Sumber: iklantravel.com

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Semarang memang menajdi destinasi yang selalu menarik untuk dikunjungi jika traveling ke pulau Jawa ini. Dengan keragaman budaya dan masyarakatnya, Semarang menjadi kota yang menawarkan berbagai keunikan yang tak akan ditemukan di kota-kota lain di Indonesia. Selain budaya dan masyarakatnya, kota ini juga memiliki aneka kuliner khas yang rasa authentiknya cuma bisa ditemukan di sini. Tak hanya itu, keindahan bentang alam di Semarang plus landscape-landscape unik membuat kota ini wajib dikunjungi oleh traveller dari seluruh penjuru Indonesia, dan bahkan pula dari seluruh dunia. Semarang memang unik karena disini kita akan melihat perpaduan budaya modern dan peninggalan jaman dulu yang masih terpelihara dengan cukup baik. Karena itulah Semarang wajib dijadikan salah satu destinasi wisata bagi para traveller yang menjelajah pulau Jawa dan juga sekitarnya.

Semarang dinobatkan sebagai kota besar kelima di Indonesia stelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Ibukota provinsi Jawa Tengah ini memiliki luas sekitar 373.67 km persegi dengan Hendrar Prihadi, S.E, M.M. sebagai walikotanya saat ini. Menurut sensus penduduk tahun 2015, kota Semarang dihuni sekitar 1.773.905 jiwa dengan suku bangsa, ras dan agama yang beragam. Hal inilah yang membuat Semarang terasa istimewa dan juga spesial. Keragaman masyarakat ini berbaur menjadi satu, membentuk suatu keunikan yang hanya bisa ditemui di kota Lumpia ini. Toleransi yang tinggi antar penduduknya membuat kota Semarang selalu dalam keadaan damai sentosa, dan nyaris tak pernah terdengar konflik antar golongan yang banyak terjadi di tempat lain. Tak heran jika segala keunikan dan keistimewaan Semarang ini menjadikanya destinasi favorit wisatawan dan traveller, yang ingin mengeksplore lebih dalam pesona kota cantik ini.

Sama seperti daerah lain di Indonesia, ada beberapa tempat menarik di Semarang yang wajib untuk dikunjungi bila Anda traveling ke kota ini. Tempat-tempat ini menawarkan keunikan dan keindahan, yang akan membuat siapapun melihatnya terkagum-kagum. Dikutip dari berbagai sumber, inilah beberapa destinasi traveling yang wajib dituju jika berkunjung ke Semarang.

Kota Lama Semarang

Bagi kamu pengagum arsitektur kuno peninggalan kolonial Belanda, kawasan Kota Lama ini wajib untuk dikunjungi jika traveling ke kota Semarang ini. Di kawasan Kota Lama ini, ada satu bangunan yang menjadi trade mark dari kota Semarang, yang kini lebih dikenal dengan nama Greja Blenduk. Terletak di jantung kota Semarang, tak sulit unuk menemukan kawasan Kota Lama ini. Apalagi Gereja Blenduk yang jadi bangunan bersejarahnya, jelas terlihat dari berbagai sudut kota cantik ini. Uniknya saat berkunjung ke kawasan kota lama ini, kamu akan merasa sedang di Belanda lantaran banyaknya bangunan peninggalan kolonial yang masih tegak berdiri dan bertahan hingga saat ini. Bagi traveller yang membawa kendaraan sendiri bisa menitipkannya di sekitar taman Sri Gunting yang letaknya persis tepat disebelah Gereja Blenduk. Dengan berjalan kaki, Anda bisa menikmati keindahan dan keunikan Kota Lama yang tak akan ditemui di tempat lain ini.

