Sumber: Weekend Notes

Musim semi adalah musim yang disukai oleh banyak orang. Musim peralihan dari musim dingin menuju musim panas ini memiliki suhu udara yang sejuk dan mulai terasa hangat. Bunga-bunga pun mulai bermekaran. Seluruh jalan dan taman menjadi begitu indah dan mempesona berkat kelopak bunga yang warna-warni tersebut.

Jika musim semi di sejumlah negara berlangsung pada bulan Maret hingga Mei, maka musim semi di Australia berlangsung pada bulan September hingga November. Udara yang nyaman bagi para penduduk membuat musim semi dipenuhi dengan aneka festival. Mulai dari festival musik, fauna, bunga, budaya, hingga olah raga.

Yang paling populer adalah festival bunga berhubung bunga-bunga ini hanya bermekaran pada saat musim semi saja. Beberapa festival bunga di Australia, konon ada yang sudah diselenggarakan sejak setengah abad yang lalu. Festival bunga ini menarik perhatian bagi banyak penduduk dan juga wisatawan.

Ingin berlibur pada saat musim semi nanti ke Australia? Kalau begitu, jangan lewatkan 5 festival bunga di Australia berikut ini!

Floriade

Sumber: 9Kitchen

Festival bunga yang diselenggarakan setiap tahun ini dipenuhi dengan aneka bunga yang cantik dan mengeluarkan bau harum. Diselenggarakan di Canberra, setidaknya ada lebih dari 500 ribu pengunjung yang berpartisipasi dalam festival ini. Biasanya festival Floriade ini berlangsung di Taman Commonwealth pada minggu kedua September hingga akhir Oktober, setelah perayaan Hari Buruh Canberra.

Total bunga yang ditampilkan pada festival ini ada sekitar satu juta bunga sehingga Floriade ini dianugerahi gelar festival bunga terbesar di belahan bumi selatan. Tidak hanya bisa menyaksikan kecantikan bunga-bunga, para pengunjung pun akan disuguhi pertunjukan musik, wahana permainan, dan aneka hiburan lainnya.

Kings Park Festival

Pada jaman dulu, Kings Park Festival dikenal dengan nama Wildflower Perth Festival. Festival yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1964 ini diadakan di Kings Park and Botanic Garden pada bulan September. Setidaknya ada 25.000 tanaman dengan puluhan spesies bunga liar yang tumbuh di sepanjang area Australia Barat dipamerkan di sini.

Meski festival ini sudah berusia puluhan tahun, para pengunjung tidak akan pernah merasa bosan ke sini karena setiap tahunnya ada hal yang unik. Jumlah tanaman semakin bertambah setiap tahunnya. Kamu juga bisa melihat cantiknya bunga-bunga yang diletakkan dalam wadah khusus. Selain pameran bunga, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan musik, aneka workshop, pameran kesenian, dan masih banyak lagi.

Teseelaar Tulip Festival

Tulip memang bunga nasional milik Belanda, namun bukan berarti kamu tidak bisa menemukannya di negara lain seperti Australia. Festival bunga tulip ini menampilkan lebih dari satu juta tulip yang terdiri atas 150 spesies. Lokasi festival ini berada di Dandenong Ranges, dekat dengan Melbourne.

Diadakan setiap bulan September, para pengunjung bisa menikmati festival ini dengan tema yang berbeda-beda setiap minggunya. Di sini juga ada wahana bermain, live music, serta kios penjual makanan dan minuman.

Baca Juga: Beberapa Negara Punya Bunga Nasional, Ini Daftarnya!

Toowoomba Carnival of Flowers

Toowoomba adalah sebuah kota yang dijuluki sebagai Garden City. Hal ini dikarenakan mereka memiliki aneka tanaman yang tumbuh subur. Festival bunga di Toowoomba ini sangat meriah. Diadakan selama 10 hari berturut-turut, festival ini mengusung tema yang berbeda-beda.

Berkat festival ini, setidaknya ada ribuan pengunjung yang datang ke Queensland. Para pengunjung ini akan disuguhkan beragam jenis bunga yang berasal dari seluruh dunia. Dalam festival ini ada kegiatan Grand Central Floral Parade, di mana para pejalan kaki dan mobil dihiasi dengan aneka bunga. Sepanjang jalan di Toowoomba pun terlihat semakin semarak dan cantik berkat parade ini. Selain menghiasi jalanan, parade ini juga bisa jadi objek foto keren untuk menghiasi timeline Instagram-mu.

Renmark Rose Festival

Sumber: ABC

Ketika musim semi tiba, kota Renmark yang berada di Australia Selatan akan menjadi begitu semarak. Berkat festival bunga Renmark Rose Festival yang diadakan setiap bulan Oktober selama 10 hari, kota ini menjadi indah dan ramai pengunjung.

Sesuai dengan nama festivalnya, festival ini dipenuhi dengan bunga mawar yang bermekaran dengan cantik. Festival bunga mawar ini tersebar secara serentak di beberapa area kota Renmark.

Renmark Rose Festival ini sudah berlangsung selama 23 tahun. Tujuan awal dari diadakannya festival ini adalah keinginan pemerintah setempat untuk memperkenalkan Renmark sebagai pusat bunga mawar Australia kepada seluruh masyarakat Australia bahkan dunia.

Dari sekian banyak taman yang menjadi lokasi diadakannya Renmark Rose Festival, taman yang paling populer adalah Ruston’s Rose Garden. Di taman ini, kamu bisa melihat aneka mawar yang berasal dari seluruh wilayah di Australia.

Dari kelima festival bunga di Australia tadi, festival mana yang akan kamu kunjungi saat liburan musim semi nanti?

964

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here