Sumber: travel.kompas.com

Apa yang Ada dalam fikiranmu saat mendengar kata Afrika? Bayangan sebuah benua yang panas dengan padang pasir yang tandus, negara yang miskin dengan rakyatnya yang hidup serba kekurangan, atau hutan belantara dimana orang bisa diterkam singa sewaktu-waktu bisa saja melintas di fikiran banyak orang saat menyebut nama Afrika. Padahal benua dengan luas 30.37 juta kilometer persegi ini, menyimpan keunikan dan pemandangan alam super indah yang pastinya tidak akan kamu temui di tempat lain di dunia ini. Salah satu negara di benua Afrika, yang kini jadi tujuan para traveller dari seluruh penjuru dunia adalah Afrika Selatan. Ya negara ini kini moncer namanya menjadi salah satu tempat di Afrika yang wajin dikunjungi oleh para traveler yang menjelajah Benua Hitam ini.

Afrika Selatan memang jauh dari stigma negara-negara lain di kawasan benua Afrika. Negara dengan nama internasional Republic of South Africa (RSA) ini, bahkan bisa dibilang sebagai negara kaya dengan sumber daya alam yang berlimpah. Afrika Selatan diketahui memiliki kekayaan alam yang berlimpah ruah, salah satunya negara ini diketahui memiliki banyak potensi tambang emas, berlian dan juga platinum. Tak heran jika negara yang dipimpin oleh Jacob Zuma ini, masuk dalam daftar negara dengan masyarakat menengah ke atas oleh Bank Dunia. Bahkan negara dengan ibukota Johannesburg ini masuk dalam jajaran 7 negara di Afrika, dengan pendapatan perkapita yang sangat tinggi. Tak heran jika dibandingkan dengan beberapa negara lain di benua Afrika, Afrika Selatan lebih aman dan juga terbilang ramah untuk para traveler dan wisatawan.

Wisata alam memang menjadi salah satu hal yang sedang digenjot oleh negara ini. Apalagi Afrika Selatan memang dianugerahi Tuhan bentang alam yang membuat siapa saja terpesona. Tak hanya itu, ragam masyarakat dan budayanya membuat negara ini semakin menarik untuk jadi destinasi traveling banyak orang. Berkunjung ke Afrika Selatan, kamu tak hanya akan diajak berpetualang ke alamnya yang masih asri. Tapi ada banyak hal seru yang cuma bisa kamu temui di negara berjuluk Rainbow Nation ini.

Wisata safari yang tak boleh dilewatkan

Sumber: akurat.com

Bisa dibilang wisata safari menjadi hal yang paling dicari wisatawan saat berkunjung ke Afrika Selatan. Meskipun terbilang sebagai negara maju, Afrika Selatan juga masih dikelilingi hutan dan belantara yang menyimpan keanekaragaman hayati yang tak mungkin kita temui di tempat lain. Aneka hewan liar seperti singa, cheetah, zebra, jerapah dan masih banyak hewan langka lain yang dibiarkan hidup liar di beberapa taman nasional di Afrika Selatan.

Salah satu yang wajib kamu datangi adalah Phinda Private Game Reserve yang berlokasi di provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan. Di area dengan luas 56 ribu hektar ini, kamu akan diajak berkeliling naik Range Rover untuk melihat singa yang masih bebas berkeliaran di habitat aslinya. Selain singa, kamu juga punya kesempatan untuk melihat kawanan gajah Afrika, cheetah yang tengah berburu mangsanya, zebra yang asyik berlarian kesana kemari dan masih banyak lagi hewan liar yang bisa kamu lihat langsung disini.