Masjid Agung Jawa Tengah

Traveling ke Semarang, jangan melewatkan kesempatan untuk melihat megahnya Masjid Agung Jawa Tengah yang juga menjadi salah satu ikon kota Lumpia ini. Masjid yang mampu menampung hingga 15 ribu jamaah ini memang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, terutama mereka yang melakukan wisata religi dan beribadah ke tempat ini. Masjid Agung Jawa Tengah punya arsitektur unik nan megah yang selalu sukses membuat wistawan terpesona. Dibangun di atas tanah seluas 10 hektar, Masjid Agung Jawa Tengah sebenarnya memiliki usia yang jauh lebih muda dibandingkan masjid-masjid kuno lain di sekitarnya. Bagaimana tidak jika Masjid Agung Jawa Tengah ini baru diresmikan pada 6 September 2002 yang silam. Meskipun begitu hingga saat ini, masjid dengan luas mencapai 7.669 meter persegi, tetap wajib untuk dikunjungi jika Anda traveling ke kota Semarang. Oh ya saat  berkunjung ke tempat ini, harap menjaga sikap dan kesopanan ya. Karena biar bagaimanapun, Masjid Agung Jawa Tengah merupakan pusat peribadatan umat Muslim yang wajib untuk dihormati.

Lawang Sewu

Sumber: jateng.tribunnews.com

Inilah salah satu ikon kota Semarang yang tak boleh dilewatkan jika Anda traveling ke kota ini. Lawang Sewu atau bangunan dengan seribu pintu ini dikenal dengan aroma mistis dan keangkerannya, yang telah melegenda bahkan hingga ke mancanegara. Uniknya karena keangkeran dan kisah mistisnya inilah yang justru membuat Lawang Sewu terkenal dan menjadi destinasi wajib saat traveling ke kota Semarang ini. Karena lokasinya yang tepat berada di depan Tugu Muda dan jantung kota Semarang, traveller tak akan kesulitan menemukan bangunan Lawang Sewu ini. Apalagi dengan banyaknya pintu dan jendela di bangunan ini, Lawang Sewu memang mencolok mata dan sayang untuk dilewatkan. Meskipun terkenal dengan keangkerannya, namun wisatawan ternyata tak boleh mengunjungi tempat ini jika malam semakin larut. Meskipun begitu di siang hari, menikmati suasana mistis di Lawang Sewu tak kalah menegaangkan dan juga seru.

Klenteng Sam Po Kong

Salah satu bukti bahwa Semarang adalah kota yang toleran, traveller akan melihat penduduknya bebas melakukan ibadah dan kegiatan keagamaan tanpa gangguan dan juga halangan dari kelompok lain. Selain itu, beberapa tempat ibadahnya pun terbuka untuk dikunjungi oleh umum, asal travelelr dan wisatawan menjaga norma kesusilaan dan tidak mebuat kegaduhan di tempat ini. Hal ini terlihat dari Klenteng Sam Po Kong yang lokasinya berada di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Bar, Kota Semarang ini.

Dikenal juga dengan nama kuil Goa Batu oleh penduduk sekitar, klenteng ini menyajikan keindahan khas Tionghoa dengan warna-warna cerah yang memanjakan mata Anda. Di tempat ini, Anda bisa melihat patung Laksamana Cheng Ho dengan tingi mencapai 10 meter dan dinobatkan sebagai patung tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Jangan lupa mengabadikan momen traveling Anda dengan background Klenteng Sam Po Kong yang cantik ini. Untuk masuk ke Klenteng Sam Po Kong, wisatawan akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk umum dan Rp 3.000 saja untuk pelajar.

Komplek Pecinan Semarang

Bagi traveler yang ingin menikmati nuansa Pecinan yang kental, tak usah jauh-jauh datang ke Singapura. Cukup datang saja ke Gang Baru di mana Kompleks Pecinan dengan segala keramahan dan keunikannya bisa Anda rasakan. Di tempat ini Anda benar-benar akan merasa di salah satu kota di kawasan Pecinan. Berbagai keunikan dan budaya khas Tiong Hoa bisa Anda lihat di tempat ini. Selain itu banyaknya kuil dengan arsitektur yang menarik banyak terdapat di Kompleks Pecinan ini, menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus ke tempat ini. Selain itu, jangan lupa menikmati kuliner khas Pecinan disini. Salah satunya yang sangat terkenal adalah Pasar / Warung Semawis, yang disebut sebagai salah satu surga kuliner yang wajib dikunjungi jika traveling ke komplek Pecinan ini.

