Sumber: travelwireasia.com

Banyak tempat seru dan unik yang bisa dikunjungi saat Anda traveling ke pulau Sumatera. Setiap provinsi di Sumatera, menyimpan keunikan dan keindahan yang memperkaya khazanah keanekaragaman bangsa ini. Salah satunya yang wajib menjadi destinasi traveling Anda ketika ke pulau Sumatera adalah provinsi Sumatera Utara. Provinsi yang terkenal dengan suku Bataknya ini tak hanya unik dengan keragama budaya, adat istiadat dan keindahan alamanya. Namun ada satu tempat yang ketenaranya bahkan telah terdengar hingga ke berbagai penjuru dunia. Apalagi kalau bukan Danau Toba, sebuah danau tekto-vulkanik raksasa yang keindahan serta bentang alamnya berhasil memancing wisatawan dari seluruh penjuru dunia untuk datang dan melihat pesona dari danau yang cantik ini. Pesona Danau Toba pula yang membuat banyak tarveller menjadikan tempat ini sebagai destinasi perjalanan mereka. Tak lengkap rasanya jika traveling ke Sumatera Utara, namun tak menyempatkan diri untuk mengunjungi dan mengeksplore keindahan Danau Toba ini.

Sebagai danau tekto vulkanik, Danau Toba konon terbentuk karena letusan maha dahsyat supervolcano (gunung berapi super)  yang terjadi sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu. Letusan ini menciptakan sebuah kaldera danau air tawar alami yang kini lebih dikenal dengan nama Danau Toba itu. Dengan ukuran luas mencapai 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, Danau Toba disebut sebagai danau air tawar terbesar di dunia. Danau Toba memiliki bentang alam yang indah dan juga unik, apalagi dengan keberadaan Pulau Samosir berada di tengahnya. Selain pemandangan alam yang indah, keanekaragaman hayati di Danau Toba ini menambah kaya pesona dari danau kebanggaan rakyat Sumatera Utara ini.

Mungkin selama ini Anda berpikir keindahan alam hanya terpusat di Danau Tobanya saja. Memang tak dapat dipungkiri, Danau Toba sangatlah indah dan membuat orang tak pernah jemu untuk datang kesana. Namun tempat-tempat sekitar Danau Toba pun menyimpan keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Ada banyak spot menarik dan cantik yang wajin untuk dikunjungi jika Anda traveling ke danau Toba. Tempat-tempat tersebut masih ada di sekitar lingkungan danau dan tak jarang lokasinya berdekatan satu dengan lainnya. Di mana sajakah tempat-tempat tersebut? Ini dia ulasannya untuk Anda.

Pulau Samosir

Mengunjungi Danau Toba artinya Anda wajib menyebrang ke Pulau Samosirnya. Pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba ini tak hanya dikenal memiliki pemandangan alam yang unik karena posisinya yang tepat berada di tengah danau. Namun juga masyarakatnya yang dikenal ramah pada traveler atau wisatawan yang datang berkunjung. Saat berkunjung ke pulau Samosir, Anda akan diajak untuk megeskplorasi pulau yang masih asri, hijau dan seolah belum terjamah oleh tangan-tangan manusia. Tak hanya itu, penduduk lokal juga kerap mengadakan acara adat yang sayang sekali untuk Anda lewatkan. Tak hanya itu di Pulau Samosir Anda juga akan menemukan danau yang ada di tengah-tengah danau toba. Di Samosir, ada dua danau terkenal yang juga kerap jadi tujuan mereka yang traveling ke tempat ini. Kedua danau tersebut adalah Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Keunikan inilah yang membuat wisatawan merasa penasaran dan ingin sekali mengunjungi Pulau Samosir ini.