Uji adrenalin kamu dengan bungee jumping dan rope swing

Jika melihat singa di habitat aslinya kurang menantang buat kamu, maka dua atraksi penguji adreanlin ini wajib untuk kamu cobain. Pertama kamu bisa mencoba atraski rope swing atau tali ayunan yang ada di The Moses Mabhida Stadium, di Durban, Afrika Selatan. Disana ada atraksi penantang maut yang akan membuat para pencinta adrenalin ketagihan. Namanya adalah The Big Rush Big Swing yang disebut sebagai ayunan atau tali gantung tertinggi di dunia saat ini. Kamu akan berayun pada ketinggin lebih dari 80 meter, dan merasakan seolah nayawamu hanya tergantung pada tali pengaman yang mengikatmu saat ini. Meskipun terbilang ekstrim, namun rope swing di Moses Mabhida Stadium memiliki lisensi aman yang sudah teruji, sehingga keamanan penggunanya terjamin.

Masih belum cukup menantang? Kali ini cobalah atraksi bungee jumping yang tak kalah memacu adrenlin dibandingkan rope swing di Moses Mabhida Stadium itu. Melipir ke daerah Western Cape, Afrika Selatan; ada atraksi bungee jumping yang disebut sebagai salah satu tertinggi di dunia. Bungee jumping ini terdapat sebuah jembatan bernama Bloukrans Bridge yang melintasi salah satu sungai terbesar di Afrika Selatan yang bernanam Bloukrans. Saat mencoba bungee jumping ini, kamu akan merasakan sensasi melompat dari ketinggian 709 kaki atau sekitar 200 meter dari atas Bloukrans Bridge ini. Wow! Seru dan menyenangkan bukan? Tapi atraksi seru dan memacu adrenalin di Afrika Selatan ternyata tak hanya berhenti disini saja loh. Masih ada lagi beberapa atraksi seru lain yang sayang untuk kamu lewatkan

Berenang bersama hiu putih raksasa

Ketika bungee jumping dan rope swing dirasa kurang menyeramkan, bagaimana jika berenang bersama dengan hiu putih di habitat asli mereka? Ya para traveler yang berkunjung ke Afrika Selatan, jangan lupa mampir ke kawasan Gansbaai, yang tidak terlalu jauh dari kota Cape Town. Di sana ada satu lagi atraksi penantang adrenalin, dimana wisatawan akan diajak untuk berenang bareng hiu putih raksasa di Great White Shark Tours: Shark Cage Diving. Ditempat ini, wisatawan akan berada dalam kerangkeng super kuat, dan mereka akan masuk ke dalam laut dimana hiu putih raksasa berenang dengan bebas di sana. Kamu akan melihat bagaimana hewan ganas dari lautan dengan panjang mencapai 7 meter dan berat hingga 3000 kilogram itu, berenang di sekitar kamu dengan memamerkan gigi-gigi super tajam mereka. Seram, takjub, sekaligus kagum akan menjadi satu saat pembatas antara kamu dan hiu putih raksasa ini hanya sebuah kerangkeng saja.

Mendaki gunung di Table Mountain

Sumber: enca.com

Mendaki gunung memang bisa dilakukan di mana saja. Salah satunya, bisa dilakukan saat kamu mengunjungi Table Mountain atau Gunung Meja, yang berlokasi di Cape Town, Afrika Selatan ini. Table Mountain adalah salah satu gunung paling menantang untuk didaki oleh para traveler yang datang ke negara ini. Dengan tinggi mencapai 1.085 meter, Table Mountain memiliki kontur yang sedikit unik dibandingkan gunung-gunung lain di Afrika Selatan. Gunung ini memiliki puncak yang datar dan tidak kerucut sebagaimana gunung-gunung lain pada umumnya. Selain itu, Table Mountai sendiri adalah gunung dengan dominasi batuan yang pastinya memberikan tantangan tersendiri untuk para pendakinya.

akan melalui sekitar 3500 anak tangga, untuk mencapai puncak Table Mountain ini. Capek, tentu saja. Tapi ketika sampai di puncak, kamu akan melihat seluruh penjuru kota Cape Town dari ketinggian. Selain itu awan putih di sekitar puncak gunung, akan memberikan sensasi seolah kamu sedang berada di negeri khayalan. Sebenarnya, ada kendaraan khusus yang dirancang untuk bisa sampai Table Mountain ini. Namun untuk merasakan sensasi yang lebih seru, hiking atau berjalan kaki sangat dianjurkan untuk dicoba.

