Sumber: andysaiden.com

Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia” penggalan lirik lagu ini pasti sangat akrab di telinga kita. Lagu yang diciptakan oleh R. Suharjo ini memang terinspirirasi dari luasnya bentangan pulau-pulau di Indonesia, mulai dari Sabang sebagai ujung Sumatera sana hingga Merauke di Timur sana.

Namun apakah Anda pernah membayangkan seperti apa sih Sabang itu? Bagaimana rasanya berada tempat paling ujung sebelah barat di negara Indonesia ini? Jika berbagai pertanyaan tersebut berkecamuk di benak Anda, mengapa tak mencoba untuk merencanakan traveling ke Pulau Sabang? Meskipun mungkin lokasinya cukup jauh bagi Anda yang tinggal di luar pulau Sumatera, namun semua itu akan terbayar lunas dengan keindahan dan pesona alam memukau yang ada di titik paling ujung negara kita tercinta ini.

Sabang sendiri merupakan sebuah kota yang masih masuk dalam wilayah provinsi Aceh, meskipun untuk menuju kota ini kita harus menyebrang sedikit dari Serambi Makah itu. Kota Sabang terbilang unik karena terbagi menjadi 5 kepulauan yakni Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Seulako, dan Pulau Weh. Dengan luas mencapai 121 Km persegi, Pulau Weh menjadi yang terluas di kota Sabang sekaligus sebagai yang teramai dengan 24.700 penduduk di pulau ini (sensus tahun 1993). Pulau Weh juga sering jadi tujuang traveling para wisatawan yang datang ke Kota Sabang ini. Meskipun begitu  kota yang dikelilingi oleh Selat Malaka di bagian Utara, di sebelah selatan dengan  Samudera Hindia,  Selat Malaka di bagian timurnya dan juga Samudera Hindia di sebelah barat ini; menyimpan banyak sekali pesona alam yang tak akan membuat Anda menyesal telah jauh-jauh datang ke pulau ini.

Menjelajah Pulau Weh saat datang ke Sabang memang menjadi agenda wajib wisatawan yang traveling ke kota ini. Selain karena pulau terbesar di gugusan kepualauan kota Sabang, tempat ini juga memiliki banyak atraksi wisata yang akan membuat Anda terpesona. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 10 destinasi wajib yang harus dikunjungi di Pulau Weh, kota Sabang ini.

Berkunjung ke Pantai Iboih

Layaknya pulau-pulau lain di Indonesia, Pulau Weh juga punya banyak pantai-pantai indah yang patut untuk Anda datangi. Salah satunya yang tak boleh untuk dilewati adalah Pantai Iboih ini. Pantai yang bersih dan asri dengan pasir putihnya, membuat tempat ini selalu jadi favorit wisatawan yang datang berkunjung. Air pantai yang berwarna kebiruan, berbaur sempurna dengan hijaunya pepohonan sekitar yang akan menciptakan sensasi alami memanjakan mata kita. Sarana dan prasaran di Pantai Iboih ini terbilang lengkap loh. Ada rental mobil, penginapan, restoran, dan penginapan kelas melati hingga  yang mewah ada di sekitar pantai Iboih ini. Oh ya jika traveling ke tempat ini, jangan lupa untuk berkunjung ke Rubiah Dive Center dimana Anda bisa ikut menyelam bersama pemandu berpengalaman.

Berkunjung ke Tugu Nol Kilometer

Sumber: menatapdesa.blogspot.com

Yang membuat kota Sabang unik dan berbeda dengan tempat-tempat lainnya, adalah karena letaknya yang ada di titik paling ujung negara Indonesia ini. Karena itulah dibangun sebuah monumen yang dikenal dengan nama Tugu Nol Kilometer. Sebuah tugu yang kokoh dan gagah, dibangun untuk menandai titik nol kilometer Indonesia di Kota Sabang ini. Pengunjung biasanya tak akan melewatkan kesempatan untuk mengambil foto sebagai bukti mereka telah menapakkan kaki di bagian paling ujung Indonesia. Uniknya ketika kita sudah sampia ke Tugu Nol Kilometer ini, kita akan mendapat selembar sertifikat yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata Sabang, dan menjadi bukti bahwa Anda telah mengunjungi titik nol kilometer atau bagian paling ujung di Indonesia. Selain itu, pemandangan di sekitar Tugu Nol Kilometer ini tak kalah dengan tempat-tempat lain di kota Sabang loh. Apalagi jika Anda datang saat senja hari, maka pesona sunset akan membuat tempat ini semakin indah dan juga romantis.

