Pulau Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia dan merupakan pulau terluas ke-13 di dunia. Dengan jumlah penduduk sekitar hampir 160 juta, pulau ini pulau berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat terpadat di dunia. Dengan keberagaman suku yang ada di Indonesia, tentu saja kita mempunyai citra rasa khas yang unik di setiap pulau yang ada di Indonesia. Khususnya di Pulau Jawa, siapa lagi yang ragu untuk menyicipi kuliner yang ada? Penasaran apa saja? Yuk mari simak makanan khas Pulau Jawa yang sangat terkenal kelezatan rasanya!

  1. Garang Asem 

Sudah pernah dengar nama makanan khas Jawa Tengah satu ini? Makanan yang sangat terkenal di kota Solo dan Pekalongan ini sering kali membuat para wisatawan ketagihan. Makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini mempunyai rasa asam, pedas dan gurih. Dengan berbahan dasar ayam dan dimasak dengan santan membuat citra rasa baru bagi lidah penyantapnya. Untuk menyantap sajian ini biasa disajikan dengan nasi, tusukan ayam asam manis, perkedel dan juga tempe goreng.

2. Nasi Gandul

Kalau main ke Pati, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya, yaitu nasi gandul. Kata Gandul yang berarti menggantung dalam bahasa jawa digunakan karena ciri khas penjual Nasi Gandul menggunakan pikulan. Nasi yang digunakan di menu ini adalah nasi uduk yang diberi daun pandan dan dibungkus dengan daun pisang. Karena daun pandan yang ada didalamnya membuat aroma yang sedap dan tentu saja menggugah selera makan kita. Dan saat disajikan biasanya pembeli akan diminta untuk memilih jenis daging favoritnya, mulai dari jeroan, daging sapi hingga lidah sebagai menu pelengkapnya.

3. Rujak Cingur

Beralih ke makanan khas Jawa Timur yaitu Rujak Cingur, terutama di Surabaya. Tetapi anda bisa menemukannya di hampir semua Pulau Jawa. Disebut  Cingur karena bahan utamanya adalah mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Selain moncong sapi ada juga irisan irisan buah layaknya rujak. Ada juga lontong, tempe, tahu, taoge jika anda menginginkan menu matengan. Sebagai pelengkapnya semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbunya.

4. Pecel Lele

Rasanya pecel lele sudah sering terdengar di berbagai kota. Tapi tak banyak yang tahu kalau pecel lele adalah makanan khas Lamongan. Yang pasti bahan utamanya adalah ikan lele dan yang pasti spesialnya dengan sambal pecak. Biasanya ikan lele digoreng dengan kering. Jangan sedih, pecel lele ini sering kali kita temui dipinggir jalan. Bukan hanya ikan lele, biasanya warung pecel lele juga menyediakan lauk lainnya, seperti ayam goreng, kangkung ataupun juga seafood. Harganya yang murah meriah juga pasti menjadi salah satu alasan untuk dijadikan makanan favorit.

5. Lontong Balap

Kalian sudah pernah coba lontong balap? Sebelumnya apakah kalian penasaran kenapa diberi nama lotong balap? Karena pada dulu di jawa timur ada penjual-penjual lontong yang biasanya membawa dagangannya keliling kota Surabaya dan biasanya pedagang ini jalannya lebih kencang diantara pedagang lainnya, makanya diberi sebutan lotong balap, sampai saat ini lontong balap adalah salah satu makanan legendaris di Surabaya. Biasanya lontong balap ini disajikan juga dengan sate kerang. Lontong balap adalah sajian lontong berkuah dengan isian taoge, tahu, dan lento. Nah, bagi yang suka rasa pedas juga dapat menambahkan sambal petis yang merupakan ciri khas lontong balap.

6. Nasi Lengko

Makanan khas Jawa Barat ini merupakan olahan yang dipadukan antara nasi dengan tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Dengan tambahan saus kacang yang sangat nikmat dan memanjakan lidah para wisatawan. Nasi lengko sangat terkenal di Cirebon, Tegal, Indramayu dan Brebes. Dan menariknya, nasi lengko ini adalah makanan yang cocok untuk kalian yang sedang menjalani diet, karena banyak protein dan juga serat ditambah lagi bahan bahannya yang digunakan adalah non-hewani.

7. Nasi Jamblang Daun Jati

Nasi Jamblang menjadi salah satu identitas kuliner Cirebon. Nasi jamblang pada awalnya hanya menambahkan lauk-pauk sederhana seperti tahu, tempe, dan sambal. Seiring berjalannya waktu, namun di inovasi dan sekarang ada banyak lauk sekitar 40 lauk yang bisa dipilih. Ukuran nasi jamblang terbilang kecil dibandingkan dengan nasi bungkus lainnya di nusantara. Namun karena lauknya yang beragam, membuat nasi jamblang menjadi beda dan patut untuk dicicipi. Lauk seperti telur, urap, sate, tempe bacem, tersusun dalam meja panjang bergaya prasmanan khas rumah makan nasi jamblang di Cirebon.

8. Dorokdok

Bukan hanya dodol, tapi di Garut juga terkenal makanan bernama Dorokdok. Bahan mentah Dorokdok sendiri dari sisitan daging yang menempel dari kulit sapi yang baru datang dari penjagalan sebelum digarami. Penamaan Dorokdok sendiri diberikan karena suara yang muncul ketika kita memakan Dorokdok, yaitu akan menghasilkan suara “Dorok Dok Dorok Dok” suara tersebut muncul karena garingnya krupuk dengan bentuknya kecil-kecil seperti kerikil karang laut, ada yang sebesar kuku telunjuk paling besar kuku jempol. Walaupun harganya terbilang cukup mahal namun Dorokdok tetap menjadi oleh – oleh khas dari Garut karena rasanya yang sangat nikmat.

9. Asinan Bogor

Bagi kalian yang suka berkunjung ke Kota hujan, pasti sudah tau makanan khas satu ini. Apalagi kalau bukan asinan khas Bogor? Asinan ini sudah menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke sini. Asinan Bogor sendiri ada 2 macam, yaitu asinan buah dan asinan sayur atau juga bisa dicampur. Rasa yang akan anda rasakan adalah rasa asin, asam, pedas, dan manis dari buah-buahan atau sayur-sayuran. Untuk sayuran sering digunakan dengan taoge dan kol yang dipotong kecil – kecil. Sedangkan untuk buahnya menggunakan buah segar seperti bengkuang, jambu, salak, dan nanas. Kuah yang dibuat adalah kuah berbahan cabai merah, dan dari inilah warna dari asinan bogor memerah dan pastinya akan menimbulkan rasa pedas yang sangat kuat.

10. Dawet Ireng

Dawet ireng ini beda dengan dawet yang lainnya yang memang biasanya dawet bewarna hijau. Tenang saja, hitamnya dawet ireng bukan berasal dari pewarna kimia kok! Melainkan  diperoleh dari abu bakar jerami yang dicampur dengan air sehingga menghasilkan air berwarna hitam. Air ini kemudian digunakan sebagai pewarna alami dawet. Dan kuahnya sendiri menggunakan santan yang dicampur dengan air gula, santannya biasanya diperas langsung dari kelapanya loh! Dan yang pasti disajikan dengan es agar lebih segar unuk dinikamti!

11. Gethuk

Gethuk adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar utama singkong dan ditaburi parutan kelapa. Gethuk dulunya warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah ada bermacam-macam warna agar lebih menarik. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian kukus atau perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi gula dan pewarna makanan. Selain itu ada juga gethuk yang digoreng dan  rasanya nggak kalah sama gethuk biasa.

 

779

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here