Jakarta, Tamasya – Jepang adalah salah satu negara yang masih menjunjung kebudayaan dan sejarah di tengah perkembangan kehidupan yang modern dan canggih. Saat berada di Jepang, menemukan unsur budaya tradisional di tengah kehidupan metropolitan bukanlah hal yang sulit. Begitu juga dengan menemukan bangunan tua di tengah bangunan modern, sangat mudah.

Salah satu jenis bangunan tua yang sering ditemukan di seluruh penjuru Jepang adalah kuil. Kebanyakan kuil yang dibangun di Jepang adalah kuil untuk pemeluk kepercayaan Shinto. Beberapa kuil ini dibuka untuk wisatawan. Jadi jika kamu akan berlibur ke Jepang, jangan lupa untuk kunjungi 8 kuil berikut ini ya!

  1. Kuil Anraku-ji – Ueda, Nagano

Kuil yang ditemukan pada abad ke-13 ini memiliki arsitektur khas Dinasti Sung. Bagian bawahnya berbentuk oktagonal. Bagian kuil yang populer dikunjungi oleh wisatawan adalah Den Po Do, sebuah aula yang dikhususkan untuk dua biksu terkemuka. Kuil yang berada di Ueda, Nagano ini sangat cantik pada saat musim gugur di mana kuil dikelilingi pemandangan berwarna cokelat dari daun yang berguguran. Lokasinya hanya 10 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun Bessho Onsen.

  1. Kuil Yasukuni – Tokyo

Sumber: Buffalo Trip

Sebagai ibu kota sekaligus kota metropolitan yang sangat sibuk, ternyata Tokyo memiliki banyak kuil kuno yang tersembunyi di antara gedung pencakar langit. Salah satunya adalah Kuil Yasukuni. Kuil Yasukuni ini berada di pusat kota dan dibangun untuk mengenang seluruh warga Jepang yang menjadi korban Perang Dunia II. Cara mengunjungi kuil ini sangat mudah, kamu hanya perlu berjalan kaki selama 10 menit dari Stasiun Ichigaya di JR East Japan Chuo Line.

  1. Kuil Izumo Taisha – Izumo

Kuil Izumo Taisha atau yang populer dengan sebutan Izumo Oyahiro ini merupakan salah satu Kuil Shinto antik yang ada di Jepang. Kuil ini menjadi simbol dari ikatan cinta dan pernikahan. Kuil ini selalu ramai dikunjungi pada bulan ke 10 menurut calendar Lunar karena ada perayaan Kamiarizuki. Pada bulan tersebut, perayaan ini diadakan untuk menyambut para dewa yang berkumpul di kuil tersebut. Tempat berdoa atau Sanpai dibuka pada pukul 6.00 pagi hingga 11.00 malam. Untuk tiba di kuil ini, kamu bisa berjalan kaki selama 7 menit dari Stasiun Izumo Taisha.

  1. Fushimi Inari Taisha – Kyoto

Kuil berikutnya adalah salah satu kuil yang sangat populer di Jepang. Lokasinya bukan di Tokyo, melainkan Kyoto. Kuil utama dari Fushimi Inari Taisha ini berada di Gunung Inari dengan ketinggian 233 meter. Pemandangannya sangat cantik karena dikelilingi oleh hutan dengan barisan pohon yang indah. Kuil yang pengelolaannya didanai oleh pemerintah Jepang ini bisa kamu kunjungi dengan mudah. Kamu hanya cukup berjalan kaki sekitar 3 menit dari Stasiun JR Inari.

  1. Kuil Meiji Shibuya – Tokyo

Shibuya merupakan salah satu area di Jepang yang dipadati wisatawan mancanegara dan warga setempat. Meski sangat padat dan sibuk, di sini masih bisa ditemukan kuil Shinto yaitu Kuil Meiji yang dipersembahkan untuk menghormati arwah Kaisar Meiji dan Permaisuri Shoken.

  1. Kuil Itsukushima – Hiroshima

Kuil Itsukushima ini berada di Pulau Miyajima, Perfektur Hiroshima. Meski berada jauh dari kota-kota populer di Jepang, kuil ini tetap tidak kalah pamor dengan kuil-kuil besar lainnya. Kuil Itsukushima merupakan salah satu kuil tertua di dunia yang umurnya sudah lebih dari 1400 tahun. Tidak heran kalau kuil ini dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1996 silam. Meski sudah berumur ribuan tahun, kuil ini masih berdiri megah dan kokoh tanpa perubahan yang signifikan. Untuk mengunjungi kuil ini, kamu perlu menggunakan jasa kapal feri untuk menyeberangi pulau.

  1. Kuil Hasedera – Kamakura

Sumber: Japan Guide

Kuil Hasedera yang berada di kota Kamakura ini dibangun sebagai tempat berdoa para pemeluk agamar Buddha. Kuil Hasedera ini sering disebut juga sebagai Kuil Hase Kannon. Daya tarik dari kuil Buddha ini adalah keberadaan patung setinggi 9,18 meter yang diletakkan di aula utama. Kuil yang dibangun pada tahun 736 ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Di sekitar kuil terdapat berbagai bunga cantik seperti sakura, bakung, prem, daffodil, lonceng Cina, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan Pantai Yuigihama yang menyejukkan pikiran. Kamu bisa mengunjungi kuil ini dengan berjalan kaki dari halte bus Hase Kannon selama 15 menit.

  1. Kuil Kinkaku-ji – Kyoto

Kuil populer lainnya di Kyoto adlaah Kuil Kinkaku-ji. Kuil ini sering juga disebut sebagai Gold Pavilion karena dinding lantai 2 dan 3 kuil ini mengandung emas. Di bagian luar kuil, ada sebuah kolam yang memantulkan pemandangan di sekitarnya. Sangat cantik. Puas berkeliling, sempatkan diri untuk jajan snack khas Jepang di dekat kuil.

334

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here