Menikmati pesona Pulau Klah di Kejauhan

Sebagaimana telah disebutkan di atas selaian Pulau Weh, Sabang juga punya 4 pulau lain yang menjadi bagian dari kota ini. Saat berada di Pulau Weh, Anda tetap bisa melihat kok pulau-pulau lain yang jadi bagian Kota Sabang. Salah satunya terlihat jelas dari Pulau Weh ini. Dari Pulau Weh ini, Anda bisa dengan mudah melihat pesona keindahan Pulau Klah yang ada di dekatnya. Spot untuk melihat Pulau Klah ini tak begitu jauh kok dari Pantai Iboih. Sebelum sampai di pantai Iboih, Anda akan menjumpai sebuah warung yang cukup terkenal di daerah itu. Warung ini menyediakan spot yang strategis bagi wisatawan, untuk melihat keindahan Pulau Klah dari kejauhan.

Berkunjung ke Pantai Kasih

Pulau Weh menyimpan beberapa pesona pantai yang pastinya tak layak untuk Anda lewatkan. Traveling ke tempat ini, sempatkanlah untuk mengunjungi Pantai Kasih yang memiliki pesona keindahan tak jauh berbeda dengan Pantai Iboih tersebut di atas. Namun sedikit berbeda dengan Pantai Iboih, Pantai Kasih tidak punya pantai yang begitu luas karena sebagian areanya dipenuhi oleh batu-batu karang.

Namun bukan berarti Anda tak bisa menikmati keindahan Pantai kasih ini. Air lautnya yang cenderung tenang, membuat Anda bisa berenang di sekitar pantainya. Selain itu pantai ini juga punya pasir putih yang lembut, seolah dengan manja akan memijit telapak kaki saat Anda berjalan-jalan di sekitar Pantai Kasih ini. Tak hanya itu, Pantai Kasih ini juga cukup rimbun dan dikelilingi banyak pepohonan yang bisa jadi tempat berteduh Anda dari teriknya sinar matahari.

Pantai Tapak Gajah yang tak kalah cantik

Tak jauh dari pantai Kasih, Anda juga akan menemukan pantai lain yang bisa jadi destinasi wisata ketika berkunjung ke kota Sabang ini. Pantai Tapak Gajah namanya dan menjadi salah satu tempat yang sangat direkomendasikan, jika Anda datang dan berkunjung ke Pulau Weh ini. Karena lokasinya yang tak begitu jauh dari pantai Kasih, Anda bisa sekalian langsung menuju pantai Tapak Gajah ini. Pantai Gajah ini seolah menjadi kebalikan Pantai Kasih. Jika Pantai kasih punya garis pantai yang pendek, maka Pantai Tapak Gajah punya garis pantai yang cukup panjang. Garis pantai yang sangat panjang ini akan sangat menantang untuk dijelajahi. Apalagi Anda akan berjalan-jalan di atas pasir yang lembut dan juga air laut yang berwarna biru kehijauan, membuat petualangan di Pantai Tapak Gajah sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Asyiknya berkunjung ke Pantai Sumur Tiga

Satu lagi pantai yang tak boleh dilewatkan saat traveling ke Kota Sabang dan Pulau Weh ini adalah Pantai Sumur Tiga. Pantai ini lokasinya tak begitu jauh dari Pantai Tapak Gajah, dan juga menyimpan keindahan alam yang tak kalah dengan pantai-pantai lainya di Pulau Weh ini. Bahkan saking indahnya, Pantai Sumur Tiga ini disebut sebagai Hawaii-nya kota Sabang. Garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang berkilau, tampak kontras dengan air laut yang berwarna biru kehijau-hijauan. Naungan pohon kelapa yang menjulang tinggi, membuat pemadangan di Pantai Sumur Tiga ini tampak lebih dramatis lagi. Tak hanya itu, pantai ini juga punya dua resort dan cafe yang terkenal yakni Casanemo dan Fredy’s. Keduanya bisa jadi pilihan tempat beristirahat jika Anda berkunjung ke Pantai Sumur Tiga ini.

