Sumber: Selected Onsen Ryokan

Bagaikan di Indonesia, Jepang juga memiliki banyak kolam pemandian air panas yang sering disebut sebagai onsen. Hal ini disebabkan Jepang memiliki pegunungan vulkanis, sehingga mereka kaya akan sumber air panas. Sumber air panas ini sudah ada dari zaman dulu dan digunakan untuk berendam warga setempat.

Sumber air panas ini dipercaya bisa mengurangi rasa lelah pada tubuh serta menyembuhkan beragam penyakit seperti arthaalgia, arthritis, penyakit kulit, hingga diabetes. Namun perlu kamu ketahui bahwa tidak semua sumber air panas di Jepang bisa disebut sebagai onsen. Sumber air panas yang layak disebut sebagai onsen adalah yang mengandung 19 unsur mineral tertentu. Mineral-mineral alami inilah yang kemudian bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Tidak seperti di Indonesia di mana pengunjung bebas “nyemplung” di kolam air panas menggunakan pakaian, saat berkunjung ke onsen kamu perlu memahami beberapa etika yang berlaku. Nah agar tidak melanggar etika yang berlaku dan dipandang tidak sopan oleh warga setempat, tidak ada salahnya loh kamu memahami etika berikut untuk kenyamanan bersama!

Melepas semua pakaian di ruang ganti

Sumber: An Epic Education

Setelah mendaftar di meja registrasi, para pengunjung wajib melepaskan semua pakaian di ruang ganti yang sudah disediakan. Ruang ganti ini dipisah untuk laki-laki dan perempuan. Bagi yang tidak bisa berbahasa Jepang, tenang saja karena biasanya tirai ruang ganti ini dibedakan berdasarkan warna juga. Tirai warna biru untuk laki-laki, sedangkan tirai warna merah untuk perempuan.

Perlu kamu ketahui juga, kalau pakaian dalam pun harus ditinggalkan di ruang ganti. Begitu juga dengan segala macam aksesoris yang sedang digunakan. Barang-barang ini bisa simpan di dalam loker pribadi sehingga aman.

Di ruang ganti ini tersedia handuk berukuran sedang untuk membalut tubuh saat berjalan menuju kolam.

Selalu bersihkan tubuh sebelum masuk ke dalam kolam

Jika saat berkunjung ke kolam air panas di Indonesia kamu langsung masuk ke dalam kolam begitu tiba di sana, maka saat mengunjungi onsen kamu perlu membersihkan tubuh terlebih dahulu.

Alasannya sederhana karena tubuh kamu akan kotor setelah seharian beraktivitas. Bisa saja tubuhmu berkeringat, ada debu yang menempel, dan sebagainya. Sedangkan kolam air panas alami ini tidak bisa sering-sering diganti airnya.

Lagipula kolam ini digunakan untuk umum. Memangnya kamu mau jika harus berendam di dalam kolam yang airnya sudah tercemar oleh kotoran pengunjung lain? Tentu tidak! Oleh karena itu taati etika yang satu ini demi kenyamanan dan kebersihan bersama ya. Jangan sampai sepulang dari onsen malah kamu terkena penyakit.

Tidak tergesa-gesa saat menuju kolam

Bagi kamu yang pertama kali mengunjungi onsen, mungkin akan bersemangat dan ingin segera berendam di kolamnya. Namun seberapa besar pun rasa semangatmu, ingatlah untuk selalu berjalan perlahan menuju kolam. Hal ini untuk mencegah kamu terpeleset saat berjalan di pinggir kolam. Lagipula, onsen ini merupakan salah satu tempat untuk rileksasi. Masa kamu mau membuyarkan suasana?

Berhati-hatilah ketika masuk ke dalam kolam

Sumber: Booking.com

Ingatlah kalau kolam ini berisi air panas. Biasanya suhu air panas ini berkisar pada suhu di atas 25 derajat Celcius. Panas ya, bukan sekedar hangat. Daripada kamu kaget saat langsung memasuki kolam, sebaiknya kamu coba menyentuh air panas tersebut menggunakan tangan terlebih dahulu. Jika sudah mengetahui seberapa panas air tersebut, kamu bisa merendamkan kaki. Jika tubuh sudah mulai terbiasa, barulah kamu masuk ke dalam kolam dan merendam seluruh tubuh. Setelah itu, nikmatilah air panas tersebut dan pemandangan alam jika onsen berada di ruang terbuka.

Jangan pernah menambahkan air dingin

Beberapa onsen ada yang menyediakan air dingin di pinggir kolam, namun sebaiknya kamu jangan pernah menambahkan air dingin ke dalam kolam air panas. Apa gunanya kamu pergi ke kolam air panas, tapi berakhir dengan bantuan air dingin juga? Mineral alami yang ada di dalam sumber air panas ini bisa saja berkurang manfaatnya ketika kamu tambahkan air dingin. Jika tidak kuat berlama-lama di dalam kolam, kamu bisa keluar sebentar untuk mengembalikan suhu tubuh lagi.

Mengikat rambut yang panjang

Bagi para perempuan yang memiliki rambut panjang, pastikan untuk mengikat rambut ya. Menggerai rambut panjang saat berendam di onsen akan dianggap tidak sopan oleh masyarakat Jepang. Rambut panjangmu bisa saja memiliki banyak kotoran dan mencemari air. Bisa juga mengganggu pengunjung lain yang berada di sebelahmu.

Jika rambutmu pendek dan tidak mungkin diikat, sebaiknya bersihkan rambut terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kolam ya!

Baca Juga: Liburan ke Jepang Irit Dana, Begini Triknya

Menjaga volume suara

Mengobrol memang seru, apalagi ketika kamu pergi bersama teman. Boleh saja mengobrol, tapi pastikan volume suara kalian tidak mengganggu pengunjung lain yang ingin relaksasi ya.

Sudah tahu tentang etika saat mengunjungi onsen? Selamat menerapkan dan menikmati air panas!

967

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here