Kebun Binatang Mangkang

Bagi Anda yang traveling ke Semarang bersama dengan anggota keluarga, maka sempatkan waktu untuk mengunjungi Kebun Binatang Mangkang ini. Disebut sebagai salah satu yang terbesar di Semarang, Kebun Binatang Mangkang ini lokasi tepatnya ada di Jl. Walisongo KM 16, yang merupakan perbatasan Kota Semarang dengan kota Kendal. Terletak tepat di pinggir jalan raya, Kebun Binatang Mangkang ini dengan mudah ditemui traveller yang mengunjungi kota Semarang ini. Kebun binatang ini memiliki 150 koleksi hewan dari 40 spesies yang berbeda. Yang unik begitu mendekati lokasi bonbin ini, Anda akan disambut dengan sebuah patung burung merak raksasa berwarna hitam yang memberi ucapan selamat datang pada para pengunjung ke Kebun Binatang Mangkang.

Hutan Wisata Tinjomoyo

Lelah dengan hiruk pikuk perkotaan dan ingin menikmati hijaunya pemandangan alam? Hutan Wisata Tinjomoyo ini adalah lokasi tempat untuk traveler yang ingin menikmati sisi berbeda dari kota Semarang. Berada di Tinjomoyo, Banyumanik, Semarang; taman wisata yang didominasi oleh vegetasi tanaman pinus dan jati ini begitu hijau, rimbun dan juga asri. Dengan lebih kurang 200 pohon yang ditanam, tak heran begitu sampai di Hutan Wisata Tinjomoyo Anda akan terpesona dengan indahnya alam yang masih asri.  Di hutan wisata seluas 57.5 hektar ini, Anda bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan pedesan dan hutan yang masih asri tersebut.

Pantai Marina

Siapa bilang Semarang tak punya pantai yang indah dan layak untuk dikunjungi? Tak percaya? Datang saja ke Pantai Marina yang berlokasi di sebelah utara Kota Semarang ini. Pantai Marina adalah lokasi favorit wistawan dan penduduk lokal untuk menikmati sunset dan sunrise yang terkenal cukup indah jika dilihat dari tempat ini. Pantai dengan fasilitas yang cukup memadai ini menyediakan pemandangan alam yang indah, semilir air yang segar dan deburan air laut yang menenangkan. Tak heran jika banyak yang menjadikan Pantai Marina ini sebagai destinasi wajib jika berkunjung ke kota Semarang ini. Selain menikmati pemadangan alam, Anda juga bisa memancing, berperahu atau menikmati kuliner yang ada di sekitar pantai Marina ini. Untuk bisa menikamti keindahan pantai Marina ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp.4000 saja.

Bukit Gombel

Sumber: hantupedia.com

Selain Lawang Sewu, Semarang punya satu lagi ikon mistis yang snagat terkenal dan bsia Anda kunjungi jika traveling ke kota ini. Bukit Gembel namanya. Ya, dari bukit ini legenda hantu perempuan bernama Wewe Gombel berasal. Disebut sebagai salah satu tempat terangker di Semarang, namun uniknya Bukit gombel tak pernah sepi dari ramainya orang yang berkunjung. Ini karena selain cerita mistisnya yang kental, dari Bukit Gombel ini kita bisa menikmati indahnya pemandangan Semarang di malam hari. Gemerlap kota Semarang di malam hari bisa dengan jelas kita saksikan dari Bukit Gombel ini.

Vihara Buddhagaya Watugong

Destinasi traveling lain yang wajib dikunjungi jika traveling ke Semarang adalah Vihara Buddhagaya Watugong, yang letaknya ada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang. Wihara Buddha ini terkenal dengan arsitekturnya yang unik dan juga indah. Ornamen indah dan mendetail khas Tiong Hoa menghiasi vihara setinggi 7 lantai ini. Ada juga patung dewi Kwan Im yang menghadap 4 penjuru mata angin di setiap lantai Vihara Buddhagaya Watugong ini. Traveller atau wisatawan baisanya tak lupa untuk berfoto dengan Vihara Buddhagaya Watugong yang indah dan unik itu sebagai backgroundnya.

724

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here