Sumber: Window Tint

Pergi liburan bersama seluruh anggota keluarga atau teman-teman pastinya lebih seru dan nyaman jika menggunakan kendaraan sendiri. Kalian bisa mengobrol sepuasnya dan beristirahat kapan pun kalian membutuhkannya.

Kalau destinasi wisatanya bisa ditempuh dalam waktu 3-4 jam dari kota asal, membawa mobil sendiri tidak akan terasa begitu melelahkan. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu pergi ke destinasi wisata ke luar pulau atau negeri. Solusinya adalah kamu pergi ke destinasi tersebut menggunakan pesawat, kemudian memanfaatkan jasa sewa mobil di sana.

Tapi sebelum kamu menyewa mobil, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut supaya perjalanan jadi lebih nyaman dan aman!

Mencari penyewaan mobil yang sesuai dengan budget

Pertama-tama putuskan dulu berapa budget yang kalian miliki untuk menyewa mobil. Biasanya harga sewa mobil ini tarifnya untuk harian dan sekitar 10 hingga 12 jam. Jangan malas untuk membandingkan tarif dari beberapa tempat penyewaan mobil sekaligus. Buang waktu sedikit untuk mendapatkan mobil sewaan yang harganya lebih murah, mengapa tidak?

Memilih kapasitas mobil

Sumber: McClausland

Pertimbangkan jenis mobil yang akan disewa dengan jumlah penumpang. Jika kamu pergi bertiga atau berempat, mobil berukuran kecil dengan seat 5 orang rasanya sudah cukup. Kalau pergi berlima atau berenam, sebaiknya pilih mobil dengan seat 8 orang. Jika kamu hanya bertiga namun berencana untuk membawa banyak belanjaan, pilihlah mobil SUV. Jangan lupa, harga sewa mobil pun tergantung dari jenis mobil itu sendiri.

Melihat kredibilitas tempat penyewaan mobil dari review konsumen

Saat ini jasa penyewaan mobil mudah ditemukan di internet. Asyiknya lagi, dalam web tersebut biasanya ada review dari konsumen yang sudah pernah menggunakannya. Rajin-rajinlah membaca review tersebut untuk membandingkan tempat penyewaan yang satu dengan yang lainnya.

Dari review tersebut kamu bisa lihat pelayanan dan kredibilitas tempat penyewaan mobil. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan saat menyewa mobil. Jangan sampai kamu tertipu oleh tempat penyewaan mobil yang nakal.

Membaca dokumen penyewaan dan memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan

Jika kamu diberikan dokumen penyewaan, bacalah terlebih dahulu dan pahami baik-baik isinya. Biasanya ada syarat dan ketentuan penyewaan, serta sanksi jika merusak mobil. Jangan sampai kamu lalai dengan kewajiban dan tanggung jawab yang sudah ditulis di dokumen tersebut.

Periksa juga kelengkapan dokumen kendaraan seperti STNK supaya tidak mengalami masalah ketika ada inspeksi dari petugas lalu lintas.

Baca Juga: Tips Mudik Nyaman dengan Kendaraan Pribadi

Memeriksa keadaan mesin dan fisik mobil

Sebelum membawa pergi mobil sewaan, sebaiknya periksa kondisi mesin dan fisik mobil bersama dengan sang pemiliknya. Pastikan mesin mobil terawat dan berfungsi dengan baik supaya perjalananmu aman. Lihat juga fisik mobil sebelumnya, apakah ada baret atau kerusakan lainnya. Bila perlu foto kerusakan tersebut sebagai bukti agar kamu tidak dikenai denda karena dianggap sudah merusak mobil padahal sebenarnya kerusakan tersebut sudah ada dari awal.

Menggunakan sopir atau tidak?

Di tempat penyewaan mobil, ada yang sistemnya lepas kunci atau sepaket dengan sopir. Untuk sistem lepas kunci, kamu bisa mendapatkan harga sewa yang murah namun harus siap untuk lelah di jalan atau tersasar.

Untuk sewa mobil yang sepaket dengan sopir, harganya tentu akan lebih mahal namun kamu bisa bersantai selama perjalanan dan tidak perlu takut tersasar. Jika mobil mengalami kerusakan, kamu juga tidak perlu khawatir karena hal tersebut sudah jadi tanggung jawab sopir.

Memeriksa bahan bakar

Sumber: Auto in The Box

Karena sudah menyewa mobil, kamu pasti akan lebih mudah menjangkau tempat wisata yang terpencil. Kalau kamu tertarik mengunjunginya, periksalah bahan bakar apakah cukup untuk perjalanan pulang-pergi berhubung di kawasan tersebut belum tentu ada tempat pengisian bahan bakar.

Periksa kelengkapan emergency car toolkit

Salah satu item yang tidak boleh dilupakan di dalam mobil adalah emergency car toolkit. Jika tempat penyewaan mobilmu tidak menyediakannya, ada baiknya membawa sendiri peralatan yang penting. Dengan demikian, kamu bisa segera memperbaiki kerusakan mobil secepatnya tanpa harus menunggu bantuan terlebih dahulu. Cek juga kondisi ban cadangan sebelum berangkat ya.

Memeriksa kembali keadaan mobil sebelum dikembalikan

Setelah puas berkeliling kota untuk liburan, saatnya untuk mengembalikan mobil kepada pemiliknya. Sebisa mungkin kembalikan mobil dengan kondisi yang sama seperti pada saat kamu membawanya pergi.

Periksa kembali apakah ada barang kamu yang tertinggal di sana. Bersihkan sampah-sampah supaya mobil terlihat bersih lagi. Jangan lupa untuk mengembalikan dokumen kendaraan seperti STNK ya.

Kalau kamu sudah menerapkan tips-tips di atas, liburan pun akan jadi lebih menyenangkan. Selain itu, perhatikan juga kesehatan tubuhmu terutama jika kamu bertanggung jawab sebagai pengemudi. Istirahatlah yang cukup agar bisa berkonsentrasi penuh saat menyetir nanti. Selamat berlibur!

750

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here