Sumber: futuristspeaker.com

Bicara tentang liburan di atas kapal pesiar, kamu pasti langsung beranggapan mahal dan hanya bisa dilakukan oleh orang kelas atas. Padahal anggapan tersebut tidak 100% benar. Saat ini ada banyak liburan di atas kapal pesiar yang harganya cukup terjangkau.

Pada dasarnya kapal pesiar memiliki sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati oleh penumpangnya. Mulai dari penginapan, restoran, hiburan kesenian, kolam renang, ruang spa, ruang rekreasi anak, area olahraga, bahkan kasino. Dengan banyaknya fasilitas yang ada di dalam kapal pesiar, kamu bisa membayangkan seberapa besar kapal pesiar tersebut.

Untuk kamu yang tertarik untuk berlibur di atas kapal pesiar untuk pertama kalinya, coba pahami beberapa tips berikut agar selamat, aman, dan nyaman saat berlibur.

Pahami denah kapal pesiar

Sumber: thinglink.com

Kapal pesiar memiliki ukuran yang sangat besar dan terbagi-bagi menjadi beberapa area. Setelah membeli tiket kapal pesiar, kamu bisa meminta denah kepada pihak penyedia atau mencari tahu lewat situs resmi kapal pesiar tersebut. Area yang perlu kamu cari terlebih dahulu adalah lokasi kamar, tempat duduk, dan pintu keluar darurat beserta lokasi sekoci atau jaket pelampung. Dengan memahami denah, kamu tidak perlu tersasar di dalam kapal dan menghabiskan waktu liburan hanya untuk mencari jalan kembali.

Cari lokasi penyimpanan jaket pelampung

Kamu tidak akan pernah tahu kapan akan mengalami musibah di atas kapal pesiar. Saat di pesawat terbang, jaket pelampung terletak di bawah kursi penumpang sehingga kamu tidak perlu repot mencari lokasinya. Sedangkan kapal pesiar yang begitu besar dengan penumpang yang berlalu lalang, akan sulit menemukan jaket pelampung saat musibah terjadi. Sebaiknya cari tahu lokasi penyimpanan jaket pelampung saat hendak naik kapal pesiar. Jangan lupa pelajari cara menggunakan jaket pelampung tersebut serta tata cara menyelamatkan diri atau berenang di laut.

Jika bepergian bersama anggota keluarga dalam jumlah banyak, jangan hanya mengandalkan 1 orang untuk menghafal lokasi penyimpanan jaket pelampung. Pastikan semua anggota keluarga mengetahuinya. Mana tahu musibahnya terjadi saat kalian sedang tidak bersama, kan? Jika kesulitan menghafal, kamu bisa membawa kertas catatan dan meletakkannya di kantong celana atau tas.

Hindari minum minuman beralkohol berlebihan sebelum dan saat naik kapal pesiar

Minum minuman beralkohol sah-sah saja selama kamu tidak berlebihan meminumnya yang berujung pada mabuk. Mabuk di kapal pesiar bisa mencelakakan diri sendiri. Bukan tidak mungkin kamu tidak sadar berada di dek kapal lalu terhuyung jatuh karena tidak fokus. Apalagi ketika terjadi keadaan darurat, bisa-bisa kamu terjebak dan tidak bisa menyelamatkan diri.

Penggunaan uang

Untuk kamu yang suka menggunakan uang tunai untuk bertransaksi, sebaiknya pisahkan uang tersebut pada 2 tempat. Misalnya satu bagian dibawa di dalam tas, sedangkan sisanya letakkan di brankas penginapan. Jika terjadi pencurian, setidaknya kamu masih ada uang tunai simpanan di tempat lainnya. Jangan lupa untuk tetap membawa kartu kredit atau kartu debit untuk berjaga-jaga saat kehabisan uang tunai.

Tidak tampil mencolok

Berlibur di kapal pesiar bukan berarti bebas dari incaran orang jahat. Untuk itu hindari menggunakan perhiasan secara berlebihan dan mencolok. Kamu juga dianjurkan untuk tidak meletakkan perhiasan mahal di dalam kamar penginapan.

Awasi kegiatan anak

Jika kamu berlibur di kapal pesiar bersama anak-anak, selalu awasi kegiatan mereka. Sebisa mungkin jangan membiarkan mereka berkeliling sendiri. Bermain di dek kapal akan membahayakan keselamatan anak-anak. Selain itu, mereka juga perlu diberikan penjelasan mengenai panduan keselamatan sebelum berkeliling di kapal pesiar. Awasi juga anak-anak agar tidak memasuki area terlarang seperti ruang mesin atau ruang kru kapal.

Tidak menerima ajakan sembarang orang

Ketahuilah apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dalam kapal pesiar. Misalnya jika ada yang mengajak kamu berkeliling ke ruang kru kapal pesiar, sebaiknya menghindar dari orang tersebut karena ruang kru kapal pesiar tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang.

Barang-barang penting

Sumber: purseblog.com

Karena kapal pesiar sangat besar, kamu pasti ingin berkeliling sepuasnya. Karena itu kamu tidak bisa mengawasi barang yang diletakkan di dalam kamar penginapan. Bawalah semua barang penting seperti uang, ponsel, kartu identitas, obat-obatan, kacamata, dan sebagainya dalam satu tas berukuran kecil atau sedang ke mana pun kamu pergi.

Gunakan asuransi travel

Ketika kamu sakit di atas kapal pesiar, tidak perlu khawatir karena ada dokter jaga di sana. Dengan memiliki asuransi travel, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi saat berobat di sana, cukup menggunakan asuransi travel yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang akan pertama kali berlibur di atas kapal pesiar. Jangan lupa untuk bangun pagi dan menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dari atas kapal, ya!

 

569

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here