Sumber: Nordic Travel Mag

Liburan memang menyenangkan, tapi semuanya akan buyar jika selama perjalanan kamu mengalami mabuk perjalanan. Biasanya yang sering mengalami mabuk perjalanan ini adalah anak kecil, namun bukan berarti orang dewasa tidak ada yang mengalaminya.

Mabuk perjalanan ini bisa terjadi saat kamu melakukan perjalanan panjang menggunakan mobil, bus, kapal laut, dan pesawat. Para ahli mengatakan bahwa penyebab mabuk adalah guncangan selama perjalanan sehingga saraf di telinga, mata, dan permukaan tubuh mengirimkan sinyal mendadak kepada otak.

Gejala utama dari mabuk perjalanan ini adalah keringat dingin, kepala pusing, mual, muntah, dan sebagainya. Kalau selama perjalanan kamu menderita penyakit ini, sesampainya di tempat tujuan pasti tubuh akan terasa tidak nyaman dan kamu tidak bersemangat lagi untuk liburan.

Sayang kan? Oleh karena itu, kamu yang sudah pernah mengalami mabuk perjalanan atau baru pertama kali melakukan perjalanan panjang, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut agar tidak mengalami mabuk perjalanan!

Menjaga makanan yang dikonsumsi sebelum pergi

Sebelum bepergian, ada baiknya kamu mengisi perut terlebih dahulu. Setidaknya satu jam sebelumnya agar perut tidak mudah bergejolak akibat guncangan di perjalanan. Menu makanan yang tepat untuk dikonsumsi adalah makanan yang mudah dicerna seperti sayur, buah, dan daging. Kemudian hindari makanan pedas, makanan asam, dan makanan berlemak setidaknya sehari sebelum keberangkatan agar perut terasa nyaman.

Perhatikan juga minuman yang mengandung kafein, soda, dan alkohol karena bisa membuat tubuhmu mengalami dehidrasi dan mabuk. Sebaiknya hanya konsumsi air putih yang lebih sehat.

Manfaatkan jahe sebagai obat tradisional

Sumber: Live Strong

Jahe adalah salah satu tanaman khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kamu bisa memanfaatkan jahe sebagai obat tradisional pencegah dan pengusir rasa mual. Tubuh akan terasa lebih hangat dan fit. Jahe ini bisa kamu konsumsi dalam bentuk kapsul atau teh.

Jangan lupa menyemil selama perjalanan

Kamu sudah makan berat sebelum perjalanan? Bukan berarti kamu tidak perlu makan lagi selama perjalanan. Jangan biarkan lambungmu kosong karena asam lambung bisa naik dan membuatmu mual.

Selama perjalanan nanti, konsumsilah aneka camilan favoritmu seperti biskuit, roti, dan buah. Pilihan buah yang tepat adalah pisang, apel, pir, anggur, dan jeruk. Buah-buah tersebut juga bisa kamu konsumsi untuk mengatasi mual. Pastikan juga untuk minum air putih agar tidak mudah dehidrasi.

Hindari membaca saat kendaraan melaju

Membaca buku di dalam bus atau mobil yang sedang melaju akan membuatmu mudah merasa pusing dan mabuk. Hal ini dikarenakan matamu bergerak mengikuti tulisan, tidak berpaku pada satu titik. Tubuh pun akan merespon gerakan tersebut sekaligus guncangan di kendaraan.

Dengarkan musik kesayangan

Siapkan musik-musik kesayanganmu untuk dinikmati saat perjalanan nanti. Musik kesayangan ini akan membuatmu merasa nyaman. Kalau kamu sudah nyaman, maka perasaan was-was dan takut akan mabuk perjalanan akan terabaikan karena terkadang penyakit yang muncul disebabkan juga oleh pikiran negative.

Memandang benda yang ada di kejauhan

Sumber: Deposit Photos

Melihat sesuatu yang ada di dekatmu secara terus menerus, secara tidak langsung akan mengirimkan sinyal tak teratur ke otak sehingga kamu akan lebih mudah merasa mual. Hindari membaca buku selagi perjalanan atau melihat benda yang ada di sekelilingmu. Sebagai gantinya, lihatlah ke arah jendela dan nikmati pemandangan langit atau pepohonan.

Bersikap tenang dan berdoa

Semakin kamu tegang, maka tubuh akan merasakannya dan memperbesar kemungkinan untuk mengalami mabuk perjalanan. Bersikaplah tenang, tutup matamu, yakinkan diri bahwa kamu akan selamat dan nyaman selama perjalanan. Jangan lupa berdoa supaya pikiran semakin tenang.

Baca Juga: Ini Rahasianya Supaya Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat

Terapkan teknik pernafasan untuk mengatasi gejala mabuk perjalanan

Jika kamu sudah merasakan gejala mabuk perjalanan, jangan panik dulu. Atur pernafasanmu dengan baik. Caranya adalah tutup mulut, kemudian ambil nafas melalui hidung selama 4 hitungan. Lalu tahan nafas selama 7 hitungan. Setelah itu hembuskan nafas melalui mulut secara perlahan. Ulangi teknik pernafasan ini selama 3 kali atau sampai tubuh terasa nyaman kembali.

Minum obat anti mabuk

Bagi kamu yang akan bepergian sebagai penumpang alias tidak menyetir, minumlah obat anti mabuk setidaknya sejam sebelum perjalanan supaya obatnya bisa bekerja dengan baik. Biasanya obat anti mabuk akan membuatmu mengantuk sehingga bisa tidur pulas selama perjalanan dan bebas mabuk.

Jauhi orang yang mabuk

Tahukah kamu kalau mabuk perjalanan bisa menular? Hal ini dikarenakan otak mendapatkan sugesti. Oleh karena itu hindari berdekatan dengan orang lain yang mabuk perjalanan juga, terutama ketika berada di transportasi umum. Ketika mereka mual dan muntah, kamu pun bisa tersugesti untuk merasa mual dan muntah juga. Jika tidak memungkinkan kamu untuk berpindah tempat duduk, pasanglah musik untuk mengalihkan perhatian dan tataplah ke luar jendela.

271

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here