Kota Pekanbaru sebagai kota terbesar di Provinsi Riau memiliki beragam destinasi wisata sejarah dan kota, sehingga membuat kota ini ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Mulai dari panganan khas, tempat wisata, hingga oleh-oleh uniknya membuat banyak orang menempatkan perhatiannya pada Pekanbaru.

Jika berkunjung ke kota Pekanbaru namun pulang hanya dengan tangan kosong maka akan terkesan sia-sia. Oleh karena itu, jangan sampai kamu lupa untuk membeli oleh oleh khas Pekanbaru. Ada banyak pilihan yang bisa kamu beli.

LEMPUK DURIAN

Hampir semua kota di Sumatera termasuk Pekanbaru memang terkenal akan duriannya. Tak heran, jika kota ini juga memiliki beragam oleh-oleh khas olahan durian. Salah satu oleh oleh khas Pekanbaru yang paling populer adalah lempuk, makanan tradisional yang mirip dodol. Lempuk durian bisa kamu dapatkan di Toko Lempuk Durian Asli Bengkalis yang berada di Jalan Merpati Sakti Gang Yoyo No 17, Simpang Baru.

Lempuk Durian

Harga yang ditawarkan bermacam-macam, tapi disarankan kamu membawa pulang yang berukuran 400 gram dengan harga Rp60.000. Kalau mau membawa lebih banyak, kamu bisa memilih ukuran yang lebih besar dengan harga sekitar Rp120.000.

LOPEK BUGI

Oleh oleh khas Pekanbaru yang berupa camilan mungil satu ini menjadi favorit wisatawan karena rasanya manis. Kamu bisa menemukan lopek bugi di berbagai sudut Pekanbaru. Salah satu tempat rekomendasi untuk mendapatkan lopek bugi adalah Lopek Bugi Bu Elis yang berlokasi di Jalan Arifin Achmad dan dekat Danau Bingkuang, Kampar.

Makanan yang juga dikenal dengan nama lepat bugi ini dibuat dari santan, air pandan, garam, pulut hitam, dan tepung beras. Ada dua jenis lopek bugi yang dijual di sini, yakni pulut putih dan pulut hitam. Keduanya dijual dengan harga sama, yaitu sekitar Rp12.000 saja. Karena ukurannya kecil, setidaknya kamu perlu membeli dua paket lopek bugi untuk dijadikan oleh-oleh.

DODOL KEDONDONG

Di berbagai kota, kedondong biasa diolah menjadi asinan atau rujak buah. Namun, lain halnya di Pekanbaru. Di Pekanbaru, kedondong justru diolah menjadi dodol. Cita rasa kedondong yang asam akan dipadukan dengan aneka bahan dodol yang manis. Sebuah perpaduan nikmat untuk camilan yang bisa kamu bawa pulang.

Biasanya, dodol kedondong dibanderol dengan harga Rp15.000 – Rp20.000. Kamu bisa menemukannya di aneka toko souvenir khas Pekanbaru yang tersebar di seluruh kota. Bahkan, di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pun tersedia aneka pilihan dodol kedondong.

SALAI IKAN PATIN

Salai ikan atau ikan asap merupakan salah satu ikon Kota Riau yang sedang naik daun. Beragam ikan air tawar, khususnya ikan patin, diolah menjadi salai dengan cara dibakar pada asap. Saat proses pembakaran, besar api harus stabil agar kualitasnya merata. Oleh karena itu, minimal pembakaran memakan waktu sekitar 24 jam hingga daging ikan tampak kecokelatan. Oleh oleh khas Pekanbaru yang satu ini bisa kamu temukan di berbagai sisi Kota Riau, termasuk di toko-toko suvenir populer. Harganya dibanderol Rp14.000 – Rp17.000 per porsi, tergantung dari toko dan ukuran salai ikan patin yang dijual.

PASTEL IKAN PATIN

Oleh-oleh khas Pekanbaru ini kabarnya sudah dikenal hingga Negara Thailand. Tak heran, kalau pastel dengan isian aneka sayur dan ikan patin ini begitu populer di kalangan wisatawan. Kamu bisa menemukannya di aneka toko oleh-oleh seperti Pasar Bawah, Pasar Cik Puan, Pekanbaru Malay, Mega Rasa, hingga di sekitar bandara kota.

Harga jual pastel ikan patin per kotak dibanderol cukup murah, yaitu Rp22.000 saja. Terdapat berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih seperti original, kopi, dan pandan. Terkenal memiliki rasanya yang amat lezat, sebaiknya kamu membeli cukup banyak.

