Sumber: Tribun Travel

Kamu pasti sudah tahu kalau di dunia ini ada yang namanya objek wisata world heritage. Biasanya world heritage ini berupa keajaiban alam atau peninggalan sejarah yang menakjubkan. Sejumlah objek wisata yang termasuk dalam kategori world heritage ini sangat dilindungi oleh dunia.

Saking menakjubkannya world heritage tersebut, setidaknya kamu harus mengunjungi semuanya sekali seumur hidup atau setidaknya kunjungi satu dari delapan objek wisata world heritage yang akan kami bahas berikut ini!

Gunung Fuji di Jepang

Sumber: PlanetWare

Bohong kalau kamu belum pernah mendengar nama Gunung Fuji yang ada di Jepang. Gunung berapi yang masih aktif ini merupakan gunung berapi tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 3.776 meter di atas permukaan laut. Gunung Fuji berada di tengah Pulau Honshu ini ditetapkan UNESCO sebagai bagian dari world heritage pada tahun 2013 silam.

Gunung Fuji ini terlihat sangat cantik dengan sejumlah danau yang mengitarinya. Danau-danau tersebut adalah Danau Kawaguchi, Danau Yamanaka, Danau Sai, Danau Motosu, dan Danau Shoji.

Jika kamu ingin mendaki Gunung Fuji, datanglah pada bulan Juli dan Agustus. Pada kedua bulan tersebut, Gunung Fuji terbebas dari salju dan cuacanya bersahabat untuk para pendaki. Transportasi dan pendakian pun akan menjadi lebih mudah dan aman.

Tembok Besar China di China

Tidak hanya menjadi world heritage, Tembok Besar China ini juga masuk dalam kategori 7 keajaiban dunia bersama dengan Candi Borobudur. Tidak heran jika disebut sebagai tembok besar atau tembok raksasa karena panjangnya sendiri mencapai 21.196 km.

Peninggalan sejarah yang menjadi landmark kebanggaan masyarakat China ini membentang dari Shanhaiguan melewati perbatasan China dan Manchuria, hingga Lop Nur. Dulu, Tembok Besar China ini dibangun untuk menghalau musuh yang ingin menyerang China.

Pembangunan Tembok Besar China ini membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan bisa dikatakan lintas generasi dan zaman. Setidaknya ada ratusan ribu pekerja yang membangun tembok besar ini.

Bagi yang ingin berkunjung ke sini, kamu harus menempuh perjalanan darat selama 2,5 jam dari pusat kota Beijing. Siapkan stamina kuat agar kamu bisa puas menyusuri kemegahan Tembok Besar China ini.

Acropolis of Athens di Yunani

Acropolis adalah istilah yang merujuk pada kota di dataran tinggi Yunani. Dari sekian banyak acropolis yang ada, yang terkenal adalah Acropolis of Athens. Di sini kamu bisa menemukan banyak reruntuhan bangunan sisa kejayaan kaisar Yunani jaman dulu.

Reruntuhan bangunan yang paling terkenal di sini adalah Kuil Parthenon yang dibuat pada abad 5 SM. Kuil ini dibangun untuk menghormati Dewi Athena, sang pelindung Athena.

Stonehenge di Inggris

Objek wisata berikutnya yang termasuk dalam world heritage adalah Stonehenge yang ada di Inggris. Stonehenge ini adalah kumpulan batu-batu yang disusun secara melingkar di satu tempat dan sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi.

Sekilas objek wisata yang satu ini seperti tidak ada apa-apanya. Namun yang menarik dari objek wisata ini adalah sumber batu-batu raksasa tersebut. Batu tersebut diperkirakan berasal dari tempat yang jaraknya sekitar 250 km dari lokasinya sekarang. Pada zaman sekarang pun rasanya sulit memindahkan batu-batu tersebut. Lalu, bagaimana cara orang jaman dulu memindahkannya ya?

Colosseum di Italia

Sumber: Presto Tour

Saat berkunjung ke Italia, jelas kamu tidak boleh melewatkan Colosseum. Colosseum ini adalah sebuah amfiteater di jaman dulu yang sangat megah dari segi ukuran dan arsitektur. Amfiteater ini mampu menampung 50 ribu penonton. Colosseum ini juga identik dengan kegiatan gladiator di mana manusia akan melawan binatang buas.

Saat ini Colosseum sudah tidak utuh lagi, namun sisa bangunannya yang ada saat ini masih bisa menggambarkan kemegahannya saat masih utuh di masa lampau.

Angkor Wat di Kamboja

Angkor Wat adalah sebuah kompleks percandian yang tersohor di Kamboja. Kompleks candi ini dibangun atas permintaan Raja Suryavarman II di awal abad ke 12. Kompleks candi ini dijadikan sebagai kuil negara dan ibu kota.

Beberapa candi di sini yang berhasil direstorasi dan dipugar digunakan sebagai tempat menggelar sejumlah upacara keagamaan yang penting.

Baca Juga: 9 Alasan Mengapa Harus Traveling Sendiri Paling Tidak Sekali Seumur Hidup

Taj Mahal di India

Taj Mahal yang ada di India ini sering dijadikan simbol cinta oleh masyarakat dunia. Bangunan yang menyerupai istana megah ini sebenarnya adalah sebuah makam. Taj Mahal ini dibangun atas permintaan Kaisar Mughal Shah Jahan yang kehilangan istri tercintanya, Mumtaz Mahal.

Arsitekturnya yang begitu cantik merupakan perpaduan gaya Persia, India, dan Islam. Konon, para pekerja yang membangun Taj Mahal ini dilumpuhkan tangannya agar tidak bisa membuat bangunan yang lebih indah dari Taj Mahal.

Kira-kira, objek wisata world heritage mana yang akan kamu kunjungi duluan nih?

740

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here