Sumber: Visit London

Tahun Baru Imlek selalu dipenuhi dengan berbagai kegiatan dan dekorasi yang meriah di beberapa sudut kota. Perayaan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia ini juga dinantikan oleh masyarakat keturunan lainnya yang ingin memahami kebudayaan Tionghoa ataupun hanya sekedar berlibur saja karena Imlek ini merupakan hari libur nasional.

Bagi kamu yang tinggal di kota kecil atau minoritas penduduk keturunan Tionghoa namun ingin merasakan suasana Imlek, serta kamu yang keturunan Tionghoa tapi bosan dengan suasana Imlek di kota tempat tinggal, yuk coba kunjungi 5 kota di Indonesia berikut ini! Masing-masing kota tentu memiliki cara merayakan Imlek yang berbeda satu sama lain. Langsung saja simak daftar kotanya, ya.

Semarang

Sumber: Solo Pos

Di Semarang kamu bisa menemukan 10 kelenteng. Beberapa di antaranya adalah Kelenteng Tay Kak Sie yang merupakan kelenteng tertua dan terbesar di Semarang. Ada juga Kelenteng Sam Po Kong yang cukup populer di kalangan wisatawan dalam negeri.

Kota Semarang memiliki kawasan pecinan yang juga menjadi lokasi utama perayaan Tahun Baru Imlek. Suasananya sudah pasti sangat meriah. Sepanjang jalan pecinan ini didekorasi dengan pernak-pernik khas Imlek seperti lampion. Kamu juga bisa berkunjung ke Pasar Semawis untuk berbelanja pernak-pernik khas Imlek atau sekedar menikmati kesibukkan masyarakat keturunan Tionghoa yang sedang mempersiapkan perayaan tersebut.

Di Pasar Semawis juga kamu bisa menyaksikan pertunjukan khas Imlek selain barongsai yaitu permainan toya atau tongkat panjang yang digunakan untuk melawan musuh serta wushu yang dilakukan oleh biksu shaolin. Cukup menghibur, ya?

Baca Juga: Pertunjukan yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Mengunjungi 4 Negara Ini

Jakarta

Sebagai ibu kota Indonesia, tidak heran ada banyak warga pendatang dari berbagai termasuk etnis Tionghoa. Keberagaman etnis yang ada di Jakarta tidak menghalangi masyarakat keturunan Tionghoa untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Bahkan tidak jarang, etnis lainnya turut berpartisipasi dalam perayaan ini.

Lokasi utama perayaan Imlek di Jakarta bisa kamu temukan di kawasan pecinan Petak Sembilan, Glodok. Kawasan ini memiliki 4 kelenteng yang ramai didatangi warga untuk berdoa mengucap syukur untuk tahun yang baru.

Bosan berkunjung ke kawasan pecinan? Kamu bisa beralih ke sejumlah mall yang ada di Jakarta. Umumnya mall-mall tersebut akan diramaikan dengan dekorasi khas Imlek serta memiliki kegiatan seru seperti pertunjukan barongsai hingga lomba-lomba seru. Sepanjang jalan utama di Jakarta juga diramaikan dengan dekorasi berwarna serba merah.

Surabaya

Ibu kota Provinsi Jawa Timur yang juga dikenal sebagai Kota Pahlawan ini memiliki cara tersendiri untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Perayaannya sendiri berpusat di Kelenteng Hong Tiek Hian, kelenteng tertua di Surabaya. Klenteng ini adalah tempat ibadah para umat Konghucu, Tao, dan Buddha Tri Dharma.

Di klenteng ini kamu bisa menyaksikan pertunjukan wayang potehi yang menarik dan sudah banyak dikenal orang. Wayang potehi sendiri berbentuk boneka dari kain dengan tokoh-tokoh asal Tiongkok dan ceritanya seputar kehidupan dinasti lampau. Klenteng pun dihias semeriah mungkin sehingga para pengunjung akan merasa bagaikan sedang liburan ke Tiongkok.

Puas menyaksikan pertunjukkan wayang potehi, kamu bisa beralih ke wisata kuliner khas Tionghoa di Kya-kya Surabaya yang merupakan kawasan pecinan sekaligus pusat kuliner.

Palembang

Sumber: Tribun News

Bagi kamu yang berada di Pulau Sumatera, kunjungilah Palembang pada masa-masa persiapan menjelang hari Tahun Baru Imlek. Pusat kegiatan perayaan ini ada di kawasan pecinan Jalan Dempo. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu saksikan. Di antaranya adala pertunjukan lampion dan barongsai.

Ingin berkunjung ke rumah ibadah tertua penganut Buddha di Palembang? Klenteng Dewi Kwan Im jawabannya. Klenteng yang berada di Kelurahan 10 Ulu ini dihiasi ratusan lampion untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Kawasan ini juga terkenal dengan pempek yang nikmat, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Palembang yang satu ini juga ya setelah menikmati kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek.

Bogor

Lokasi Bogor tidak terlalu jauh jika ditempuh dari Jakarta dan sekitarnya sehingga kota ini selalu dipadati wisatawan yang ingin menikmati suasana Imlek. Di sini ada banyak lokasi pusat perayaan Tahun Baru Imlek. Lokasi yang pertama ada di kawasan Suryakencana. Di kawasan Suryakencana ini kamu bisa menemukan wisata budaya dan religi, serta kuliner seperti ngohiang, nasi campur, berbagai asinan, dan masih banyak lagi.

Lima belas hari setelah perayaan Imlek atau biasa dikenal dengan istilah Cap Go Meh ada juga Cap Go Meh Street Fest yang mengambil lokasi di Vihara Dhanagun, tepatnya di area gerbang utama. Festival ini tidak hanya mempertunjukkan kebudayaan Tionghoa tapi juga kebudayaan tradisional misalnya saja barongsai, liong, hingga tari tradisional masyarakat setempat. Semuanya tampak damai dan justru sangat menarik.

Jadi, liburan Imlek tahun ini akan dirayakan di kota mana nih?

354

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here