Sumber: japantimes.co.jp

Tokyo bukan satu-satunya kota yang cantik dan unik di Jepang yang wajib untuk dijelajahi jika Anda traveling ke negeri Bunga Sakura ini. Satu lagi kota yang cantik, unik dan patut dikunjungi jika Anda traveling ke Jepang adalah Kyoto ini. Ya, Kyoto adalah sebuah kota di Jepang yang menarik minat traveler dari seluruh penjuru dunia. Kyoto sendiri adalah sebuah kota dengan luas daerah mencapai 827.83 km persegi, yang berada di pusat pulau Honshu dengan populasi penduduknya mencapai 1,5 juta jiwa.

Sebelum Tokyo, Kyoto adalah ibu kota Jepang di zaman penjajahan dulu selama beribu-ribu tahun lamanya. Tak heran jika kini Anda berkunjung ke Kyoto, masih banyak sekali sisa-sisa peninggalan sejarah kuno yang masih terpelihara dengan apik dan baik di kota ini. Tak heran bahkan sampai sekarang pun Kyoto masih menajdi destinasi favorit wisatawan yang datang ke Jepang. Terlebih lagi kota ini punya sekitar 2000 kuil dengan arsitektur indah yang sayang untuk dilewatkan.

Dengan julukan thousand-year capital atau ibukota seribu tahun, Kyoto memang memiliki peninggalan sejarah yang tak bisa Anda temui di kota-kota lain di Jepang. Salah satunya yang unik adalah adanya ribuan kuil cantik dan indah yang bisa ditemui di setiap sudut-sudut kota Kyoto ini. Sekitar 20% harta kekayaan nasional dan 14% situs budaya penting Jepang terletak di kota Kyoto ini. Bahkan kota ini juga memiliki 17 situs penting yang sudah dilindungi dan disahkan oleh UNESCO. Tak heran jika tempat ini tak kalah menarik dibandingkan kota-kota lainnya di Jepang seperti Tokyo, Fukushima, Miyagi dan banyak lagi yang lainnya. Karena itulah saat berkunjung ke Jepang, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk traveling dan menjelajah kota Kyoto ini.

Apalagi selain ribuan kuil cantik yang indah, Kyoto juga punya banyak atraksi wisata menarik lain yang sayang untuk Anda lewatkan. Kyoto juga menjadi tempat unik di mana Anda bisa menikmati pemandangan indah khas kepulauan Honshu yang pastinya akan membuat Anda takjub. Selain itu banyak juga hal-hal seru yang bisa Anda coba ketika Anda traveling ke Kyoto ini, apa sajakah itu?

Berkeliling dan foto-foto di Fushimi Inari-taisha Shrine

Sumber: jw-webmagazine.com

Satu kuilyang wajib untuk Anda datangi saat sedang traveling ke Kyoto adalah Fushimi Inari-taisha Shrine yang terletak di〒612-0882 Kyoto Prefecture, Kyoto, Fushimi Ward, Fukakusa Yabunouchicho. Fushimi Inari-taisha Shrine ini bisa disebut sebagai salah satu kuil tertua di Kyoto dan Jepang karena telah berdiri sejak tahun 711. Selain indah, kuil ini juga terlihat unik dengan warna api yang cerah yang membuatnya tampak mencolok mata namun tetap menunjukkan keagungannya tersendiri.

Anda bisa menikmati waktu berkeliling Fushimi Inari-taisha Shrine ini atau berfoto dengan tiang-tiang pancang kuil yang tampak cantik dan indah itu. Dengan background pemandangan pegunungan yang cantik, Fushimi Inari-taisha Shrine ini adalah spot terbaik untuk mengabadikan foto-foto Anda di tempat ini.

Mengunjungi Kinkakuji Temple

Memiliki lebih dari 2000 kuil, Kyoto menawarkan beberapa spot cantik yang bisa Anda kunjungi jika traveling ke kota ini. Adalah Kinkakuji Temple yang terletak di 〒603-8361 Kyoto Prefecture, Kyoto, Kita Ward, Kinkakujicho; yang tak hanya mmepesona dengan arsitektur cantiknya namun juga pemandangan alam yang mengelilinginya. Jika Fushimi Inari-taisha Shrine didominasi dengan warna api yang agung, Kinkakuji Temple ini tampak mewah dan anggun dengan warna keemasan yang mendominasi bangunannya.

