Sumber: Seputar Semarang

Kalau jalan-jalan ke Semarang pasti kamu akan membayangkan Lawang Sewu, Simpang Lima, dan kuliner. Yap, selain terkenal dengan sejumlah tempat wisata alam dan bersejarah, Semarang juga terkenal dengan wisata kulinernya.

Sayang sekali rasanya jika kamu sudah sampai di Semarang tapi tidak mencicipi aneka kuliner khas Semarang yang nikmat. Tidak perlu jauh-jauh, kamu hanya perlu berkeliling di kawasan Simpang Lima dan sekitarnya. Untuk memandumu, kami akan berikan daftar kuliner nikmat nan murah meriah di sana. Silahkan dicatat!

Gudeg Koyor Mbak Tum

Jika gudeg Jogja memiliki rasa yang manis, maka gudeg yang satu ini rasanya lebih gurih dan dilengkapi dengan pete. Selain gudeg, kamu juga bisa menjajal menu lontong opor yang disajikan bersama aneka lauk dan kuah opor yang kental. Ketika mampir ke warung makan ini, harus siap mengantri dengan pengunjung lainnya ya. Harga makanan di sini berkisar pada 15 ribu hingga 25 ribu rupiah. Gudeg Koyor Mbak Tum ini mulai beroperasi pada pukul 18:00 hingga 03:00 WIB.

Leker Paimo

Sumber: TripAdvisor

Kamu yang hobi jajan pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan kue leker. Kue leker yang paling melegenda di Semarang dan wajib kamu coba adalah Leker Paimo. Ada aneka pilihan topping seperti cokelat, kacang, pisang, telur, kornet, keju, dan masih banyak lagi. Beli satu saja rasanya tidak akan cukup deh. Apalagi kalau harganya hanya seribu hingga 16 ribu rupiah. Leker Paimo ini buka pada pukul 9:30 hingga 17:00 WIB.

Kampung Nasi

Sebagai orang Indonesia, rasanya tidak akan kenyang kalau belum makan yang namanya nasi. Kampung Nasi adalah sebuah rumah makan yang menyediakan nasi dengan banyak varian. Mulai dari menu nasi tradisional hingga yang modern, semua ada di sini. Misalnya saja nasi ayam bakar madu, nasi ayam bumbu kacang, nasi timbel, nasi ayam printil, nasi bakar, nasi bistik ayam, dan masih banyak lagi. Harga menunya cukup bervariasi dari 9 ribu hingga 13 ribu rupiah. Kampung Nasi ini buka dari pukul 10:00 sampai 15:00 WIB.

Nasi Pecel Mbok Sador

Jalan-jalan ke daerah di Jawa tidak sah nih kalau belum menjajal nasi pecel. Nasi pecel yang cukup populer di Semarang adalah Nasi Pecel Mbok Sador yang sudah ada sejak puluhan tahun silam. Rasa bumbu pecelnya sangat khas dan nikmat. Tidak heran kalau ada banyak orang yang rela mengantri, apalagi harganya murah hanya sekitar 6 ribu rupiah saja. Menu Nasi Pecel Mbok Sador ini dijual mulai dari pukul 17:00 hingga 23:00 WIB.

Nasi Ayam Bu Wido

Nasi ayam yang dijual di sini berbeda dengan nasi ayam kebanyakan. Hidangan nasi Ayam Bu Wido ini disajikan di atas daun pisang dengan lauk ayam, telur rebus, sayur, dan siraman kuah santan encer yang sangat gurih. Harganya mulai dari 10 ribu rupiah per porsinya. Warung makan ini buka pada pukul 17:00 hingga 23:00 WIB.

Baca Juga: 10 Destinasi yang Wajib Dituju Jika Traveling ke Semarang

Nasi Liwet Bu Widodo

Sekilas, Nasi Liwet Bu Widodo ini terlihat seperti nasi liwet pada umumnya. Yang membedakannya adalah para pengunjung bisa memilih lauknya sendiri seperti ayam, telur, dan sayuran. Dan yang paling penting adalah sesendok sambal goreng pepaya yang rasanya pedas nikmat. Dijamin kamu akan semakin bersemangat untuk melahapnya. Harganya pun cukup murah, hanya 10 ribuan rupiah saja per porsinya. Nasi Liwet Bu Widodo ini mulai dijual pukul 17:00 hingga 00:00 WIB.

Es Puter Cong Lik

Di tengah udara panas, kuliner yang bisa jadi penyelamatmu adalah es. Saat berada di Semarang, pastikan kamu mencicipi Es Puter Cong Lik yang tersohor. Es puter tradisional ini tersedia dalam aneka rasa seperti alpukat kelapa, cokelat, dan durian. Rasanya manis, gurih, dan menyegarkan. Es puter ini hanya dibuat menggunakan bahan alami. Harga per mangkoknya 15 ribu rupiah. Kedai es ini buka pada pukul 18:00 hingga 00:00 WIB.

Soto Ayam Khas Kudus Mbak Lin

Dalam semangkuk soto ayam, biasanya kamu akan menemukan suwiran daging ayam dan bihun. Namun di warung Soto Ayam Khas Kudus Mbak Lin, kamu bisa menambahkan aneka lauk seperti tempe, perkedel, gorengan, dan sate ke dalam soto. Disantap selagi hangat, rasanya semakin nikmat. Harganya dimulai dari 8 ribu rupiah per porsi. Warung soto ini buka pada pukul 7:30 hingga 22:00 WIB.

Tahu Gimbal Pak Edy

Sumber: KSM Tour

Penasaran tidak sih ketika mendengar namanya, Tahu Gimbal? Seporsi tahu gimbal ini terdiri dari potongan tahu goreng, irisan kol, ketupat, gimbal udang, kerupuk udang, dan bumbu kacang spesial. Rasanya manis, gurih, dan pedas. Cocok untuk menjadi camilan malam hari. Harganya hanya 13 ribu rupiah per porsi. Warung Tahu Gimbal Pak Edy ini buka pukul 16:00 hingga 00:00 WIB.

Jangan keburu kenyang dulu karena masih ada lanjutan dari daftar di atas!

770

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here