Parapat

Sumber: tantular.com

Disebut sebagai salah satu gerbang untuk menuju Danau Toba, Parapat sempat jadi destinasi travelling favorit wisatawan dari berbagai belahan dunia. Meskipun sempat terpuruk karena krisis moneter pada tahun 1997 yang silam, Parapat terus bangkit dan berjuang untuk menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Apalagi Parapat memang punya potensi dan keindahan yang tak kalah dengan semua tempat-tempat lain di sekitaran Danau Toba ini. Tempat yang masih asri, hijau, dan rimbun berbatasan langsung dengan tepian Dnau Toba yang airnya tenang tersebut. Dari pinggir jalan sekitar Parapat ini Anda bisa menikamti pesona memukau dari Danau Toba, sembari menikmati segelas kopi panas dan pisang goreng hangat. Menuju ke bagian kotanya, Anda akan melihat segerombolan monyet liar yang cukup bersahabat dengan pendatang yang datang berkunjung. Jangan lupa membawa makanan ringan, pisang atau kacang untuk dibagikan pada monyet-monyet lucu ini.

Bakara

Traveling ke sekitar Danau Toba, sempatkan diri untuk mampir ke Bakara yang masuk dalam wilayah kabupaten Humbang Hasundutan, tepatnya di kawasan Bukitraja, Sumatera Utara. Bakara tak boleh untuk dilewatkan karena tempat ini memiliki bentang alam super indah yang pastinya akan membuat siapa saja yang melihatnya merasa terpesona. Betang alam yang asri terdiri dari hutan, pegunungan, bukit dan persawahan seolah diukir sendiri oleh Tuhan di Bakara ini. Anda bisa menjelajah atau naik ke bukit-bukit yang ada di Bakara ini untuk menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian. Bagi Anda yang hobi memancing, ada wisata pemancingan di Bakara yang akan menantang keahlian Anda dalam menaklukan ikan-ikan air tawar yang ada disana. Jika beruntung dan Anda cukup ahli, ikan emas dan mujair berukuran besar bisa jadi oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Pantai Lumban Silintong Balige

Jangan salah meskipun namanya adalah pantai, namun Pantai Lumban Silintong Balige ini tak ada di pinggir laut loh. Karena saking luasnya Danau Toba ini, banyak daerah-daerah yang menyerupai pantai di sekitar danau yang cantik ini. Salah satunya yang cukup terkenal dan menyimpan pemandangan cukup indah adalah Pantai Lumban Silintong Balige ini. Untuk mencapai Pantai Lumban Silintong Balige, Ada bisa melakukan traveling dari Medan menggunakan transportasi darat dengan waktu tempuh skeitar 6 jam. Namun untuk lebih cepat sampai, Anda bisa terbang dari Kuala Namu Medan kemudian mendarat di Siborong – Borong kabupaten Taput yang hanya membutuhkan waktu tempuh selama setengah jam saja. Begitu sampai di Pantai Lumban Silintong Balige, Anda akan dibuat takjub dengan keindahan tempat ini. Pantai Lumban Silintong Balige benar-benar seperti pantai, hanya saja bedanya air yang ada di sini rasanya tawar. Anda bisa bermain di tepi pantai atau duduk-duduk di bawah gazebo, sambil menikmati ikan bakar lezat dan masih segar yang diambil langsung dari Danau Toba ini.

Pulau Sibandang

Selain Samosir, ada satu lagi pulau cantik di kawasan Danau Toba yang wajib untuk Anda kunjungi. Adalah Pulau Sibandang yang terletak di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Karena keindahannya, Pulau Sibandang ini dijuluki sebagai salah satu harta karun yang tersimpan di sekitar kawasan Danau Toba ini. Untuk mencapai Pulau Sibandang ini, Anda bisa menggunakan perahu atau kapal motor. Pulau Sibandang sendiri hanya dihuni oleh 1 000 keluarga yang mendiami pulau cantik ini.