Dari jauh Anda bisa melihat kilau keemasan Kinkakuji Temple, yang berpadu dengan keindahan pemandangan sekitar yang membuatnya tampak semakin anggun dan cantik. Kinkakuji Temple ini berdiri di tengah danau dengan air yang bersih dan pepohonan hijau yang rimbun, membuatnya tampak kontras dengan warna keemasan dari kuil yang cantik ini. Untuk bisa mendapatkan pemandangan yang spektakuler, sangat disarankan bagi Anda untuk datang ke tempat ini pagi-pagi sekali. Selain itu Anda juga tak harus berdesak-desakkan dengan wisatawan lain, yang juga berkunjung ke Kinkakuji Temple ini.

Mengikuti upcara minum teh di Kyoto

Di Jepang, sayang rasanya jika Anda tak mengikuti festifal-festival dan upcara unik yang ada di negara ini. Tak terkecuali jika Anda traveling ke kota Kyoto ini. Saat berada di Kyoto, sempatkan diri untuk mengikuti upacara minum teh tradisional yang dikenal dengan nama Chado atau Sado. Sebenarnya upcara minum teh tradisional Jepang ini bisa Anda temukan di berbagai penjuru negeri ini. Namun Kyoto punya keunikan tersendiri, yang tak ditemukan dalam upcara minum teh lain di Jepang. Kentalnya pengaruh agama Zen Budha rupanya mempengaruhi pula upacara minum teh di Kyoto ini. Selain manner dan sopan santun, Anda juga akan melihat bagaiman peralatan minum teh ditata dengan sangat teliti dan artistik yang membuatnya tampak unik dan juga elegan.

Menikmati keindahan di Kiyomizu-dera Temple

Terletak di〒605-0862 Kyoto Prefecture, Kyoto, Higashiyama Ward, Kiyomizu 1-chome; kuil Kiyomizu-dera ini menjadi salah satu warisan budaya dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan alam cantik yang berada di sekeliling tempat ini. Kiyomizu-dera Temple ini dikelilingi oleh pohon bunga sakura yang rimbun, dan sangat kontras dengan warna merah keemasan dari kuil ini. Saat bunga sakura bermekaran, maka Anda akan melihat pemandangan yang spekatakuler dari Kiyomizu-dera Temple ini.

Untuk menuju tempat ini, Anda bisa melalui jalan setapak dari batu-batu kecil yang diapit dengan pohon bunga sakura yang tampak anggun itu. Kiyomizu-dera Temple ini juga memiliki 3 aliran air, yang dipercaya membawa keberkahan bagi mereka yang meminumnya. Tiga aliran air itu mewakili kesuksesan, cinta, dan juga panjang umur. Kuil ini sangat layak untuk dijelajahi bukan hanya karena keindahannya, namun juga pesona mistis yang menyelimutinya.

Menikmati keindahan Kyoto dari atas Kyoto Tower

Jika Tokyo memiliki Tokyo Tower, Kyotopun memiliki landmark yang nyaris serupa. Berdiri di antara bangunan kuil-kuil kuno yang tersebar di Kyoto, Kyoto Tower merupakan bangunan modern yang resmi dibuka pada tanggal 28 Desember 1964 yang lalu. Terletak di〒600-8216 Kyoto Prefecture, Kyoto, Shimogyo Ward; Kyoto Tower adalah bangunan menjulang dengan tinggi mencapai 100 meter.

Sama seperti Tokyo Tower, Anda bisa naik ke Kyoto Tower ini dam melihat pemandangan indah yang membentang dari kota Kyoto hingga Osaka dari atas ketinggian. Ada juga teleskop yang tersedia di Kyoto Tower ini, bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan kota secara lebih jelas lagi. Momen tepat untuk menikmati pemandangan di Kyoto Tower adalah saat senja hari, untuk melihat matahari tenggelam dengan sinar keemasannya yang menyinari kota Kyoto ini.

