Sumber: Infigic

Jika diperhatikan, kamu akan menyadari kalau ada banyak orang yang suka berujar “gue butuh piknik” atau “lo butuh liburan” dan sejenisnya. Pernahkah kamu mengatakan hal tersebut kepada diri sendiri atau orang lain?

Memang betul liburan itu dibutuhkan oleh semua orang. Rutinitas sehari-hari di depan layar komputer untuk bekerja dari pagi hingga malam, terjebak di tengah kemacetan ibukota, belum lagi urusan pribadi lainnya, pasti membuat stres merajai pikiran kita. Jika sudah mengalami stres, kesehatan tubuh pun jadi menurun.

Itu baru satu alasan mengapa kamu wajib melakukan liburan secara rutin, setidaknya 6 bulan sekali. Penasaran dengan alasan lainnya? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini!

Mengurangi beban stres pada pikiran

Sumber: Youtube

Masing-masing orang selalu menghadapi rutinitas yang membosankan. Misalnya saja para pelajar yang harus belajar dari pagi hingga malam untuk mendapatkan nilai bagus, juga para pekerja yang harus bekerja pagi hingga malam atau bahkan para ibu rumah tangga yang setiap harinya kelelahan akibat pekerjaan rumah tangga yang tiada habisnya.

Jika sudah demikian, kamu akan mengalami stres. Salah satu obat penghilang stres yang cukup mujarab adalah dengan pergi liburan. Menurut sebuah penelitian, liburan bisa menurunkan kadar stres hingga 29%.

Liburan tidak selalu harus dilakukan ke luar kota atau pun luar negeri, kamu bisa liburan di dalam kota dengan cara mengunjungi museum atau nongkrong di kafe keren atau juga hunting foto. Liburan di dalam kota ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu, keuangan terbatas, ingin mencegah stres, atau memang sedang ingin liburan sendirian.

Sedangkan destinasi wisata yang paling tepat untuk menghilangkan stres berlebih adalah pantai. Duduk atau jalan santai di tepi pantai dengan suara deburan ombak disertai angin sejuk akan membuat suasana hati menjadi lebih tentram, pikiran jadi rileks, dan stres menghilang secara perlahan.

Liburan membuat kamu lebih produktif

Otak yang diserang dengan rutinitas akan membuat kamu merasa bosan dan tidak memiliki ide baru sehingga menjadi lebih kurang produktif. Kamu yang enggan cuti untuk liburan karena takut pekerjaan semakin menumpuk pun salah besar.

Pergilah berlibur. Sepulang liburan, kamu akan menjadi lebih rileks dan bahkan menemukan ide menarik dari pengalaman yang ditemukan saat liburan itu. Suasana hati saat masuk kerja akan menjadi lebih baik, kamu lebih bersemangat bekerja, dan bisa memberikan ide bagus untuk kemajuan perusahaan.

Liburan akan memberikanmu pengetahuan baru

Pengetahuan tidak hanya bisa didapatkan dari cerita orang atau buku pelajaran. Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan baru dari pengalaman yang langsung kamu alami sendiri. Saat liburan ke luar kota atau negeri, kamu akan menemukan perbedaan budaya yang sangat terasa.

Misalnya saja saat kamu liburan ke Singapura dan naik MRT, kamu akan melihat dan merasakan bagaimana tertibnya para warga lokal untuk mengantri. Kamu juga bisa liburan ke kampung adat dan menyaksikan apa saja kegiatan yang dilakukan warga untuk bertahan hidup. Mungkin saja dari liburan tersebut kamu jadi tahu cara menangkap ikan tradisional atau cara menenun kain. Pengalaman yang baik bisa kamu contoh dan bagikan kepada teman lain.

Baca Juga: Tips Bebas dari Titipan Oleh-oleh Selagi Liburan

Menjadi lebih berani

Pergi liburan akan membuat kamu semakin berani, apalagi jika kamu tidak menggunakan jasa agen travel. Kamu jadi berani menentukan keputusan mulai dari memilih maskapai penerbangan, memilih penginapan, menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi, hingga berani menjelajahi tempat baru  dengan modal pengetahuan dari internet atau bertanya kepada warga lokal. Kalau pergi ke tempat yang asing saja berani, masa kamu tidak berani menghadapi sejumlah masalah sehari-hari?

Mempererat hubungan dengan teman travel

Sumber: Her Packing List

Teman travel biasanya adalah anggota keluarga atau teman dekat. Momen liburan bisa jadi momen mendekatkan diri satu sama lain di mana kamu tidak bisa melakukannya di hari-hari biasa.

Melalui liburan, kamu jadi lebih memahami watak teman travel. Kamu pun akan menjadi lebih dekat karena menjalani semua masalah selama liburan bersama-sama. Dan yang paling penting adalah kamu jadi bisa belajar menjauhkan keegoisan supaya liburan menjadi menyenangkan, misalnya saja seperti mengalah dalam pemilihan tempat wisata atau berdiskusi untuk hasil yang disepakati oleh semua teman travel.

Bertemu jodoh

Bagi kamu yang tengah menjomblo, pergi liburan bisa jadi momen kamu menemukan tambatan hati karena jodoh datang tanpa melihat waktu dan tempat. Lebih serunya lagi jika kamu bertemu jodoh saat liburan, sudah dapat dipastikan kalian berdua memiliki hobi yang sama dan bisa melakukannya secara rutin sebagai acara romantis.

Itulah 6 alasan kenapa kamu butuh liburan. Yakin masih ogah mengambil cuti dan mengeluarkan uang untuk liburan?

455

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here