Sumber: Money

Batam adalah sebuah destinasi wisata yang terkenal dengan pantai dan lokasinya yang dekat dengan Singapura. Selain terkenal dengan tempat wisatanya, ternyata Batam juga memiliki aneka kuliner khas yang belum banyak diketahui wisatawan.

Kuliner khas Batam ini rasanya nikmat dan harganya cukup terjangkau, sehingga sangat cocok untuk menjalankan wisata kuliner. Penasaran dengan kuliner khas apa saja yang dimiliki oleh Batam? Langsung saja simak daftarnya berikut ini!

Nasi lemak

Nasi lemak atau nasi uduk sebenarnya bisa kamu temukan dengan mudah di seluruh Indonesia, bahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Hanya saja, nasi lemak Batam memiliki ciri khasnya tersendiri.

Nasi lemak ini dimasak menggunakan campuran santan, jahe, daun pandan, dan serai. Nasi lemak ini dihidangkan dengan aneka lauk seperti irisan telur dadar atau telur goreng utuh, bihun goreng, sambal ikan teri kacang, sambal merah, dan taburan bawang goreng.

Biasanya kuliner ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasar tradisional atau kedai kopi. Sangat cocok untuk menu sarapan.

Lakse

Sumber: Tribun Travel

Lakse atau yang biasa kita kenal sebagai laksa, merupakan sebuah makanan mie yang dibuat dari sagu. Mienya terasa gurih dan kenyal. Jika selama ini kita mengenal laksa dengan kuah kari kuning, maka lakse milik Batam ini bisa kamu nikmati dengan cara digoreng atau dicampur kuah. Penasaran dengan rasa lakse Bata mini? Langsung saja cicipi sendiri dengan membelinya di kawasan Tanjung Uma dan sejumlah pasar tradisional.

Sup Ikan Batam

Nama Sup Ikan Batam rasanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kuliner yang satu ini sudah memiliki banyak cabang di sejumlah kota besar termasuk Jakarta. Mungkin kamu sudah pernah mencicipinya, namun akan lebih seru jika kamu sudah pernah mencicipi kuliner ini langsung dari tempat asalnya.

Rasanya dijamin lebih nikmat karena menggunakan bahan utama ikan segar. Sup ikan ini memiliki kuah bening yang dicampur dengan sayur asin dan irisan tomat hijau. Hasilnya, rasa sup ikan ini semakin segar dan gurih. Bagi para pecinta pedas, kamu bisa menambahkan beberapa potong cabe rawit hijau.

Mie Lendir

Saat mendengar namanya mungkin kamu akan merasa jijik. Tapi tenang saja, lendir yang dimaksud di sini adalah kuah kental berwarna cokelat. Mie lendir ini terdiri dari mie kuning, toge rebus, telur rebus, cabe rawit hijau, bawang goreng, dan seledri. Kemudian bahan-bahan makanan tersebut disiram dengan kuah kental berwarna cokelat yang terbuat dari kacang. Rasanya gurih dan manis.

Gong gong

Pulau Bata mini dikelilingi oleh pantai dan lautan, tidak heran kalau hasil lautnya begitu melimpah dan beraneka ragam. Selain ikan, udang, cumi-cumi, dan kerang, kamu perlu mencicipi hidangan laut dari gong gong.

Gong gong ini adalah sejenis siput laut yang biasanya ditemukan di perairan sekitar Kepulauan Riau. Menurut yang sudah pernah mencicipinya, gong gong ini memiliki daging yang nikmat. Cara memakan gong gong pun cukup unik. Yang perlu kamu lakukan adalah mengorek daging gong gong keluar dari cangkangnya menggunakan tusuk gigi.

Jika sudah berhasil mengeluarkan daging dari cangkang, kamu bisa menggunakan tusuk gigi tersebut untuk mencocolkan daging gong gong ke dalam sambal. Dibandingkan dengan daging kerang atau hidangan laut lainnya, daging gong gong ini sangat lembut dan empuk.

Cara memasak gong gong ini pun sangat sederhana. Hanya perlu direbus hingga matang, kemudian menyantapnya dengan sambal. Tidak perlu bumbu yang berlebihan karena daging gong gong itu sendiri sudah terasa nikmat.

Mie Tarempa

Mie Tarempa adalah kuliner mie yang berasal dari Kota Tarempa di Kabupaten Anambas, Kepulauan Natuna. Untuk menikmatinya, kamu tidak perlu mengunjungi Kota Tarempa karena kuliner ini sudah tersebar di seluruh area Batam, bahkan Kepulauan Riau.

Sekilas hidangan mie ini terlihat biasa saja dengan kuah cokelat kentalnya. Namun, di dalam hidangan ini ada beberapa potong daging ikan tongkol kering yang berjumlah banyak. Rasanya cukup pedas dan gurih. Tidak tanggung-tanggung, mie Tarempa ini tersedia dalam 3 jenis olahan yaitu mie Tarempa kering, mie Tarempa basah, dan mie Tarempa lembab. Kamu bisa memilih olahan yang sesuai dengan selera masing-masing.

Bingka bakar

Sumber: Millertide

Kuliner yang satu ini merupakan camilan tradisional Batam. Asalnya dari Kerajaan Melayu, namun kini bingka bakar bisa ditemukan dengan mudah di Batam dan selalu menjadi incaran para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Bingka bakar ini terdiri atas aneka rasa seperti cokelat, stroberi, pandan, wijen, dan keju.

Baca Juga: Musim Dingin di Australia, Kegiatan Apa yang Menarik?

Itulah 7 kuliner khas Batam yang perlu kamu cicipi selagi berkunjung ke sana. Liburan ke Batam tidak melulu harus ke pantai, bukan? Selamat berkuliner di Batam!

275

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here