Sumber: Bussiness Wire

Saat berlibur ke luar negeri bersama dengan agen wisata, kamu tidak perlu pusing untuk menentukan dan mencari transportasi apa yang harus digunakan supaya bisa tiba di tempat tujuan dengan efisien. Kamu hanya perlu duduk diam di dalam bus yang sudah disediakan dan menikmati perjalanan.

Lain halnya bagi kamu yang senang bepergian ke luar negeri sendiri tanpa bantuan agen wisata. Sebelum berangkat ke negara tujuan, kamu perlu menentukan transportasi apa yang tepat serta mencari tahu biaya dan letak pemberhentiannya.

Kali ini kami akan memberi tahumu tentang 5 jenis transportasi yang ada di London, Inggris. Simak ya, siapa tahu kamu bisa pergi ke sana dalam waktu dekat!

Sepeda

Salah satu jenis transportasi yang paling murah dan sehat untuk para wisatawan adalah sepeda. Dengan sepeda, kamu bisa mengelilingi kota London. Tapi transportasi yang satu ini sebaiknya dipilih jika kamu memiliki banyak waktu luang ya, karena akan sangat melelahkan jika kamu harus terburu-buru sambil mengayuh sepeda.

Salah satu tempat penyewaan sepeda yang cukup terkenal adalah Barclays Cycle Hire. Di sini kamu bisa mendapatkan penyewaan sepeda gratis selama 90 menit. Jika mau lebih lama lagi, bisa saja dengan harga yang masih terbilang murah.

Tempat penyewaan sepeda yang satu ini dibuat oleh pemerintah setempat pada tahun 2010 silam. Untuk melakukan penyewaan, kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu di website mereka yaitu barclayscyclehire.tfl.gov.uk.

Meski murah, ada peraturan yang perlu kamu patuhi yaitu tidak lupa mengembalikan sepeda dalam waktu 24 jam. Jika kamu mengembalikan sepeda lewat dari waktu yang sudah ditentukan tersebut, maka kamu akan dikenai denda yang cukup besar sekitar 2 juta rupiah. Lumayan mencekik ya dendanya.

Taksi

Sumber: Insure 24-7

Untuk kamu yang tidak suka naik transportasi massal seperti kereta atau bis yang perlu berdesak-desakan dengan penumpang lain dan melakukan transit di beberapa stasiun, pilihan yang tepat adalah taksi. Tranportasi umum yang satu ini sifatnya lebih privat dan lebih nyaman.

Taksi yang ada di London biasanya disebut sebagai hackney dan berbeda dengan taksi yang ada di Indonesia. Taksi berwarna hitam ini menggunakan mobil yang bentuknya klasik dan elegan. Untuk menaikinya, kamu bisa mencari taksi ini dengan mudah di pusat kota London. Para supir taksi ini nantinya akan mengantarkan kamu langsung ke destinasi yang diinginkan. Rasanya ketika berada di London, kamu harus naik taksi ini setidaknya sekali supaya afdol liburannya.

Baca Juga: 7 Jenis Transportasi Hong Kong yang Perlu Kamu Ketahui

Bus double-decker berwarna merah

Selain taksi hackney yang penampilannya unik, London juga punya transportasi umum lainnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja yaitu bus double decker alias bus tingkat dengan bagian atas yang terbuka.

Bus double decker yang berwarna merah ini adalah salah satu ciri khas dari London, jadi jangan heran kalau kamu akan menemukan pernak-pernik dengan gambar bus ini saat berada di toko souvenir.

Untuk menaiki bus ini caranya sangat mudah karena haltenya ada di setiap sudut kota London. Berkeliling kota London pun akan menjadi menyenangkan berkat bus double decker. Di setiap halte juga sudah disediakan peta jalur bus sehingga kau tidak perlu takut kesasar dan tahu di mana saja perlu turun dari bus.

Kamu tidak perlu takut ketinggalan bus ini karena jam operasionalnya selama 24 jam dan ada lebih dari 8 ribu armada bus yang beroperasi setiap harinya. Kalau ada banyak, pastinya kamu tidak perlu menunggu bus hingga lama dan berdesak-desakan di dalamnya.

Untuk pembayarannya, kamu perlu membeli kartu oyster terlebih dahulu supaya biayanya lebih murah. Selain itu, jangan lupa bawa topi dan jaket jika berencana duduk di bagian atas bus karena anginnya cukup kencang dan dingin.

Tube atau kereta bawah tanah

Sumber: The Next Web

Transportasi yang efisien lainnya di London adalah tube atau kereta bawah tanah. Jalur kereta bawah tanah ini ada 12 buah yang menjangkau pusat London dan sekitarnya. Jangan takut kesasar karena ada peta di masing-masing stasiunnya. Untuk pembayarannya, kamu bisa menggunakan kartu oyster juga.

DLR atau kereta atas tanah

Selain kereta bawah tanah, London juga memiliki kereta atas tanah yang bernama DLR. Sama seperti kereta bawah tanah, kereta atas tanah juga menjangkau pusat London dan area di sekitarnya. Stasiun kereta atas tanah ini juga ada beberapa yang terhubung dengan stasiun kereta bawah tanah sehingga kamu bisa berpindah tranportasi dengan nyaman dan mudah. Pembayarannya juga menggunakan kartu oyster sama seperti bus dan kereta bawah tanah.

Dari kelima jenis transportasi yang ada di London tadi, sepertinya semuanya perlu dijajal ya agar lebih sah liburannya dan tidak membuang waktu di jalan.

269

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here