Sumber: Patagonia

selancar termasuk dalam kategori olahraga ekstrim yang membutuhkan keahlian khusus untuk memainkannya. Olahraga yang mengharuskan pemainnya berdiri di atas papan selancar mengikuti ombak ini sudah ada sejak abad ke 20 yang diperkenalkan oleh orang Amerika dan Australia.

Elemen utama dalam olahraga selancar ini adalah papan selancar dan tentunya ombak pantai yang besar supaya adrenalin semakin terpicu dan memiliki tantangan tersendiri. Bagi kamu yang mahir bermain selancar, tidak ada salahnya coba menaklukkan ombak di 10 pantai terbaik untuk selancar di dunia berikut ini saat sedang berlibur ke negaranya.

Gold Coast, Australia

Sumber: Visit Australia

Australia terkenal sebagai pusatnya olahraga selancar. Tidak heran banyak peselancar yang ingin mengunjungi negara ini dan ada banyak merk peralatan selancar kelas dunia diproduksi di sini. Merk peralatan tersebut di antaranya adalah Quicksilver dan Ripcurl.

Pantai-pantai di Australia memiliki ombak yang sempurna bagi peselancar, terutama Gold Coast yang berada di bagian tenggara Queensland. Jika kamu sedang ke sana, jangan lewatkan kunjungan ke The Spit, Main Beach, Narrowneck, Palm Beach, dan Mermaid Beach.

Kepulauan Mentawai, Indonesia

Di antara banyaknya pulau di Kepulauan Mentawai, ada 4 pulau utama yang menjadi tempat selancar terbaik yaitu Siberut, Sipora, Pagi Utara, dan Selatan Pagi. Untuk mencapai pulau-pulau tersebut, kamu harus naik kapal sewaan di pelabuhan setempat. Waktu terbaik untuk berselancar di sini adalah Maret hingga Oktober atau Juni hingga September. Setelah puas berselancar di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati wisata budaya yang unik di Kepulauan Mentawai ya.

Jeffreys Bay, Afrika Selatan

Selama ini Afrika Selatan dikenal sebagai habitat sejumlah binatang liar, masyarakat awam tidak banyak yang tahu kalau Afrika Selatan juga memiliki pantai terbaik untuk berselancar yaitu Jeffreys Bay. Pantai yang terletak di Eastern Cape ini memiliki rantai ombak sempurna pada musim dingin di bulan Juni hingga Agustus. Pada bulan Juli setiap tahunnya pantai ini menjadi tempat penyelenggaraan Billabong Pro Surfing.

Fuerteventura, Spanyol

Sumber: Island Boarder

Pulau Fuerteventura berada di garis pesisir pantai benua Afrika dan sejajar dengan gugusan pantai Florida. Pantai di sini sering disebut sebagai Mekahnya peselancar. Meski ombak di sana stabil dan tidak dipengaruhi oleh musim tertentu, waktu terbaik untuk berselancar di sini adalah pada Oktober hingga Maret. Titik selancar terbaik Fuertenventura ini adalah Rocky Point, Harbour Wall, Shooting Gallery, Generosa, Suicides, Mejillonas, Majanicho, El Hierro, The Bubble, German Rights, Cotillo, dan Esquinzo.

Oahu, Hawaii

Hawaii adalah surganya peselancar. Hampir semua pantai di Hawaii cocok untuk berselancar. Jika kamu peselancar pemula atau mau belajar selancar, ombak Pantai Waikiki akan cocok untukmu pada bulan Maret hingga Mei. Sedangkan untuk kamu peselancar profesional, silahkan bermain ombak di North Shore, Sunset Beach, Pupukea, dan Banzai Pipeline pad abulan November hingga Januari.

Kosta Rika

Ombak di pantai Kosta Rika terbilang konsisten sepanjang tahunnya. Spot terbaik bagi peselancar profesional adalah Playa Naranjo. Jika ingin mendapatkan ombak yang terbesar, kamu bisa berkunjung saat bulan April hingga Oktober.

California, Amerika Utara

Sama seperti Hawaii, kebanyakkan pantai di California ini terbentang panjang dan memiliki ombak yang sempurna untuk berselancar. Bagi para peselancar pemula, kamu bisa bermain di pantai Malibu atau Manhatten. Bagi para peselancar profesional yang menyukai tantangan, pergilah ke Mavericks. Ombak-ombak di California bisa dinikmati sepanjang tahun dan rata-rata ketinggian ombaknya mencapai 2-4 kaki.

Bali, Indonesia

Sumber: Surfline

Tidak hanya dikenal sebagai pulau yang penuh tradisi, Bali juga menjadi tempat favorit berlibur para wisatawan dan surganya peselancar dunia. Para peselancar bisa memilih ombak yang sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Mulai dari ombak kecil hingga besar dan ganas, semuanya ada di Bali. Berbeda dengan pantai di luar negeri lainnya, saat berselancar di pantai Bali kamu bisa menikmati ombak sekaligus pemandangan pura-pura yang indah di pinggir pantai. Beberapa pantai yang terkenal adalah Pantai Uluwatu, Padang-padang, Blue Point, Suluban, Bingin, Balangan, Impossible, Kuta, Padma, Keramas dan masih banyak lagi.

Santa Catarina, Brazil

Ombak di Pantai Santa Catarina terkenal besar dan konsisten. Beberapa spot yang terkenal di antaranya adalah Santinho, Praia Mole, Campeche, Lagoinha do Leste, dan Mocambique. Pantai yang terletak di Brazil ini sering menjadi incaran peselancar dunia.

Pulau Samoa, Polinesia

Selain berselancar, para peselancar dunia juga bisa menikmati kekayaan budaya masyarakat Polinesia. Pantai-pantai di Pulau Samoa memiliki suhu air yang hangat dan ombak yang konsisten. Sepanjang tahun, peselancar bisa mendapatkan gulungan ombak dari berbagai arah. Namun, waktu terbaik untuk menikmati ombak di sini adalah pada April hingga Oktober. Spot terbaik di Pulau Samoa adalah Salani, Boulders, Salamumu, Tiavea, dan Solosolo.

328

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here