Sumber: APW Tour

Bagi para pecinta pantai eksotis yang suasananya tidak seramai Bali, Lombok adalah pilihan destinasi liburan yang sangat tepat. Tapi tahukah kamu kalau Lombok ini tidak melulu tentang pantai, tapi juga ada aneka tempat wisata lainnya? Misalnya saja seperti gua, taman nasional, gunung, dan sebagainya.

Jika kamu sudah bosan dengan aneka gili yang ada di Lombok, coba simak beberapa tempat wisata alam lainnya di Lombok yang akan membuatmu terpesona berikut ini!

Tanjung Bloam

Sumber: Blog Reservasi

Kami jamin kamu akan sangat terpesona ketika melihat pemandangan yang ada di Tanjung Bloam. Keberadaannya tidak diketahui banyak wisatawan sehingga perlahan mulai dilupakan. Pesona alamnya terletak pada tebing yang mengapit pantai dan batu karangnya yang membentang di sepanjang luar garis pantai. Suasananya sangat eksotis.

Warna batu karang yang kecokelatan berpadu dengan warna air yang biru jernih. Kontras namun selaras. Airnya yang jernih membuat setiap pengunjung bisa menyaksikan bagian dasar pantai.

Lokasi Tanjung Bloam ini terbilang cukup sulit dijangkau, namun akan sangat layak untuk dikunjungi. Bagi para penggemar olahraga selancar, bawalah perlengkapan sendiri karena ombaknya cukup menantang.

Kemaslah barang-barangmu dengan tas anti air dan gunakan sepatu yang tepat karena jalanan berbatu di sini cukup licin dan selalu basah. Oh ya, Tanjung Bloam ini juga merupakan area konservasi penyu sehingga kamu bisa bertemu dengan penyu ini bahkan berenang bersama. Tidak ada biaya tiket masuk di sini, kamu hanya perlu membayar parkir saja.

Pantai Antak-antak

Kawasan Sekaroh adalah kawasan yang dipenuhi oleh pantai, salah satunya adalah Pantai Antak-antak. Pantai ini tidak sepopuler Pantai Pink yang masih ada di dalam satu kawasan. Padahal pantai perawan ini sangat menarik dan mempesona.

Pantainya sendiri memiliki ombak yang cukup besar sehingga kurang aman untuk digunakan berenang. Tapi untungnya, di pantai ini juga ada kolam-kolam kecil yang terbentuk alami. Kolam-kolam kecil inilah yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Kolam ini tidak terlalu dalam, tapi pas untuk berenang atau pun sekedar berendam. Saking jernihnya, air di kolam ini terlihat berwarna hijau dan kamu bisa melihat dasarnya.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan lompat tebing menuju kolam-kolam tadi. Tapi harus tetap hati-hati ya supaya tidak membentur karang dan terluka. Pantai Antak-antak ini lokasinya cukup dekat dengan Tanjung Ringgit.

Air Terjun Burung Walet

Sumber: APW Tour

Air Terjun Burung Walet adalah salah satu air terjun yang tergolong baru karena mulai populer pada tahun 2015. Sayangnya warga lokal pun belum semuanya tahu tentang keberadaan air terjun ini, jadi pastikan kamu berkunjung ke sana untuk membantu meningkatkan pariwisatanya ya.

Air Terjun Burung Walet ini berada di dalam gua. Air terjun ini mengalir ke dalam sebuah kolam alami yang bisa kamu gunakan untuk berendam atau mandi. Airnya sangat sejuk. Untuk tiba ke lokasi air terjun ini, kamu perlu berjalan kaki sekitar 100 hingga 200 meter dari tempat parkir.

Jika mau berkunjung ke air terjun yang berada di Desa Wisata Tete Batu ini, sebaiknya pada saat musim kemarau saja. Ini untuk menghindari jalan setapak yang licin akibat air hujan. Untuk masuk ke sini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga 2 ribu rupiah.

Taman Wisata Sesaot

Taman Wisata Sesaot ini merupakan kawasan hutan lindung yang cukup luas. Sekitar 57% dari bagian kawasan ini masih sangat alami dan tidak terjamah manusia. Beberapa objek wisata yang bisa disambangi adalah Sungai Nyet Aiq dan banyak mata air alami yang setidaknya ada 40 buah.

Mata air alami ini berasal dari Gunung Rinjani, sehingga sungai yang ada di sini dianggap sakral oleh suku Sasak.

Air di sini sangat jernih dan berwarna kebiruan. Udaranya bersih dan sejuk. Kicauan burung akan menemani perjalananmu. Suasananya begitu tenang dan asri, cocok untuk kamu yang ingin bermeditasi atau menenangkan pikiran.

Kawasan hutan yang ada di Taman Wisata Sesaot ini sendiri dibagi menjadi hutan primer, sekunder, dan budidaya. Tidak hanya berkeliling, kamu pun bisa mendirikan kemah di sini agar bisa lebih puas mengeksplorasi alam.

Meski merupakan hutan, kamu bisa menikmati aneka makanan di sini seperti sate bulayak, kangkung, ayam taliwang, dan aneka kuliner khas Lombok lainnya. Tiket masuknya hanya 2 ribu rupiah per orang.

Baca Juga: Sejarah Di Balik Ikon 9 Negara

Air Terjun Kokoq Batu

Wisata Air Terjun Kokoq Batu tidak memiliki tinggi yang fantastis, tapi pemandangannya sangat unik. Air terjun di sini mengalir dalam susunan yang acak akibat formasi batuan yang tidak beraturan. Sangat indah dan alami. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang gemar fotografi. Jika ingin berkunjung ke sini, datanglah pada saat musim hujan supaya bisa menyaksikan aliran air yang sempurna.

Demikian 20 tempat wisata alam di Lombok yang akan membuatmu terpesona. Yakin tidak mau liburan ke Lombok sekarang juga?

312

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here