Sumber: Lover of Creating Flavours

Bulan Ramadhan, bulan penuh kemenangan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim identik juga dengan aneka kuliner khas yang biasanya hanya ada pada saat itu saja. Jika bulan Ramadhan di Indonesia identik dengan olahan timun suri dan aneka kolak, maka di Turki ada aneka kuliner seperti daftar berikut ini!

Patlican Tava

Patlican Tava adalah kuliner berupa tumis sayuran yang terdiri dari terong dan cabai. Warnanya yang merah dan ungu membuat kuliner ini sangat menggugah selera. Sekilas terlihat mirip dengan makanan balado terong yang ada di Indonesia, hanya saja Patlican Tava ini dilengkapi dengan irisan daging.

Rasanya yang pedas dan gurih ini akan semakin nikmat jika dipadukan dengan sepiring nasi hangat untuk berbuka puasa.

Sup Mercimek

Sumber: The Trishaw

Kuliner berikutnya adalah Sup Mercimek. Sup Mercimek ini adalah kuliner khas Turki yang dibuat dari kacang lentil segar. Warnanya agak kekuningan. Rasanya unik dan juga nikmat. Kuliner yang satu ini juga dinilai sehat karena mengandung serat tinggi. Kuliner olahan kacang ini cocok dijadikan menu buka puasa karena sifatnya ringan. Santaplah makanan ini selagi hangat untuk menetralkan asam lambung sebelum menyantap makanan berat.

Hummus

Kalau kuliner yang satu ini sudah sangat mudah ditemukan di Turki, yaitu Hummus. Hummus adalah kuliner Timur Tengah yang dibuat menggunakan kacang Arab. Kacang tersebut diolah bersama dengan jus lemon, lada, garam, dan minyak zaitun.

Tekstur Hummus ini menyerupai selai atau krim. Biasanya Hummus dimakan bersama dengan roti pita. Rasanya unik dan nikmat sehingga kamu tidak boleh melewatkannya ketika berkunjung ke Turki. Kuliner yang satu ini juga termasuk dalam kuliner sehat karena mengandung nutrisi yang tinggi bagi tubuh manusia.

Roti Pita

Sebenarnya kuliner Roti Pita ini tidak hanya bisa kamu temukan pada saat bulan Ramadhan saja di Turki, tapi pada hari biasa juga. Tapi jika dinikmati pada saat bulan Ramadhan, porsi dan teksturnya tepat untuk berbuka puasa.

Roti Pita ini agak mirip dengan kulit kebab, hanya saja ukurannya lebih kecil dan tebal. Rotinya sendiri sudah memiliki rasa gurih, tapi ada juga yang dibuat tawar. Biasanya Roti Pita ini disajikan bersama dengan Hummus. Kalau kamu tidak suka Hummus, Roti Pita ini juga cocok disantap bersama dengan salad atau irisan daging loh.

Baca Juga: 10 Hal yang Sangat Dilarang untuk Dilakukan Ketika Berkunjung ke Dubai

Baklava

Di antara sekian banyak daftar kuliner nikmat Turki, ada satu yang sangat wajib untuk dicicipi yaitu Baklava. Baklava ini sulit ditemukan di luar Turki dan biasanya banyak dijual hanya pada saat bulan Ramadhan saja.

Kuliner favorit kebanyakan masyarakat Turki ini sekilas wujudnya seperti lasagna yang berlapis-lapis. Hanya saja adonan pelapisnya bukan lembaran pasta melainkan roti tipis yang serupa dengan kulit kebab atau pastry.

Jika lasagna diisi dengan daging dan saos tomat, maka Baklava ini diisi dengan aneka kacang seperti pistachio dan walnut. Kacang-kacang tersebut dicincang hingga halus kemudian dimasak dengan campuran gula dan madu. Rasanya manis, cocok dijadikan hidangan pembuka atau pun hidangan penutup saat buka puasa nanti.

Shawrma

Kalau kuliner yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia karena cukup mudah ditemukan di pusat kuliner. Shawrma atau yang akrab dikenal sebagai kebab ini wajib kamu cicipi selagi berada di Turki.

Kenapa wajib dicicipi padahal di Indonesia sendiri kuliner ini mudah ditemukan? Tentu karena rasanya yang berbeda. Kamu harus mencicipi rasa Shawrma yang otentik, yang khas Turki. Shawrma di Turki menggunakan olahan daging kambing yang dimasak menggunakan minyak zaitun. Penasaran seperti apa bedanya? Jangan lupa cicipi deh pokoknya kalau sedang ke Turki.

Gullac

Sumber: Steemit

Kuliner yang terakhir ini tidak bisa kamu temukan di Turki kalau bukan pada saat bulan Ramadhan. Gullac ini adalah sejenis camilan manis yang cocok untuk dijadikan hidangan penutup buka puasa. Rasanya manis dan teksturnya agak kenyal.

Gullac ini terdiri atas lembaran pastry gullac berbentuk bulat tipis yang terbuat dari tepung maizena dan terigu. Lembaran pastry gullac ini kemudian ditumpuk dan direndam susu hangat. Di bagian tengah tumpukannya ditaburi walnut cincang dan siraman air mawar sehingga aromanya sangat khas. Saat hendak dihidangkan, bagian atas Gullac ini diberi taburan biji delima

Hidangan dingin yang satu ini terbilang cukup langka dan unik, jadi kalau mau mencobanya pastikan untuk datang ke Turki selagi bulan Ramadhan.

Rasanya ingin mencicipi semua kuliner Turki di bulan Ramadhan tadi semuanya yak arena unik dan tidak ada di negara lain. Kalau kamu sendiri, kuliner mana yang paling ingin segera dicicipi?

240

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here