Menikmati heningnya Eikando Zenrinji Temple

Sebagai tempat ibadah, kuil, dan biara di Kyoto memang didesain menyatu dengan alam dan tempat yang sangat tenang sekali. Salah satunya bisa Anda rasakan ketika berkunjung ke Eikando Zenrinji Temple yang terletak di〒606-8445 Kyoto Prefecture, Kyoto, Sakyo Ward, Eikandoch ini. Kuil yang satu ini memang agak berbeda dengan kuil-kuil lain yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan dikelilingi rimbunnya pohon Maple, Eikando Zenrinji Temple ini memang lebih sepi dan tenang dibandingkan kuil-kuil lainnya sehingga Anda bisa dengan nyaman menikmati arsitektur dan pemandangan di tempat ini.

Eikando Zenrinji Temple ini juga dikelilingi kolam ikan koi yang menambah keindahan tersendiri di tempat ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Eikando Zenrinji Temple ini adalah ketika musim gugur, di mana daun-daun pohon Maple berubah warna menjadi cokelat kemesan dan menambah keindahan serta pesona tempat ini.

Bercengkrama dengan monyet-monyet lucu di Iwatayama Monkey Park

Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi seru lain di Kyoto, datang saja ke Iwatayama Monkey Park yang terletak di〒616-0004 Kyoto Prefecture, Kyoto, Nishikyo Ward, Arashiyama Nakaoshitacho. Iwatayama Monkey Park ini adalah sebuah lokasi diatas bukit, di mana monyet liar dibiarkan berkeliaran secara bebas di habitat asli mereka.

Anda akan melihat monyet-monyet lucu dengan bebas bergelantungan dari satu pohon ke pohon lain, berkeliaran di jalanan, bahkan mendekat ke arah wisatawan dan mencuri makanan dari Anda. Anda bisa membeli kacang di toko-toko kecil sekitar Iwatayama Monkey Park, untuk membeli makan pada monyet-monyet lucu ini. Oh ya ingatlah untuk selalu menutup tas Anda, karena monyet-monyet di Iwatayama Monkey Park ini juga kerap kali dan mengambil barang milik wisatawan.

Wisata kuliner ke Nishiki Market

Datang ke Kyoto, jangan lupa icip-icip kuliner di Nishiki Market yang berlokasi di〒604-8054 Kyoto Prefecture, Kyoto, Nakagyo Ward. Di tempat yang bisa disebut sebagai pasar tradisional di Kyoto, Anda bisa menikmati aneka makanaan-makanan lezat, souvenir cantik, hasil kerajinan tangan tradisional, keramik, tekstil dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun tetap satu yang difavoritkan oleh wisatawan adalah menikmati kuliner seperti aneka dumpling, acar, fish cake, teh hijau seduh yang segar, yakitori, dan aneka sajian khas Jepang lainnya.

Menelusuri the Philosopher’s Path, Arashiyama

Sumber: japan-guide.com

Bagi Anda yang traveling ke Kyoto, satu tempat yang tak boleh untuk Anda lewatkan adalah Arashiyama, di mana Anda bisa menelusuri the Philosopher’s Path atau jalan para petapa di tempat ini. Berada di Ukyo Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture, Japan; jalan para petapa di Arashiyama ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah, di mana dulu para orang bijak mendapat ilham untuk mencetuskan ide dan pemikiran agung mereka. Anda bisa berjalan-jalan menelusuri jalan setapak dengan dibingkai pohon sakura dan bambu yang sangat rimbun dan juga sejuk.

Mandi air panas di Gunung Kurama

Berada sekitar 20 km dari pusat Kota Kyoto, Anda bisa mendatangi Gunung Kurama di mana di tempat ini banyak hotel, penginapan serta pemandaian air panas tradisional atau onsen yang bisa dinikmati. Anda bisa menikmati onsen atau pemandian air panas tradisional di Gunung Kurama ini, sambil melihat indahnya pemandangan di gunung yang cantik. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan hiking ke puncak Gunung Kurama dan kemudian turun dengan kereta gantung untuk menghemat energi.

316

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here