Pantai Anoi Itam yang cantik dan unik

Sumber: mimzee24.blogspot.com

Pantai-pantai di Pulau Weh tak melulu didominasi oleh pantai dengan pasir putih yang lembut dan berkilau. Salah satu yang tampak unik dan berbeda adalah Pantai Anoi Itam ini. Ya seperti namanya, Pantai Anoi Itam ini justru didominasi oleh pasir yang berwarna hitam legam. Meskipun begitu, pasir pantai yang berwarna hitam ini justru membuat Pantai Anoi Itam ini terlihat unik dan cantik. Soal pemandagangan alamnya jangan diragukan lagi. Pantai Anoi Itam juga menyimpan keindahan yang tak kalah dari pantai-pantai lainnya di Pulau Weh ini.

Selain itu beragam aktivitas seru bisa dilakukan di Pantai Anoi Itam ini. Selain berenang di pantai, Anda juga bisa melakukan snorkeling atau diving untuk melihat gugusan terumbu karangnya yang sangat indah. Tak hanya itu, Pantai Anoi Itam ini juga punya sebuah peninggalan bersejarah berupa benteng Jepang di salah satu bagian bukitnya. Saat naik kesini, Anda juga akan menikmati indahnya pemandangan di Pantai Anoi Itam ini.

Jangan lupa berkunjung ke Pantai Ujung Kareung

Satu lagi pantai indah di Pulau Weh yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Ujung Kareung ini. Sebagaimana namanya, pantai ini memang didominasi oleh batu karang disekitarnya. Meskipun begitu, pesona kecantikan dan keindahan Pantai Ujung Kareung ini sayang sekali untuk dilewatkan wisatawan yang traveling kemari. Ada banyak batu karang yang menjorok ke laut sehingga sering jadi spot menarik wisatawan untuk berfoto.

Kabarnya, batu karang di sekitar pantai Pantai Ujung Kareung ini juga sangat indah, sehingga tak jarang ada wisatawan yang melakukan snorkeling disini. Oh ya Pantai Ujung Kareung ini juga memiliki saran edukasi yang menarik loh. Kadangkala wisatawan akan diajak untuk memungut sampah di sekitar pantai ini, sembari menjelajah dan menikmati pesona Pantai Ujung Kareung ini.

Pantai Pasir Putih yang tak kalah cantik

Dekat dengan Pantai Iboih, ada satu pantai cantik yang tak boleh dilewatkan. Pantai Pasir Putih namanya. Pantai yang berlokasi di daerah Kenekai ini memang lokasinya tak begitu jauh dari Pantai Iboih. Pemandangan alamnya pun terbilang cantik dan asri. Seeprti namanya, pantai ini memang punya pasir putih yang bertemu dengan air laut jernih kehijauan. Pantainya juga tenang, sehingga Anda akan merasa nyaman untuk main air di tempat ini.

Menyeberang ke Pulau Rubiah

Dari Pulau Weh ini, kita juga bisa memiliki akses untuk menuju pulau-pulau lain di kota Sabang ini. Jika sebelumnya kita bisa melihat Pulau Klah dari sekitar Pantai Iboih, Anda juga bisa langsung menyebrang ke Pulau Rubiah yang terbilang lumayan dekat dengan Pulau Weh ini. Dengan menempuh perjalanan hanya selama 15 menit saja, kita sudah sampai ke Pulau Rubiah yang tak kalah indah ini. Air lautnya yang bening membuat batu karang disekitarnya terlihat jelas. Selain itu, pemandangan alamnya masih asri sehingga tempat ini sangat menarik untuk dijelajahi.

269

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here