AMPLANG TENGGIRI

Penggemar amplang tak boleh melewatkan kelezatan amplang tenggiri yang menjadi khas Pekanbaru. Kamu bisa menemukannya di Toko Mega Rasa yang berada di Jalan Jendral Sudirman No 397. Ada dua jenis yang bisa kamu beli, yakni Sumber Rezeki Amplang Tenggiri ukuran sedang yang dibanderol Rp22.500 ataupun ukuran besar dengan harga Rp42.000.

Selain amplang tenggiri, kamu juga bisa membeli variasi lain seperti Amplang Udang. Produk yang cukup populer adalah Amplang Cik Miss Udang dengan harga Rp28.500 dan Naya Amplang Udang dengan harga Rp18.000. Rasanya yang gurih dijamin tidak akan membuat kamu bosan saat menikmatinya.

KUE BANGKIT

Memiliki ukuran mini, kue yang terbuat dari sagu ini bisa dimakan dalam sekali hingga tiga kali gigit. Oleh-oleh ini biasanya selalu dibawa pulang oleh para wisatawan yang baru datang ke Kota Pekanbaru. Mereknya bermacam-macam, namun yang cukup populer adalah Kue Bangkit dengan merek Kembang.

Kue Bangkit dijual mulai dari Rp15.000 hingga Rp85.000, tergantung dari merek dan jumlah yang kamu beli. Biasanya, para wisatawan membeli sekitar tiga bungkus kue bangkit untuk dibawa pulang.

ROTI JALA

Oleh oleh khas Pekanbaru yang unik dan wajib kamu bawa pulang adalah Roti Jala. Berbentuk seperti jala untuk menangkap ikan, roti ini pun dinamakan sama. Menjadi salah satu makanan khas Pekanbaru, roti jala bisa kamu temukan di berbagai tempat. Untuk menikmatinya, roti jala dimakan dengan kuah yang terbuat dari berbagai macam bahan seperti kari dan durian. Namun, kamu tetap bisa membeli roti jala tanpa kuah dengan harga sekitar Rp2.000 per roti atau Rp70.000 per kilonya.

Sementara bagi yang ingin merasakan nikmatnya kuah roti jala, kamu bisa membeli paketnya langsung. Dengan bujet Rp30.000, kamu bisa mendapatkan roti jala kuah durian yang berisi lima roti dengan kuah yang lezat.

KACANG PUKUL

Oleh oleh khas Pekanbaru berupa camilan satu ini tak boleh terlewatkan oleh penggemar makanan olahan kacang. Mirip dengan ting-ting Jawa, camilan dari kacang tanah dan gula ini memiliki rasa manis dengan tekstur renyah yang bisa membuat kamu ketagihan. Kue khas ini cocok untuk dimakan bersama teh ataupun kopi.

Kacang pukul bisa kamu temukan di banyak toko oleh-oleh Pekanbaru, tetapi yang paling populer adalah Kacang Pukul HH dari Kota Bagansiapiapi dengan harga Rp25.000 per kotaknya. Satu kotak biasanya diisi hingga lima belas kacang pukul. Agar kamu lebih puas, tak ada salahnya untuk membeli lebih dari satu kotak.

PEYEK JANGKRIK

Pernahkah kamu mencicip bagaimana cita rasa dari jangkrik? Jika belum, maka kamu tidak boleh melewatkan oleh oleh khas Pekanbaru satu ini. Penduduk Pekanbaru mencoba melakukan inovasi terhadap makanan ringan yang begitu merakyat, yakni peyek. Jika peyek biasanya menggunakan udang rebon dan kacang, maka mereka menggantinya dengan jangkrik.

Serangga yang masih berkerabat dengan belalang ini diolah sebagai bahan utama pembuatannya. Apabila kamu penasaran, kamu harus membelinya. Peyek jangkrik mempunyai rasa yang gurih dengan tekstur renyah. Sebagai informasi, jangkrik merupakan bahan makanan yang halal. Untuk mengecek kepastiannya, kamu bisa melihat Fatwa MUI melalui No. KEP 139/MUI/IV/2000.

VIZ CAKE

Toko oleh-oleh khas Pekanbaru satu ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman No 16. Tempatnya cukup populer, jadi kamu akan menemukannya dengan mudah. Setiap harinya, Viz Cake buka pukul 08:00 – 18:00. Ada beragam kue yang ditawarkan, salah satunya adalah Roti Durian Cheese dengan harga sekitar Rp37.000 atau Kue Panggang Soft Durian Original yang dibanderol seharga Rp32.000.

 

Bagi kamu pencinta pisang, kamu bisa membeli Cake Pisang Pandan Cheese seharga Rp47.000 atau Cake Pisang Blueberry yang dibanderol Rp42.000 untuk dibawa pulang. Olahan pisang lainnya yang menjadi menu favorit di sini adalah Banana Bread dengan harga kurang lebih Rp51.000. Agar tidak kehabisan, kamu disarankan untuk datang pada jam buka atau saat makan siang.

859

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here