Sumber: Crunchy Bottoms

Siapa sih yang sanggup pergi liburan ke tempat baru untuk pertama kalinya tanpa mencicipi kuliner khas setempat? Rasanya tidak ada deh. Itulah kenapa kamu harus mencari tahu kuliner khas apa saja yang ada di destinasi liburanmu nantinya. Misalnya saja mencicipi babi guling khas Bali, gudeg khas Jogja, hingga mie khas Belitung.

Kuliner khas ini biasanya memiliki kisaran harga yang beragam sehingga kamu yang memiliki budget terbatas pun masih bisa mencicipinya. Untuk beberapa kuliner khas yang berupa makanan berat tentu dijualnya di restoran dan harganya cukup mahal. Tapi jika kamu mau berhemat, tidak apa karena kamu bisa mencicipi aneka jajanan pinggir jalan yang khas dan rasanya tidak kalah nikmat. Misalnya saja seperti beberapa kuliner khas yang ada di Hong Kong berikut ini.

Kau Kee Beef Brisket

Sumber: TripAdvisor

Bagi pecinta mie, kamu tidak boleh melewatkan menu yang satu ini. Kau Kee Beef Brisket adalah hidangan mie kuah kaldu bening dengan daging sapi yang sangat lembut nan lezat. Rasa kuahnya sangat gurih karena dibuat dari air hasil rebusan daging dan tulang. Sangat otentik. Seporsi Kau Kee Beef Brisket ini biasanya dibanderol dengan harga sekitar HKD 5. Disajikan selagi hangat dengan taburan daun bawang, rasanya semakin nikmat.

Mak’s Noodle

Mak’s Noodle adalah salah satu restoran yang wajib kamu kunjungi ketika sedang liburan ke Hong Kong. Restoran serba mie memiliki menu andalan berupa mie pangsit udang. Mienya berukuran kecil dan cukup tipis hampir menyerupai misua atau bihun. Dilengkapi dengan kuah bening, rasanya semakin nikmat. Seporsi mie pangsit udang dihargai sekitar HKD 6.

Tai Cheong Bakery

Bicara tentang kuliner khas Hong Kong, pasti kamu akan teringat dengan jajanan manis yaitu egg tart. Jika ingin mencicipi egg tart ini, kamu bisa menemukannya dengan mudah di sejumlah toko yang ada di pinggir jalan atau mall. Namun jika ingin yang rasanya lebih otentik lagi kunjungilah Tai Cheong Bakery, sebuah restoran yang identik dengan kue nikmat. Di restoran ini, sebuah egg tart dihargai sekitar HKD 10.

Tim Ho Wan

Selain egg tart, Hong Kong juga tidak bisa dipisahkan dari menu dim sum. Menemukan dim sum di Hong Kong tidaklah sulit karena ini adalah makanan yang sangat umum. Namun jika kamu ingin merasakan dim sum yang paling populer dan nikmat seantero Hong Kong, pergilah ke Tim Ho Wan. Saking populernya, rumah makan serba dim sum ini selalu ramai pengunjung. Tidak sedikit yang rela mengantri lama untuk bisa mencicipinya.

Aneka dim sum yang bisa kamu cicipi di sini di antaranya adalah tofu skin roll, spring roll, mantau, rice dumplings, steamed pork dumpling with shrimp, steamed egg cake, steamed vegetable dumplings with shrimp, rice rolls, ceker, dan masih banyak lagi. Menu dim sum di sini harganya dimulai dari HKD 15 hingga HKD 26.

Claypot Rice

Sumber: The Woks of Life

Claypot Rice adalah menu makanan berat dengan nasi dan aneka lauk yang disajikan dalam pot atau mangkuk dari tanah liat. Lauk yang umum digunakan adalah daging babi, daging ayam, atau daging sapi. Untuk sayurannya ada jamur, caisim, dan wortel. Semua bahan tersebut disusun dalam mangkuk bersama nasi. Kemudian ditambahkan aneka bumbu seperti bawang putih, bawang Bombay, kecap ikan, lada, dan kecap asin. Setelah itu, mangkuk dimasukan ke dalam kukusan dan dimasak hingga matang menyeluruh.

Untuk menikmati menu claypot rice yang paling lezat, berkunjunglah ke Four Seasons Claypot Rice atau Kwan Kee.

Congee atau bubur

Menu bubur sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia karena menu ini mudah dijumpai saat sarapan atau pun ketika sedang sakit. Berbeda dengan tampilan bubur di Indonesia, biasanya bubur Hong Kong atau Congee ini disajikan dengan cakwe, potongan kotak daging ayam, potongan tipis daging babi, telur mata sapi, dan taburan bawang putih goreng serta irisan daun bawang. Untuk menu congee yang nikmat, kamu bisa mampir ke Trusty Congee King di Wan Chai atau Law Fu Kee di Central.

Baca Juga: 7 Kuliner Dubai yang Wajib Kamu Cicip!

Hong Kong dessert

Hong Kong pun terkenal dengan aneka dessert yang menggugah selera. Misalnya saja pudding mangga yang dibuat dari agar, susu cair, gula, dan mangga segar. Rasanya manis dan creamy. Cocok untuk kamu pecinta buah dan makanan manis.

Tidak kalah populer, ada juga egg waffle yang bentuknya bulat-bulat. Egg waffle ini biasanya disajikan dengan aneka toping seperti buah-buahan, selai cokelat, kacang, es krim, caramel, dan masih banyak lagi.

Dari 7 daftar kuliner khas Hong Kong tadi, kira-kira kamu sanggup mencicipinya semua pada saat liburan tidak nih?

851

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here