Sumber: Giant Tours and Travel

Bagi para pecinta pantai eksotis yang suasananya tidak seramai Bali, Lombok adalah pilihan destinasi liburan yang sangat tepat. Tapi tahukah kamu kalau Lombok ini tidak melulu tentang pantai, tapi juga ada aneka tempat wisata lainnya? Misalnya saja seperti gua, taman nasional, gunung, dan sebagainya.

Jika kamu sudah bosan dengan aneka gili yang ada di Lombok, coba simak beberapa tempat wisata alam lainnya di Lombok yang akan membuatmu terpesona berikut ini!

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Gunung yang terkenal di Lombok adalah Gunung Rinjani. Banyak orang yang mengira harus mendaki dulu ke puncaknya untuk menikmati pesona Gunung Rinjani, nyatanya kamu bisa menikmatinya dari kejauhan dan tentunya tanpa perlu mendaki.

Lokasi tersebut adalah di Taman Wisata Pusuk Sembalun. Dari tempat yang berada di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut ini kamu bisa melihat puncak Gunung Rinjani yang diselingi kabut dan awan. Perjalanan menuju bagian atas Taman Wisata Pusuk Sembalun ini cukup berangin dan di sekitarnya kamu bisa menyaksikan hutan, perkebunan, sawah, bahkan kebun stroberi. Bawalah makanan untuk dinikmati di gazebo dan tentunya jaket untuk menghalau udara dingin.

Gua Bangkang

Sumber: Paket Wisata Lombok

Di Lombok ada sebuah gua yang sudah berumur ratusan tahun. Lokasinya berada di tengah Desa Bangkang dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Yang ikonik dari Gua Bangkang adalah bagian guanya yang berlubang sehingga pada pagi dan siang hari, sinar matahari bisa menyeruak masuk. Sangat eksotis dan cocok untuk berfoto.

Waktu terbaik untuk mengunjunginya tentu pada saat matahari masih bersinar. Tapi jika kamu ingin berpetualang dengan kelelawar penghuni gua ini, datanglah pada saat matahari terbenam dan saksikan bagaimana ribuan kelelawar akan keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Jangan lupakan payung atau jas hujan untuk menghindari kotoran kelelawar ya.

Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan disebut-sebut memiliki salah satu pemandangan alam yang paling mempesona di Lombok. Bagaimana tidak, dari ketinggian kamu akan disuguhi pemandangan berupa hamparan sawah yang terbagi atas petak-petak besar. Menariknya lagi, petak-petak sawah ini tidak memiliki warna yang sama melainkan ada yang berwarna hijau, berwarna kuning, atau berwarna cokelat. Sangat cantik dan mengingatkan kita akan karpet dari kain perca.

Oh ya, dari sini juga kamu bisa melihat pesona Gunung Rinjani di kejauhan. Selain itu, Bukit Rinjani juga merupakan salah satu rute alternatif untuk memulai pendakian Gunung Rinjani. Ketinggiannya sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut.

Bukit Pergasingan sendiri bisa didaki dan untuk tiba di puncaknya, kamu akan menghabiskan waktu selama 4 jam. Di sini ada banyak pengunjung yang berkemah untuk mengejar pesona matahari terbit yang muncul dari balik Gunung Rinjani. Tiket masuk ke Bukit Pergasingan adala 10 ribu rupiah per orang.

Pantai Semeti

Saat berkunjung ke Pantai Semeti, jangan harap bisa menemukan hamparan pasir putih yang lembut. Di sini kamu akan disambut oleh tebing-tebing yang teksturnya unik. Sekilas tebing ini terlihat seperti Planet Krypton. Di satu sisi bahkan ada tebing yang bentuknya menyerupai piramida. Kamu bisa memanjat tebing setinggi 20 meter ini, tapi harus ekstra hati-hati ya. Gunakanlah sepatu karena bebatuannya kasar.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Hotel Unik dan Keren di Lombok!

Air Terjun Mangku Sakti

Tempat wisata Air Terjun Mangku Sakti memiliki tebing berwarna cerah yang terkikis secara alami dan penampilannya sangat cantik. Air yang mengalir terlihat keruh namun tetap bersih dan menyegarkan. Warna keruh ini diakibatkan oleh kandungan belerang yang konon bermanfaat untuk kesehatan kulit. Air terjun ini berada di Desa Sajang. Untuk masuk ke kawasan ini kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan saja.

Air Terjun Benang Kelambu

Sumber: Catatan Caderabdul

Jangan kaget ketika berkunjung ke Air Terjun Benang Kelambu karena kamu tidak hanya akan menemukan 1 air terjun, tapi 6 sekaligus. Keenam air terjun ini mengalir di antara pepohonan sehingga air yang jatuh terlihat bagaikan tirai kelambu. Sangat cantik dan romantis. Lokasinya berada tersembunyi di area persawahan.

Di bagian air terjun paling bawah, kamu bisa menyelinap ke bagian belakangnya dan berpose di balik tirai air tersebut. Keren banget ya! Untuk masuk ke sini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja. Jika masih ada waktu, sempatkan diri untuk berkunjung ke Air Terjun Benang Stokel yang lokasinya cukup dekat dari sini.

Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun lainnya yang cukup tersembunyi di Lombok adalah Air Terjun Tiu Kelep yang jaraknya sekitar 3 km dari Kota Mataram. Wisata air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Kolamnya sangat jernih dan airnya cukup dingin.

Untuk tiba di lokasi, kamu harus berjalan menyintas jembatan beton yang cukup licin dan hutan lebat berisi pohon besar. Agar tidak menyasar, kamu disarankan untuk menggunakan jasa pemandu.

Jangan beranjak dulu karena masih ada daftar lanjutannya!

208

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here