Sumber: YouTube

Liburan ke luar negeri biasanya akan menghadapkan kamu pada sebuah perbedaan budaya yang disebut dengan guncangan budaya atau culture shock. Cara warga setempat untuk memesan makanan, mengantri bus, menyetir, cara berjalan, dan sebagainya mungkin akan berbeda dengan cara warga Indonesia melakukannya.

Oleh karena itu, sebelum berkunjung ke luar negeri kamu perlu memahami kebiasaan warga setempat. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa kaget atau pun salah bersikap yang mengakibatkan warga setempat memandangmu dengan tatapan aneh.

Kali ini kami akan membahas mengenai perilaku atau kebiasan orang London yang perlu kamu pahami. Yuk, simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Orang London terbiasa jalan kaki dengan cepat

Warga setempat biasanya berjalan kaki dengan cepat. Oleh karena itu, jika kamu ingin berjalan dengan santai sambil menikmati pemandangan, sebaiknya kamu berjalan di pinggir supaya tidak menghalangi warga setempat yang terburu-buru.

Orang London ini terbiasa jalan kaki dengan cepat karena London adalah salah satu kota di benua Eropa yang memiliki udara sejuk hingga dingin, rata-rata suhu udaranya adalah 11 – 15 derajat Celcius. Udara yang cukup dingin ini membuat mereka tidak betah berlama-lama di luar ruangan. Sebisa mungkin mereka berjalan dengan cepat atau bahkan setengah berlari untuk segera sampai ke tempat tujuannya yang lebih hangat.

Membukakan pintu untuk orang lain

Sumber: Huffington Post

Perilaku berikutnya yang menjadi kebiasan orang London adalah mereka terbiasa untuk membukakan pintu bagi orang lain. Hal ini tidak terbatas pada pria yang bersikap gentleman kepada wanita pujaannya, tapi juga bagi semua orang tidak terbatas usia dan gender.

Hampir semua orang yang kamu temui di London pasti akan melakukan hal tersebut kepadamu, meski pun kamu adalah seorang wisatawan. Sebagai gantinya, mungkin di lain waktu kamu bisa membukakan pintu untuk orang yang akan keluar atau masuk dari tempat tersebut juga.

Kebiasaan yang sopan satu ini tidak diketahui dengan jelas dari mana asal-usulnya, namun sangat menarik karena akan membuat perasaanmu jadi lebih nyaman dan dihargai.

Tidak ada hiburan pada malam hari

Di kota-kota besar berbagai negara, kita akan dengan mudah menemukan tempat hiburan seperti restoran atau bar yang buka hingga larut malam atau bahkan 24 jam. Semakin malam, bisa dibilang akan semakin ramai.

Namun lain halnya dengan London yang tidak memiliki hiburan pada malam hari. Hal ini disebabkan karena udara di London yang dingin, sehingga orang lebih senang mencari hiburan sendiri di rumah pada malam hari. Hiburan pada malam hari biasanya hanya bisa kamu temui di saat puncak musim panas saja.

Baca Juga: Tips-tips Bermanfaat Untuk Anda yang Ingin Traveling ke London

Makan di tempat lebih mahal daripada take away

Di Indonesia, harga menu makanan untuk makan di tempat atau dibawa pulang biasanya sama saja. Kalau pun ada perbedaan, biasanya makanan untuk dibawa pulang akan dikenai biaya tambahan untuk kertas pembungkus dan sebagainya.

Namun di London justru sebaliknya. Makan di tempat akan dikenai harga yang lebih mahal daripada kamu membawanya pulang. Hal ini disebabkan oleh lahan di London yang tidak begitu luas, sedangkan jumlah pengunjung rumah makan cukup banyak. Akhirnya jumlah pengunjung pun harus dibatasi, salah satunya ya dengan menaikkan harga makanan.

Orang London terkesan angkuh

Orang Indonesia terkenal akan keramahannya terhadap orang di sekelilingnya, sekali pun mereka adalah orang asing atau wisatawan. Inilah salah satu nilai plus warga Indonesia di mata dunia. Lain halnya dengan orang London yang memiliki kesan angkuh.

Biasanya orang London memiliki muka datar atau muka yang dingin seakan angkuh sehingga kita merasa kurang nyaman. Salah satu penyebabnya adalah mereka selalu terburu-buru dan tidak ingin berlama-lama di jalanan, mereka akan fokus untuk secepat mungkin untuk sampai ke tempat tujuan.

Namun, jangan khawatir jika kamu tersesat saat mengelilingi kota London karena warga setempat akan membantumu dengan ramah. Pastikan saja kamu tidak menghentikan warga setempat yang terlihat sedang mengejar waktu.

Dilarang merokok di dalam bar

Jika kamu berkunjung ke bar yang ada di London, ingatlah kalau kamu tidak boleh merokok di dalamnya. Bagi pengunjung yang ingin merokok, mereka harus keluar area bar terlebih dahulu. Peraturan lokal ini pun dianggap aneh oleh sebagian warga setempat.

Menyeberang dengan hati-hati

Sumber: Pinterest

Jalanan di London terbilang cukup lenggang dibandingkan dengan kota-kota lainnya di dunia. Hal inilah yang membuat sejumlah pengemudi tergoda untuk memacu kecepatan tinggi saat sedang berkendara. Meski jalanan sedang kosong, sejumlah warga setempat akan sangat berhati-hati ketika akan menyeberang agar tidak menjadi korban kecelakaan.

Demikian 7 perilaku orang London yang perlu kamu pahami sebelum berkunjung ke sana. Selamat berlibur dan terlepas dari culture shock!

619

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here