa make up yang tak terlalu berlebihan. Sun block, bedak, alas bedak, lotion, lip balm dan lipstik, atau parfum; boleh dibawa asalkan ukuranya tidak terlalu besar dan juga berat.

Untuk aksesoris, pilihlah yang akan digunakan di destinasi traveling seperti kaca mata, topi lebar, dan scarf yang bisa dipakai ketika sampai di tempat tujuan. Selain itu barang seperti hairdryer dan catokan lebih baik untuk ditinggal saja di rumah. Selain akan membuat tas dan koper penuh sesak, beberapa hotel sudah memfasilitasi tiap kamar dengan dua benda tersebut. Namun jika Anda menginap di hotel yang murah, menggunakan kipas angin dan handuk sama baiknya dengan mengeringkan rambut dengan menggunakan haidryer ini.

Pilih pakaian dengan warna netral

Bagi traveller, ada baiknya untuk mempertimbangkan membawa pakaian dengan warna-warna netral yang bisa dipadu padankan satu dengan lainya. Warna-warna netral seperti putih, hitam atau coklat bisa diapllikasikan untuk celana atau jeans Anda. Selain bsia dipadupadankan, Anda juga tak perlu repot untuk membawa banyak pakaian yang memenuhi tas serta koper Anda.

Selain itu banyak tempat di Indonesia atau belahan dunia ini yang memiliki pasar murah, sehingga traveler bisa membeli kaus atau baju ganti dengan harga murah meriah. Saat pulang traveling, baju tersebut bisa disumbangkan untuk orang yang membutuhkan jika Anda merasa tak memerlukanya lagi. Jadi ketika pulang traveling pun, tas dan koper Anda tak akan penuh sesak dengan baju-baju yang tak digunakan itu lagi.

Bawa lebih banyak baju daripada celana

Perlu diingat bahwa saat traveling, lebih baik Anda membawa lebih banyak atasan dibandingkan bawahan. Pikirkan untuk membawa celana jeans yang tidak mudah kotor dan tetap stylish untuk dipakai di mana saja dan dalam kesempatan apa saja. 3-4 potong celana sudah cukup dibawa untuk traveling.

Orang akan lebih fokus memperhatikan baju atau atasan yang Anda pakai, dibandingkan dengan bawahan. Karena itulah lebih baik membawa banyak baju ketimbang celana daripada harus mempersiapkan per-stelnya yang akan membuat tas Anda terasa penuh dan overpacking pun akhirnya terjadi.

Pertimbangkan untuk mencuci dan laundry pakaian

Pakaian memang menjadi barang yang akan memenuhi tas atau koper Anda. Banyak orang yang berlebihan membwa pakaian saat traveling, karena khawatir tak ada baju ganti yang bersih ketika sudah sampai di tempat tujuan. Alih-alih membawa banyak baju yang memenuhi koper dan tas, mengapa tidak mempertimbangkan untuk mencuci saja baju-baju yang dibawa itu?

Maksudnya, Anda bisa membawa beberapa potong saja baju saat traveling. Ketika sampai di tempat tujuan, Anda bisa mencuci baju tersebut sehingga persedian pakaian bersih selalu ada. Tak mau ribet? Laundry saja baju-baju kotor yang Anda pakai traveling. Dengan cara ini, persediaan pakaian bersih selalu ada sehingga Anda tak perlu untuk membawa banyak baju untuk ganti.

Batasi membawa peralatan mandi

Sumber: dhgate.com

Banyak orang yang membawa peralatan mandi sekaligus saat traveling. Segala shampoo, sabun, pasta gigi, obat kumur, detergen dan lain sebagainya dimasukkan semuanya ke dalam koper tanpa dipilih dan dipilah terlebih dahulu. Ada baiknya untuk mengatasi overpacking, Anda membatasi perlengkapan mandi yang akan dibawa. Apalagi jika peralatan mandi tersebut dijual dan bisa dibeli dengan mudah di destinasi tujuan traveling Anda.

Untuk handuk sebaiknya bawa saja yang berukuran kecil atau sedang dan tinggalkan yang tebal serta berat di rumah. Bawalah shampoo sachet daripada yang botolan. Untuk sabun mandi, lebih baik membawa soap bar atau sabun batang yang lebih awet dan juga bisa dengan mudah diselipkan di dalam koper Anda. Untuk sikat gigi, Anda bisa mempertimbangkan untuk membelinya saja di tempat tujuan atau bisa membawanya sendiri dari rumah untuk dibawa traveling.

280

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here