Jakarta, Tamasya – Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang memungkinkan seluruh anggota bisa berkumpul, bersenang-senang, dan mempererat kasih sayang satu sama lain. Melalui liburan ini juga para anggota keluarga bisa meninggalkan segala masalah rutinitas sehari-hari.

Bagi kamu yang memiliki keluarga dengan anak kecil, pergi liburan tentu membutuhkan tenaga ekstra. Mulai dari mengawasi anak, mengatur jam makan dan tidur, mengajarkan hal-hal baru, hingga membuat daftar panjang keperluan anak yang harus dibawa.

Untuk urusan keperluan anak, tentu tidak ada yang boleh terlupakan. Jika hal ini terjadi, bisa saja kamu kerepotan karena anak akan rewel selama liburan. Nah, agar tidak ada benda yang tertinggal, yuk mulai lengkapi daftar bawaanmu dengan beberapa benda berikut ini!

  1. Obat-obatan

Anak kecil akan mudah terserang penyakit, apalagi jika udara kota tujuan memiliki suhu yang berbeda dengan kota asal. Selain itu, anak-anak juga termasuk sensitif dengan obat tertentu. Oleh karena itu sediakan obat-obatan pribadi yang sudah biasa dikonsumsi anak. Saat anak jatuh sakit, tidak perlu lagi repot mencari obat di apotik. Jangan lupa juga untuk membawa vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, obat luka dan plester, serta minyak kayu putih. Anak sehat, liburan pun jadi menyenangkan.

  1. Baju ganti

Dibandingkan dengan manusia dewasa, anak-anak memiliki lebih banyak energi dan rasa penasaran yang tinggi. Selama liburan, mereka akan lebih sering mengeksplorasi tempat wisata yang berlarian ke sana ke mari. Cuaca yang panas akan membuat mereka berkeringat. Ketika hal ini terjadi, gantilah baju anak untuk menghindari biang keringat dan kuman penyakit.

  1. Camilan

Seorang anak akan kesulitan menahan lapar. Ketika kamu sedang berada di jalan terkena macet atau tidak menemukan rumah makan, sedangkan anak sudah kelaparan, camilan ini akan membuat rasa laparnya berkurang. Selain itu, camilan bisa digunakan untuk mengusir rasa bosan yang biasanya memancing anak bersikap rewel. Agar lebih hemat, belilah camilan di minimarket bukan di tempat rekreasi karena biasanya harganya akan lebih mahal.

  1. Air mineral

Berlibur di luar ruangan dan terkena sinar matahari akan membuat anak mudah dehidrasi. Bawalah air minum secukupnya dan beri anak kamu minum secara berkala untuk menghindari dehidrasi.

  1. Perlengkapan mandi

Ketika mengajak anak bermain di pantai, tentu badannya akan basah dan lengket karena air pantai. Meski kamu akan langsung pulang ke rumah setelah bermain di pantai, sebaiknya tetap membawa perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, handuk, dan baju ganti. Mandikan anak setelah bermain di pantai supaya badannya tetap terasa nyaman selama  perjalanan pulang.

  1. Kereta dorong

Bagi kamu yang membawa bayi, jangan lupakan kereta dorong. Meski kamu sudah membawa gendongan, tentu bepergian dalam waktu lama akan membuat kamu kelelahan. Dengan kereta dorong, perjalanan tentu akan terasa lebih ringan.

  1. Alas kaki yang tepat

Bawalah alas kaki yang tepat untuk si anak sesuai dengan tempat wisata tujuan. Jika pergi ke pantai, pilihlah sandal. Jika pergi ke gunung atau taman bermain, pilihlah sepatu yang tidak mudah lepas ketika ia berlari mengitari tempat wisata tersebut. Saat membawa sepatu, jangan lupakan kaus kaki agar kakinya tetap nyaman selama beraktivitas.

  1. Mainan

Kamu tidak akan pernah tahu kapan si anak akan rewel. Apakah saat di dalam mobil atau saat berada di tempat wisata. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan untuk membawa mainan kesayangan si anak untuk mengalihkan perhatiannya.

  1. Musik dan film kesukaan

Perjalanan menggunakan mobil atau moda transportasi lainnya yang membutuhkan waktu lama tentu akan membuat anak mudah bosan. Untuk membunuh waktu, berikan ia musik dan film kesukaan yang sudah disimpan di dalam gadget agar moodnya tetap ceria.

  1. Tutup kepala

Berkunjung ke tempat yang dingin akan membuat anak mudah sakit, apalagi jika sebelumnya di kota asal cuaca sangat panas. Untuk membantu proses adaptasi dan mencegahnya terserang masuk angina tau flu, pakaikan penutup kepalanya. Penutup kepala ini bisa berupa topi atau hoodie. Untuk topi pilihkan yang ukurannya tidak terlalu sempit atau pun terlalu besar agar bisa berfungsi dengan baik. Selain menahan udara dingin, penutup kepala ini bisa dijadikan penghalau sinar matahari.

  1. Perlengkapan tidur

Sebagian anak ada yang tidak bisa tidur tanpa perlengkapan tidur favoritnya. Agar anak tidak rewel dan dapat beristirahat di malam hari, jangan lupa untuk perlengkapan tidurnya. Mulai dari piyama, bantal kesayangan, boneka kesayangan, serta selimut khusus.

  1. Plastik

Ke mana pun kamu berlibur pastikan untuk membawa plastik. Plastik ini berguna untuk menyimpan pakaian kotor anak, mengumpulkan sampah untuk sementara sebelum membuangnya ke tempat sampah, bahkan jadi kantong muntah ketika anak merasa tidak enak badan selama perjalanan.

452

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here