Sumber: Malang Voice

Saat liburan ke luar kota, biasanya para wisatawan akan memilih untuk sarapan di hotel karena sudah sepaket, praktis, dan menghemat waktu. Tapi rasanya akan sayang jika kamu terus-menerus sarapan dengan menu yang ada di hotel karena masing-masing kota memiliki menu sarapan yang cukup menggoda, salah satunya adalah Malang.

Menu sarapan di Malang akan membuat kamu bersemangat dan bisa memberikan energi tiba waktu makan siang nanti. Harganya pun sangat bersahabat. Tidak percaya? Langsung saja buktikan sendiri dengan mencicipi aneka menu sarapan wajib di kota Malang berikut ini!

Nasi Trancam Pawon Kraton Karuman

Sumber: Cookpad

Menu sarapan yang pertama adalah nasi trancam. Namanya cukup asing di telinga kita, bukan? Nasi trancam ini berisi aneka sayuran dan ayam goreng yang diberikan bumbu parutan kelapa. Rasanya sangat gurih dan membuatmu bersemangat untuk melakukan aktivitas. Untuk mencicipi nasi trancam ini, kamu bisa pergi menuju Pawon Kraton Karuman di Jalan Raya Tlogomas. Rumah makan ini buka pukul 6:00 hingga 21:00 WIB.

Rawon dan Soto Taman Jajan Al Fatih

Rawon dan soto adalah menu makanan yang biasanya disantap pada siang hari karena cukup berat. Tapi, untuk kamu yang memiliki perut karet tidak ada salahnya menyantap kedua menu ini di pagi hari. Hangatnya semangkuk rawon atau soto ini akan membuat tubuh terasa hangat di tengah udara dingin. Rawon dan soto yang tepat untuk sarapan adalah Rawon dan Soto Taman Jajan Al Fatih yang berada di kawasan Perumahan Sawojajar. Kedai makan ini buka pada pukul 6:00 hingga 22:00 WIB.

Nasi Jejen Warung Bu Umi

Masih berada di kawasan Perumahan Sawojajar, menu sarapan yang wajib kamu coba adalah nasi jejen milik Warung Bu Umi. Nasi jejen sendiri adalah nasi campur khas Madura. Lauknya ada telur rebus, dendeng, oseng daging, dan tentunya bumbu serundeng yang manis dan nikmat. Kedai makan yang satu ini buka mulai pukul 5:30 hingga 14:30 WIB.

Bubur Ayam Cak Mun

Kalau menu yang satu ini rasanya sudah menjadi menu sarapan nasional, bubur ayam. Ketika ada di Malang sempatkan untuk sarapan di Bubur Ayam Cak Mun yang berada di Jalan Kawi Atas. Menu bubur ayam ini pastinya terdiri dari bubur, suwiran daging ayam, kacang goreng, daun seledri, kuah kari, kerupuk, dan bawang goreng. Asyiknya saat makan di sini, kamu bisa nambah kuah dan kerupuk sepuasnya. Bila kurang, tambahkan saja sate ati atau ampela! Kamu bisa menikmati bubur ayam ini mulai dari pukul 6:00 hingga 12:00 WIB setiap hari Senin sampai Sabtu.

Bubur Ayam Dreams Café & Resto

Ingin menikmati sarapan bubur yang lebih mewah sedikit? Cobalah mampir mencicipi bubur ayam di Dreams Café & Resto yang berada di Jalan Retawu nomor 9, Oro-oro Dowo. Keunikan bubur ayam yang dijual di sini adalah banyaknya pilihan menu pendamping bubur. Tidak hanya sate, tapi ada juga aneka tahu masak, cakwe, buncis, dan masih banyak lagi. Rumah makan yang satu ini buka setiap Kamis hingga Selasa pukul 7:00 hingga 22:00 WIB.

Baca Juga: Traveling ke Surabaya, Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas yang Lezat Ini

Pecel Sarangan Bedjo

Liburan ke Malang belum sah jika belum sarapan nasi pecel! Untuk mendapatkan nasi pecel ternikmat di Malang, pergilah ke Pecel Sarangan Bedjo yang ada di kawasan Sulfat dan Puncak Mandala. Porsi nasi pecelnya tidak terlalu banyak sehingga sangat pas untuk sarapan. Satu porsi nasi pecel ini dilengkapi dengan aneka sayuran, bakwan, peyek, nasi, dan pastinya bumbu pecel yang endes. Pecel Sarangan Bedjo ini buka setiap Sabtu hingga Kamis pada pukul 6:00 hingga 11:00 WIB.

Nasi Pecel Mustika

Sumber: Foodandteatraveller

Tidak sempat mengunjungi Pecel Sarangan Bedjo? Tenang, ada alternatif lain untuk nasi pecel yaitu Nasi Pecel Mustika yang ada di Jalan Rajakwesi. Nasi pecel yang cukup legendaris di Malang ini sekilas mirip dengan penampilan nasi pecel pada umumnya, namun ada tambahan ekstra berupa telur rebus dan potongan timun. Membayangkannya saja sudah terasa nikmat, ya? Harga satu porsinya hanya 12 ribu rupiah. Warung makan ini buka pada pukul 7:00 hingga 13:30 WIB.

Nasi Buk Khas Madura “Mbok Siti”

Makan makanan khas Madura di Malang? Bisa saja! Kamu hanya perlu pergi ke Nasi Buk Khas Madura “Mbok Siti” di Pasar Helm. Satu porsi nasi buk ini terdiri dari nasi putih, tempe goreng, sate, telur, peyek, taoge, dan sebagainya. Lokasinya yang berada dekat dengan Stasiun Malang membuatnya sangat pas untuk dinikmati setibanya kamu di Malang pada saat pagi hari.

Yuk, catat daftar di atas, jangan melulu sarapan di hotel!

384

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here