Sumber: Groupon

Menentukan hidangan yang akan dimakan saat berada di Jepang bisa jadi hal yang sulit bagi wisatawan muslim. Hal ini dikarenakan sejumlah makanan di Jepang mengandung unsur babi dan alkohol. Namun, kesulitan ini jangan kamu jadikan alasan untuk mengurungkan niat berlibur ke negeri sakura yang akan kaya budaya.

Jika kamu mau dan punya niat besar, menemukan makanan halal di Jepang sebenarnya tidaklah sulit asalkan kamu tahu daftar makanan apa saja yang halal. Ditambah lagi, kini Jepang telah melebarkan sayap untuk memberi kenyamanan bagi wisatawan muslim dengan banyaknya restoran berlabel halal.

Masih ragu? Kami bantu berikan daftar makanan halal di Jepang yang wajib kamu santap saat berlibur nanti!

Sushi

Makanan yang satu ini selain terkenal di dunia, sifatnya pun halal karena dibuat dari aneka seafood. Sushi sendiri ada yang bentuknya nasi kepal dan nasi gulung dengan rumput laut. Isian yang umum untuk sushi adalah ikan tuna, ikan salmon, telur ikan, udang, kepiting, alpukat, timun, gurita, dan masih banyak lagi. Sushi ini akan semakin nikmat ketika kamu mencocolkannya ke dalam kecap asin dan wasabi.

Udon

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan udon. Mie berukuran tebal yang disajikan dengan kuah bening ini biasanya dilengkapi dengan aneka lauk seperti udang tempura, rumput laut, dan sup dashi. Mienya dibuat dari gandum. Sangat nikmat.

Soba

Sumber: Tara’s Multicultural Table

Masih membahas hidangan berupa mie, kali ini adalah soba. Soba dibuat menggunakna gandum hitam dan ukurannya seperti spageti. Semangkuk soba ini disajikan bersama dengan daun bawang, saus celupan Tsyuyu, dan wasabi. Soba ini bisa kamu temukan dengan mudah di sejumlah kedai yang ada di pinggir jalan atau pun stasiun kereta.

Tempura

Makanan serba gorengan yang satu ini nikmat untuk dijadikan makanan berat dengan nasi atau pun sekedar camilan. Tempura ini halal karena bahan utamanya adalah seafood dan sayuran. Misalnya saja udang, daun green bell, cumi-cumi, terong, kentang, ubi, jamur, daun perila, hingga labu Jepang. Bahan-bahan tersebut biasanya dipotong dalam ukuran sedang, kemudian dibalut dengan tepung tempura sebelum digoreng hingga matang. Agar terasa lebih nikmat, celupkan tempuramu ke dalam saus khusus yang gurih dan manis.

Shabu

Kuliner khas Jepang yang satu ini juga halal karena dibuat menggunakan kaldu sapi dan seafood. Isian dari makanan berkuah ini adalah daging sapi yang diiris tipis, udang, cumi-cumi, telur, tahu, hingga aneka sayuran. Biasanya shabu ini dihidangkan langsung menggunakan panci dan kompor.

Sukiyaki

Nama sukiyaki pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sajian yang menggunakan irisan daging sapi ini terasa sangat gurih dan nikmat. Irisan daging sapi ini dimasak bersama dengan sayuran dan bumbu khusus. Daging sapinya pun terasa empuk.

Onigiri

Tidak mendapatkan sarapan gratis dari hotel tempat kamu menginap? Tenang, pergilah ke mini market terdekat untuk mendapatkan onigiri. Onigiri ini adalah nasi kepal berbentuk segitiga dengan bungkusan rumput laut. Di bagian dalamnya ada isian berupa tuna, salmon, atau umeboshi. Meski ukurannya kecil, 2 buah onigiri bisa cukup mengenyangkan perut loh. Jangan lupa membeli lebih untuk dibawa selama perjalanan. Kamu bisa menyantapnya ketika tidak menemukan restoran untuk makan siang.

Nizakana

Sumber: ExpJA

Nizakana adalah sebuah hidangan tradisional milik Jepang. Bahan utamanya adalah ikan yang direbus dalam tsuyu. Rasanya sangat menggugah selera, dijamin kamu tidak bisa berhenti menyantapnya.

Chanko Nabe

Makanan berkuah yang halal berikutnya adalah chanko nabe. Makanan ini disajikan dalam ukuran yang cukup besar, biasanya disantap oleh para pesumo untuk membesarkan tubuh mereka.

Dalam semangkuk chanko nabe, kamu bisa menemukan lauk berupa bakso ikan, tahu, sayuran, dan kuah dashi. Kamu yang sedang diet sebaiknya memesan menu ini untuk dimakan bersama ya.

Baca Juga: Tips Menemukan Makanan Halal Saat Traveling ke Berbagai Penjuru Dunia

Tendon

Tendon adalah menu nasi dan lauk yang disajikan dalam satu mangkuk. Isinya adalah nasi, tempura, daging sapi atau ayam, sayur, dan telur. Makanan halal yang satu ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya nikmat, lauknya lengkap, dan harganya terjangkau.

Chicken Teriyaki

Dari namanya saja sudah jelas kalau makanan yang satu ini dibuat dari daging ayam dan halal. Di Indonesia sendiri kamu bisa dengan mudah menemukan chicken teriyaki, namun rasanya akan lebih afdol jika kamu sudah mencicipinya langsung di negara asal. Dimakan bersama dengan nasi, akan sangat mengenyangkan.

Yakiniku

Yakiniku adalah menu sapi panggang yang dimasak bersama sayuran dan saus khusus. Biasanya menu ini disajikan dengan nasi hangat. Jika tidak suka daging sapi, kamu bisa minta penjual untuk menyajikan yakiniku daging ayam.

Selamat berburu makanan halal di Jepang!

715

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here