Surga untuk para pengendara ombak lautan

Bagi mereka yang traveling ke Afrika Selatan untuk berburu ombak, kamu tidak akan kecewa sudah datang jauh-jauh ke negara ini. Lokasi surfing pun tak jauh-jauh dari pusat kota Cape Town, yakni di sekitaran Durbin saja. Disana ada dua tempat yang bisa kamu tuju untuk melakukan surfing ini yakni Muizenberg dan Jeffreys Bay.

Ombak dikedua tempat itu dikenal kuat, cepat namun cenderung stabil. Ombak seperti inilah yang membuat surfing menajdi hal yang sangat menyenangkan di tempat ini. Meskipun air laut di kedua tempat ini cenderung lebih dingin, namun tak menghalangi minat surfer seluruh dunia untuk menikmati keganasan ombak di kedua pantai ini.

Asyiknya berkeliling dengan balon udara

Traveling ke Afrika Selatan, berarti kamu harus siap dengan berbagai pilihan atraksi unik dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah mengendari balon udara, untuk menikmati keindahan negara ini dari ketinggian. Untuk kamu yang ingin menikmati sensasi balon udara, datang saja ke Magalies River Valley Scenic Balloon Safari yang berlokasi di barat daya ibu kota Johannesburg. Dengan menempuh perjalanan selama lebih kurang satu jam dari Johannesburg, kamu akan sampai di lembah sungai Magalies ini. Begitu sampai disana, kamu akan dibuat takjub dengan langit yang dihiasai oleh warna-warni balon udara yang terbang di udara. Ketika kamu naik dan mengudara, kamu akan merasakan sensasi melihat keindahan perkotaan dan bentang alam di Afrika Selatan. Selain itu, ketika mengudara kamu akan menyadari betap sunyinya lingkungan sekitar. Tidak ada suara apa-apa selain deru angin dan cuitan burung liar, yang membuat wisata balon udara mu makin menyenangkan.

Melihat habitat buaya Afrika dan kuda nil dari dekat, berani coba?

Untuk kamu yang masih penasaran dengan keindahan alam di Afrika Selatan, maka salah saru tempat yang wajib untuk kamu kunjungi adalah sungai besar St Lucia ini. Terletak di Umkhanyakude , distrik Municipality, provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan, St Lucia menajdi salah satu tujuan wisatawan yang ingin melihat dari dekat kehidupan Kuda Nil dan buaya Afrika. Di sana kamu akan menemukan taman nasional The iSimangaliso Wetland Park, yang dijadikan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada Desember 1999 yang lalu. The iSimangaliso Wetland Park didominasi oleh rawa-rawa yang luas yang jadi habitat bagi kuda nil dan juga buaya-buaya Afrika. Yang menarik, kamu bisa melihat kedua hewan ini langsung dari habitat mereka. Dengan mengendarai kayak, kamu bisa melihat secara lngsung bagaimana besarnya hewan yang disebut sebagai kuda nil itu.

Perasaan tegang juga akan kamu rasakan, saat melihat beberapa buaya yang menganga di muara sungai. Tak hanya itu kabaranya The iSimangaliso Wetland Park ini juga dihuni oleh Hiu banteng atau  dikenal juga dengan nama Hiu Zambezi, yang merupakan salah satu spesies hiu yang bisa hidup di air tawar. Meskipun begitu, yang harus kamu takuti sebenarnya adalah kuda nil karena satwa yang satu ini, disebut sebagai hewan paling ganas di Afrika dan telah membunuh lebih banyak manusia dibandingkan singa sebagai Raja Hutan.  Meskipun begitu kamu tak perlu khawatir, karena setiap aktivitas mengendari kayak di The iSimangaliso Wetland Park ini akan didampingi oleh pemandu berpengalaman.

803

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here