Betang alam perpaduan antara persawahan dan pegunungan membuat Pulau Sibandang ini terasa asri dan juga memanjakan mata yang melihatnya. Pulau Sibandang ini juga dikenal sebagai Pulau Mangga, karena ada banyak sekali pohon mangga yang tumbuh subur di pulau ini. Saat musim mangga tiba, Anda akan melihat buah-buahan yang berwarna kuning cantik muncul dari rimbunan dedaunan. Mangga di pulau Sibandang ini dikenal dengan cita rasanya yang manis segar. Jika Anda datang di waktu musim mangga, maka Anda bisa mencicipi segarnya buah ini sepuasnya di Pulau Sibandang ini.

Desa Tongging

Ingin menikmati keindahan Danau Toba dengan sensasi yang berbeda dan tak biasa? Datang saja ke Desa Tongging yang terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Desa Tongging kerap disebut sebagai spot terbaik untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan Danau Toba. Mengapa begitu? Pasalnya dari Desa Tongging ini Anda akan diajak menikmati indahnya Danau Toba dari posisi ketinggian.

Terletak di bagian utara Danau Toba, Anda akan diajak untuk melewati jalan mendaki yang berkelok dengan hamparan Danau Toba sebagai latar belakangnya. Begitu sampai di puncak, Anda akan dibuat terpesona dengan keindahan Danau Toba yang terbentang luas dari atas bukit di Desa Tongging ini. Traveller wajib untuk mengambil foto saat menikmati indahnya Danau Toba dari Desa Tongging ini. Desa ini sendiri selalu ramai saat liburan dan akhir pekan karena banyaknya pengunjung yang penasaran ingin melihat eksotisme Danau Toba dari ketinggian.

Pusuk Buhit

Sumber: medanwisata.com

Traveling ke Danau Toba atau lebih tepatnya di Pulau Samosir, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Pusuk Buhit ini. Seperti namanya, di Pusuk Buhit ini kita akan menikmati pesona dan keindahan Danau Toba dari ketinggian di tengah-tengah Pulau Samosir ini. Dengan ketinggian 1500 meter dari permukaan laut, hamparan danau Toba yang indah membentang luas dan kita bisa menikmatinya dari puncak Pusuk Buhit ini. Wisatawan bisa datang ke Pusuk Buhit untuk menikmati indahnya Danau Toba dari ketinggian.

Namun sangat disarankan untuk menjaga sopan santun di Pusuk Buhit ini. Pasalnya tempat ini masih dianggap sakral dan keramat oleh penduduk sekitar. Menurut legnda, Pusuk Buhit inilah tempat lahirnya raja-raja Batak kuno yang mulai itu. Meskipun Anda bebas mendaki Pusuk Buhit ini, namun jagalah norma kesopanan dan kesusilaan mengingat tempat ini dianggap suci oleh suku Batak.

Pangururan, Samosir

Satu lagi tempat di Samosir yang tak boleh untuk dilewatkan wisatawan dan traveller yang berkunjung. Pangururan, kecamatan yang terletak di Pulau Samosir, Kabupaten samosir, Provinsi Sumatera Utara ini; menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan tak kalah dengan tempat-tempat lain di sekitaran Danau Toba. Di Panguruan ini Anda bisa menikmati wisata air seperti berenang dengan keluarga atau teman yang datang berkunjung. Disini pula akomodasinya terbilang lebih lengkap dibandingkan tempat-tempat lain di sekitaran Danau Toba. Uniknya di Paguruan pula terdapat pemandian air panas, sehingga Anda juga bisa datang ke tempat ini sambil menikmati sensasi berendam di kolam air panas.

Tuktuk

Selain Parapat, Tuktuk disebut sebagai salah satu lokasi yang sangat dekat dengan Danau Toba. Begitu sampai di Tuktuk, mata Anda akan disambut dengan keindahan Danau Toba yang membentang luas di depan mata. Tuktuk juga dikenal sebagai tempat yang masih terjaga sekali adat dan istiadatnya. Selain menikmati keragaman budaya dan keindahan alamnya, Anda juga bisa membeli aneka souvenir khas danau Toba yang bisa dibeli di Tuktuk ini.

1303

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here