Sumber: Foody id

Kebanyakan masyarakat Indonesia tampaknya tidak bisa dipisahkan dari sambal saat menyantap makanan. Sambal yang ada di Indonesia pun cukup beragam jenisnya. Ada sambal terasi, sambal ulek, sambal ijo, sambal mangga, sambal rebon, sambal tomat, dan masih banyak lagi.

Makanan yang disantap bersama sambal ini biasanya akan membuat si penyantapnya ketagihan untuk menyuap terus meski kepedasan. Kamu pun begitu, kan? Nah, untuk kamu yang sedang ada di Yogyakarta dan ingin makan puas hidangan pedas, coba datangi beberapa tempat berikut ini!

Warung Sego Sambel Korek Mbok Cempluk

Dari namanya saja kita sudah tahu kalau warung nasi yang satu ini spesialis dalam bidang persambalan. Warungnya memang sederhana, namun rasa masakannya jangan disepelekan. Sambal korek yang dibuat oleh Mbok Cempluk ini sangat nikmat, apalagi jika disantap bersama dengan seporsi nasi uduk hangat dan sepotong bebek goreng yang empuk.

Lokasinya berada di Desa Sidomoyo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Warung ini buka dari Sabtu hingga Kamis dari pukul 11:00 hingga 21:00 WIB. Harga menunya berkisar antara 6 ribu hingga 25 ribu rupiah.

Dapur Sambal

Sumber: TripAdvisor

Dapur Sambal adalah rumah makan yang menyediakan aneka pilihan sambal untuk dipilih sesuai selera para pengunjungnya. Aneka sambal yang bisa kamu coba di Dapur Sambal adalah sambal terasi, sambal korek, sambal giling, sambal kecap, sambal bawang, dan masih banyak lagi.

Pilihan lauk yang ditawarkan pun cukup beragam. Ada lauk babat, ayam goreng, bebek goreng, lele goreng, nila goreng, tempe goreng, sayur asem, dan masih banyak lagi. Apa pun lauk yang kamu pilih, kalau dimakan pakai sambal pasti rasanya akan semakin menggelegar.

Lokasinya berada di Jalan Melati Wetan nomor 25, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuma dan di Jalan Ibu Ruswo nomor 7, Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan. Harga menunya berkisar antara seribu hingga 22 ribu rupiah.

Bale Sambal Sutomo

Restoran yang mengusung konsep restoran keluarga ini memang cocok untuk dijadikan lokasi kumpul keluarga besar, apalagi jika seluruh anggota keluarga suka dengan makanan pedas. Suasananya sangat nyaman seperti rumah sendiri, makanannya pun nikmat bagaikan masakan ibu. Yang menjadi juara di sini adalah sambal khas Bale Sambal yang sangat pedas.

Lokasinya ada di Jalan Dr. Sutomo nomor 23, Kelurahan Bausasran, Kecamatan Danurejan. Harga menunya berkisar antara 3 ribu hingga 25 ribu rupiah.

Waroeng SS Spesial Sambal

Waroeng SS Spesial Sambal adalah salah satu rumah makan yang cabangnya sudah tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia. Hampir sama dengan Dapur Sambal, Waroeng SS Spesial Sambal ini juga memiliki aneka pilihan sambal yang bisa dinikmati para pengunjungnya.

Meski kamu sudah pernah mencicipinya di kota tempat tinggalmu, cobalah mencicipi masakan yang dibuat di kota asalnya, Yogyakarta. Harga menunya berkisar pada seribu hingga 25 ribu rupiah saja.

Lokasinya tersebar di banyak tempat. Beberapa di antaranya ada di Jalan Kaliurang KM 12,5, Jalan Raya Bantul KM 6, Jalan Perumnas, Jalan Pandega Marta, Jalan Kusumanegara, Jalan Monjali, Jalan Ringroad Utara, dan masih banyak lagi.

Ayam Goreng Spesial Lombok Idjo

Bagi para penggemar sambal ijo, cobalah berkunjung ke Ayam Goreng Spesial Lombok Idjo. Sambal ijo yang ada di sini memiliki citarasa khas Jawa Tengah yang agak manis. Lauk pauk yang dijual di Ayam Goreng Spesial Lombok Idjo ini juga sangat nikmat dan khas Jawa sehingga nuansa Jawanya kental sekali.

Lokasinya ada di Jalan Laksda Adisucipto nomor 22, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman dan di Jalan Pangeran Diponegoro nomor 64, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis. Harga menunya berkisar antara 3 ribu hingga 55 ribu rupiah.

Baca Juga: Hal-hal Sepele yang Bisa Membuat Kamu Sakit Saat Traveling

Sambel Layah

Di Yogyakarta sendiri, warung Sambel Layah ini sama populernya dengan Waroeng SS Spesial Sambal. Nama layah sendiri diambil dari nama wadah untuk mengulek sambal Jawa. Biasanya layah ini dibuat dari tembikar atau batu. Wadahnya sederhana, namun mampu menambah citarasa khas pada sambal yang dibuat. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri dengan mencicipinya!

Lokasinya ada di Jalan Babarsari nomor 48C, Jalan Kaliurang KM 8,5, Jalan Pramuka nomor 117, dan Jalan Letjen Suprapto nomor 73-74. Harga menunya berkisar antara 5 ratus hingga 18 ribu rupiah saja.

Sambal Belut Pak Sabar

Sumber: javafoodie

Kuliner pedas yang terakhir ini termasuk dalam kategori kuliner tradisional Jawa. Sambalnya dibuat dari belut goreng yang sudah dihilangkan durinya. Belut ini kemudian diulek bersama dengan bawang putih, kencur, garam, dan cabai. Rasanya sangat nikmat dan tentunya pedas.

Dinikmati dengan sepiring nasi hangat saja sudah nikmat, apalagi jika ditambah dengan aneka lauk tambahan seperti oseng belut, ikan gabus goreng, wader goreng, dan sebagainya.

Lokasinya ada di Jalan Imogiri Barat KM 6, Dusun Dokaran, Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapa. Harga menunya berkisar antara 5 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Sudah siap untuk mengelap keringat karena kepedasan?

771

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here