Sumber: The Johnston Suite

Saat kamu hendak pergi liburan sendiri ke luar negeri tanpa bantuan agen travel, biasanya kamu akan mempersiapkan banyak hal. Misalnya saja mencari tahu lokasi tempat wisata, membeli tiket pesawat sendiri, memesan penginapan yang lokasinya strategis, mencari tahu kuliner khas setempat, menukarkan mata uang setempat, mempelajari sedikit bahasa setempat, hingga menentukan tranportasi apa saja yang akan digunakan untuk berkeliling di sana.

Urusan menentukan transportasi adalah salah satu hal yang cukup membuat orang bingung. Pertama adalah karena kamu belum pernah berkunjung ke sana dan tidak tahu seperti apa keadaan jalanannya. Kamu juga perlu mencari tahu rute apa yang harus dilewati, transportasi apa yang paling efisien, serta berapa dana yang pelru dikeluarkan untuk menaiki transportasi tersebut. Salah memilih transportasi bisa membuat kamu menyasar atau mengeluarkan uang berlebih.

Agar tidak bingung, kali ini kami akan membahas 7 jenis transportasi yang ada di Hong Kong. Yuk, disimak agar kamu tahu transportasi apa yang tepat untuk liburan nanti!

Airport Bus

Sama seperti di Jakarta yang memiliki bus menuju bandara, Hong Kong pun demikian. Namanya adalah Airport Bus. Airport Bus ini akan mengantarkan kamu dari bandara menuju sejumlah lokasi di tengah kota. Airport Bus ini tidak seperti bus pada umumnya karena terdiri dari 2 lantai alias double deck. Jika kamu ingin menikmati pemandangan kota selagi perjalanan, naiklah ke bagian upper deck. Harga tiketnya lebih murah sekitar HKD 40 dari Airport Express.

Airport Express

Sumber: Wikipedia

Jika untuk menaiki Airport Bus kamu harus keluar dari bandara terlebih dahulu, maka untuk menaiki Airport Express kamu tidak perlu keluar dari bandara terlebih dahulu. Airport Express ini berada di dalam area bandara dan terintegrasi dengan MTR di pusat kota.

Transportasi Airport Express ini unggul dalam urusan waktu di mana kamu tidak perlu beranjak keluar dari bandara dan kecepatannya pun cukup tinggi, kamu hanya perlu waktu 30 menit untuk tiba di kawasan Kowloon atau Causewaybay. Sedangkan jika naik bus, kamu membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Sangat cocok untuk kamu yang sedang terburu-buru.

Sayangnya, harga tiket Airport Express ini cukup mahal. Kamu juga perlu membawa peta jalur MTR agar bisa menentukan harus turun di stasiun mana dan berpindah ke jalur mana hingga tiba di tempat tujuan.

Tram Ding-ding

Kalau pergi ke Hong Kong, rasanya kurang sah jika tidak menaiki tranportasi Tram Ding-ding. Tram Ding-ding ini adalah sebuah bus yang bentuknya mirip dengan kereta kuno dan bertingkat. Bagian atasnya tidak memiliki atap sehingga para penumpang bisa menikmati pemandangan luas dan angin yang sejuk. Sedangkan tempat duduk di bagian bawah dibuat berhadap-hadapan.Tram Ding-ding ini hanya ada di kawasan Hong Kong Island.

Tram Ding-ding ini memiliki jalur East dan West. Untuk menaikinya, kamu hanya perlu menunggu di stasiun Tram Ding-ding. Masuklah dari pintu belakang, kemudian tempelkan kartu Octopus, kartu pembayaran khusus transportasi di Hong Kong.

Baca Juga: Naik Kereta Api? Ini Cara Mengemas Barang Bawaanmu

MTR

Sama seperti negara besar lainnya, Hong Kong dilengkapi dengan moda transportasi MTR alias Mass Transit Railway. MTR ini bisa digunakan untuk mengunjungi wilayah-wilayah di Hong Kong yang terpisah seperti Kowloon, Hong Kong Island, dan Lantau Island. Pintu keluar masing-masing stasiun MTR ini ada banyak. Pastikan kamu mengetahui pintu keluar yang tepat agar bisa menemukan destinasi dengan cepat tanpa harus menyasar dan membuang waktu.

Star Ferry

Sejumlah wilayah di Hong Kong terpisahkan oleh laut, oleh karena itu tidak heran jika transportasi kapal laut cukup populer di sini. Transportasi kapal laut ini biasa dikenal dengan sebutan Star Ferry. Transportasi ini bisa digunakan untuk menyeberang menuju Kowloon bahkan Macau.

Rickshaw

Sumber: The Forgotten Transport Blogspot

Tranportasi yang satu ini terbilang cukup tradisional dan kamu juga bisa menemukannya di China dan Jepang, yaitu Rickshaw. Transportasi tradisional ini menyerupai gerobak roda dua dengan sebuah tempat duduk nyaman. Rickshaw ini dijalankan tanpa bantuan mesin, melainkan dengan tenaga manusia. Ongkos sekali perjalanan cukup mahal karena akan sangat melelahkan bagi si penariknya. Namun jika kamu ingin menjajal transportasi tradisional yang sudah mulai langka ini, rasanya mengeluarkan ongkos mahal sesekali tidak apa. Di jaman modern ini, rickshaw juga ada yang ditarik menggunakan motor. Tapi rasanya akan lebih seru jika menjajal yang konvensional ya?

Taksi

Selain transportasi massal, tranportasi pribadi seperti taksi juga bisa kamu temui dengan mudah di Hong Kong. Taksi akan membuatmu tiba di tempat tujuan dengan cepat. Namun kamu harus bersiap untuk merogoh kantong lebih dalam untuk membayar ongkosnya. Jika supir taksi tidak menggunakan argo, pastikan kamu sudah menyepakati besar ongkosnya agar tidak tertipu.

330

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here