Sumber: Rocking Mama

Berlibur ke suatu kota atau negara memang menjadi aktivitas favorit semua orang. Berapa pun usiamu dan apa pun profesimu, kamu berhak untuk menikmati liburan tersebut dan bersenang-senang hingga puas.

Namun perlu kamu ingat, di mana ada hak tentu ada kewajiban juga. Supaya bisa menjadi wisatawan yang bijak dan cerdas, kamu harus memenuhi kewajiban selama liburan yaitu menjaga keasrian tempat wisata yang dikunjungi dan tidak melanggar norma setempat.

Apa saja sih yang harus kamu perhatikan? Beberapa di antaranya adalah tidak melakukan beberapa hal berikut selama liburan.

Membuang sampah sembarangan

Kebiasaan membuang sampah sembarangan sepertinya sudah mendarah daging bagi sejumlah masyarakat Indonesia. Coba mulai sekarang kamu terapkan pada diri sendiri agar dicontoh orang lain juga. Jangan membuang sampah sembarangan di semua tempat yang kamu kunjungi. Mulai dari restoran, kamar hotel, taman bermain, pantai, gunung, atau kebun binatang. Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan. Jika tidak menemukan tempat sampah, kamu bisa menyimpannya dulu di dalam kantong plastik kemudian membuangnya saat menemukan tempat sampah.

Saat berada di luar negeri, warga setempat cukup ketat dengan larangan membuang sampah sembarangan. Kamu tidak malu kalau nekat buang sampah sembarangan lalu kena denda pemerintah setempat? Selain itu, kamu juga akan merasa risih kan kalau pergi ke suatu tempat yang kotor karena sampah.

Merusak objek wisata

Sumber: Express

Masih ingat dengan kelakuan beberapa warga Indonesia yang merusak objek wisata di negara lain? Perilaku ini menjadi sorotan masyarakat dunia. Beberapa perilaku yang memalukan ini di antaranya mencoret-coret batu di gunung, menyampah di sungai, menyiram patung, menginjak bunga, merusak terumbu karang, dan sebagainya. Yuk, hargai objek wisata tersebut! Sudah membayar tiket masuk bukan berarti kamu berhak merusak objek wisata tersebut loh. Kamu cukup menikmatinya dengan melihat, mempelajari, dan memotretnya saja.

Membawa benda tajam

Membawa benda tajam dengan alasan untuk melindungi diri sebaiknya dipikirkan lagi baik-baik. Niatmu mungkin murni untuk melindungi diri. Tapi kamu tidak pernah tahu jika benda tajam yang kamu bawa itu bisa saja melukai orang lain atau lebih parahnya kamu dikira ingin berbuat jahat.

Membawa benda berbau menyengat

Hindari membawa benda berbau menyengat seperti durian atau bensin saat menaiki transportasi umum. Benda tersebut bisa membuat penumpang lainnya merasa risih dan tidak nyaman. Bahkan di Thailand, kamu bisa dikenai denda jika ketahuan membawa durian ke dalam kabin pesawat. Jadi, pastikan kamu meletakkan benda berbau menyengat tersebut di bagasi dan dibungkus dengan rapat agar baunya tidak menyebar.

Berbuat tidak senonoh

Berlibur bersama pasangan menikmati momen romantis saat liburan memang menyenangkan. Tapi kamu harus tahu diri saat berada di tempat umum. Jangan bermesra-mesraan atau malah melakukan tindakan senonoh di depan umum. Selain perilaku tersebut bisa saja tidak sesuai dengan norma setempat, kamu bisa jadi bahan omongan tidak sedap di antara orang lain. Yuk, belajar menghormati tempat umum dan bermesra-mesraan di tempat pribadi saja!

Memasuki area terlarang

Sumber: Amazon

Namanya saja area terlarang, tentu ada alasan dibalik larangan tersebut. Jangan coba-coba untuk memasukinya untuk uji nyali atau sok keren karena berani melanggar peraturan! Bisa jadi area tersebut tidak boleh dimasuki karena berbahaya bagi pengunjung. Misalnya kamu bisa saja merusak objek wisata yang rawan hancur atau sudah rapuh, mengganggu area pribadi pekerja setempat, atau terjebak dalam bahaya karena area tersebut rawan terjadi kecelakaan.

Egois saat berfoto

Berfoto di tempat wisata itu wajib hukumnya. Foto bisa jadi media untuk kenang-kenangan di kemudian hari sekaligus bukti untuk bisa pamer di media sosial. Saat berada di sebuah titik untuk foto, jangan bersikap egois terhadap pengunjung lain dengan berlama-lama saat berfoto. Jika keadaannya sepi, kamu bebas berfoto sampai puas. Tapi, jika ada pengunjung lain yang menunggu giliran untuk foto, kamu harus memotret dengan cepat. Jangan sampai mereka menunggu lama hingga kamu selesai. Ingat, tempat tersebut adalah tempat umum milik bersama. Bukan milik kamu seorang.

Memotret objek yang dilarang

Tempat wisata yang biasa dikunjungi adalah museum atau galeri seni. Pada tempat ini, kamu akan menemukan larangan untuk memotret objek seni menggunakan kamera SLR. Jangan iseng foto-foto ya. Perilaku tidak bertanggung jawab ini bisa membuat pemilik karya seni tersebut dirugikan. Lewat foto yang kamu ambil, orang lain bisa meniru dan menyalahgunakan karya tersebut.

Sudah paham dengan beberapa larangan di atas? Yuk, hindari tindakan tersebut dan ajak teman-teman untuk memahaminya juga! Percayalah, liburanmu akan semakin berkesan tanpa melakukan tindakan-tindakan tidak pantas tersebut.

Selamat berlibur dengan cerdas.

1021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here